Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Senin

Menyingkap Kecerdasan MATEMATIS Anak Dengan Mulitiple Intellegences (MI)


Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Kecerdasan MATEMATIS adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengolah angka dan menggunakan logika atau akal sehat dengan baik.

-------------------------------------------

Indikator
Kecerdasan Matematis:
  • Mampu berpikir induktif dan deduktif
  • Mudah memecahkan masalah
  • Selalu memikirkan sebab-akibat
  • Bisa berspekulasi
  • Senang bertanya

Ciri-ciri:
  • Suka menganalisis
  • Cenderung memakai logika
  • Senang bermain tebak-tebakan
  • Menyukai hitungan
  • Kritis

Contoh Karir:
  • Akuntan
  • Programmer
  • Dokter
  • Ilmuwan
  • Bankir

Stimulasi yang cocok:
  • Perbanyak permainan logika, seperti puzzle, lego, robotik, dll
  • Perbanyak bacaan seperti teka-teki, sudoku, mind quest, dll
  • Libatkan dalam kegiatan berhitung


Semoga bermanfaat ... wassalam
dari berbagai sumber
baca selengkapnya- Menyingkap Kecerdasan MATEMATIS Anak Dengan Mulitiple Intellegences (MI)

Minggu

Islamic Speech for Kids Everyday (Ucapan Islami Sehari hari Untuk Anak)

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Berikut beberapa ucapan Islami sehari-hari untuk anak-anak kita:

Apa yang kita ucapkan ketika memulai sesuatu pekerjaan?
artinya : Dengan nama ALLAH

Apa yang kita ucapkan saat menerima/mendapat kebaikan?
artinya : Segala puji bagi ALLAH

Apa yang kita ucapkan saat berjumpa dengan seseorang?
artinya : Semoga kesejahteraan atas engkau

Apa yang kita ucapkan untuk membalas salam?
artinya : Dan semoga atas engkau pula kesejahteraan

Apa yang kita ucapkan saat melihat yang indah/mengagumkan?
artinya : Maha Suci Allah

Apa yang kita ucapkan saat ingin merencanakan sesuatu?
artinya : Jika Allah menghendaki

Apa yang kita ucapkan saat berbuat salah?
artinya : aku minta ampun kepada Allah SWT


Semoga bermanfaat, wassalam
sumber : media-islam.or.id
baca selengkapnya- Islamic Speech for Kids Everyday (Ucapan Islami Sehari hari Untuk Anak)

Do'a Saat Memberi dan Menerima Zakat Firah

Assalamualaikum wr wb,

Niat zakat mal atau fitrah cukup di dalam hati dengan mengatakan "Aku memberikan harta ini sebagai zakat mal atau fitrah, karena Allah".

Sangat baik ketika memberikan zakat membaca do'a :



Kemudian yang menerima dianjurkan membaca do'a :





Semoga membantu,

Wassalamu'alaikum wr. wb.
sumber : pesantrenvirtual.com
baca selengkapnya- Do'a Saat Memberi dan Menerima Zakat Firah

Sabtu

Cerita Rakyat "Lutung Kasarung"

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Cerita pekan ini tentang "Lutung Kasarung", segera minta ayah, ibu atau kakak, tante untuk mendongeng yaa..

Begini ceritanya ...

Prabu Tapa Agung menunjuk Purbasari, putri bungsunya sebagai pengganti. "Aku sudah terlalu tua, saatnya aku turun tahta," kata Prabu Tapa. Purbasari memiliki kakak yang bernama Purbararang. Ia tidak setuju adiknya diangkat menggantikan Ayah mereka. "Aku putri Sulung, seharusnya ayahanda memilih aku sebagai penggantinya," gerutu Purbararang padatunanga nnya yang bernama Indrajaya. Kegeramannya yang sudah memuncak membuatnya mempunyai niat mencelakakan adiknya. Ia menemui seorang nenek sihir untuk memanterai Purbasari. Nenek sihir itu memanterai Purbasari sehingga saat itu juga tiba-tiba kulit Purbasari menjadi bertotol-totol hitam. Purbararang jadi punya alasan untuk mengusir adiknya tersebut. "Orang yang dikutuk seperti dia tidak pantas menjadi seorang Ratu !" ujar Purbararang.

Kemudian ia menyuruh seorang Patih untuk mengasingkan Purbasari ke hutan. Sesampai di hutan patih tersebut masih berbaik hati dengan membuatkan sebuah pondok untuk Purbasari. Ia pun menasehati Purbasari, "Tabahlah Tuan Putri. Cobaan ini pasti akan berakhir, Yang Maha Kuasa pasti akan selalu bersama Putri". "Terima kasih paman", ujar Purbasari.

Selama di hutan ia mempunyai banyak teman yaitu hewan-hewan yang selalu baik kepadanya. Diantara hewan tersebut ada seekor kera berbulu hitam yang misterius. Tetapi kera tersebut yang paling perhatian kepada Purbasari. Lutung kasarung selalu menggembirakan Purbasari dengan mengambilkan bunga-bunga yang indah serta buah-buahan bersama teman-temannya.
Pada saat malam bulan purnama, Lutung Kasarung bersikap aneh. Ia berjalan ke tempat yang sepi lalu bersemedi. Ia sedang memohon sesuatu kepada Dewata. Ini membuktikan bahwa Lutung Kasarung bukan makhluk biasa. Tidak lama kemudian, tanah di dekat Lutung merekah dan terciptalah sebuah telaga kecil, airnya jernih sekali. Airnya mengandung obat yang sangat harum.

Keesokan harinya Lutung Kasarung menemui Purbasari dan memintanya untuk mandi di telaga tersebut. "Apa manfaatnya bagiku ?", pikir Purbasari. Tapi ia mau menurutinya. Tak lama setelah ia menceburkan dirinya. Sesuatu terjadi pada kulitnya. Kulitnya menjadi bersih seperti semula dan ia menjadi cantik kembali. Purbasari sangat terkejut dan gembira ketika ia bercermin di telaga tersebut.
Di istana, Purbararang memutuskan untuk melihat adiknya di hutan. Ia pergi bersama tunangannya dan para pengawal. Ketika sampai di hutan, ia akhirnya bertemu dengan adiknya dan saling berpandangan. Purbararang tak percaya melihat adiknya kembali seperti semula. Purbararang tidak mau kehilangan muka, ia mengajak Purbasari adu panjang rambut. "Siapa yang paling panjang rambutnya dialah yang menang !", kata Purbararang. Awalnya Purbasari tidak mau, tetapi karena terus didesak ia meladeni kakaknya. Ternyata rambut Purbasari lebih panjang.

"Baiklah aku kalah, tapi sekarang ayo kita adu tampan tunangan kita, Ini tunanganku", kata Purbararang sambil mendekat kepada Indrajaya. Purbasari mulai gelisah dan kebingungan. Akhirnya ia melirik serta menarik tangan Lutung Kasarung. Lutung Kasarung melonjak-lonjak seakan-akan menenangkan Purbasari. Purbararang tertawa terbahakbahak, "Jadi monyet itu tunanganmu ?".

Pada saat itu juga Lutung Kasarung segera bersemedi. Tiba-tiba terjadi suatu keajaiban. Lutung Kasarung berubah menjadi seorang Pemuda gagah berwajah sangat tampan, lebih dari Indrajaya. Semua terkejut melihat kejadian itu seraya bersorak gembira. Purbararang akhirnya mengakui kekalahannya dan kesalahannya selama ini. Ia memohon maaf kepada adiknya danmemoho n untuk tidak dihukum. Purbasari yang baik hati memaafkan mereka. Setelah kejadian itu akhirnya mereka semua kembali ke Istana.
Purbasari menjadi seorang ratu, didampingi oleh seorang pemuda idamannya. Pemuda yang ternyata selama ini selalu mendampinginya di hutan dalam wujud seekor lutung.


Selamat berlibur, wassalam
dari kumpulan dongeng anak
baca selengkapnya- Cerita Rakyat "Lutung Kasarung"

Jumat

Game Edukatif dan Kreatif Untuk Melatih Gerak Motor Halus Si Kecil

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Untuk mengisi liburan akhir pekan, coba kita ajak si kecil untuk bermain sekaligus melatih gerak motorik halusnya. Game ini sederhana dan sangat mudah dimainkan. Apalagi game ini juga bisa dibuat sendiri lo. Yuk langsung aja ...



Bahan-bahan yang diperlukan:
  • Ambil selembar kertas dari buku gambar besar atau bisa membuatnya dari karton putih agak tebal, kemudian gunting membentuk persgi panjang.
  • Carilah magnet kecil dari bekas mainan anak yang sudah tidak terpakai atau bekas tempat pensil, dan kalau terpaksa bisa dibeli di toko
  • Sediakan spidol/pinsil warna/crayon
  • Sediakan mainan tempel, itu lo yang biasa kita pasang pada pintu lemari esatau mainan kecil dari bahan besi, atau plat besi kecil.

Cara bermain :

1. Buatlah gambar yang menarik di atas kertas gambar/karton yang mempunyai permukaan warna putih dan halus, seperti gambar buah, binatang atau apapun dengan warna warni agar anak tertarik.

2. Kemudian pada gambar yang telah dibuat, jangan lupa membuat jalur-jalur/garis-garis yang menghubungkan antara satu gambar dengan gambar yang lainya, misal antara seekor binatang dengan makanan yang menjadi makanannya.

3. Lalu letakkan mainan kecil diatas permukaan kertas yang ada gambar dan jalurnya.

4. Peganglah magnet kecil dibawah/dibalik kertas lalu letakkan mainan kecl tersebut tepat diatas magnet. lalu gerak-gerakkan magnet itu ke mainan kecil yang ada di permukaan, sehingga mainan tadi ikut bergerak.

5. Lalu gerakan magnet yang sudah ada mainan itu mengikuti jalur-jalur yang telah di buat pada kertas.

6. Minta anak utuk menirukan apa yang sudah Anda lakukan dan ajarkan pada anak cara memainkannya.

7. Beri penjelasan dan terangkan kenapa hal itu bisa terjadi.

9. Jika anak sudah bosan dengan gambar yang ada, kita bisa membuat gambar yang lainnya, atau bisa juga jika ada gambar yang bagus kita bisa memasangkannya diatas kertas tersebut.


Selamat bermain dan berlibur, wassalam
ilustrasi gambar : istockphoto
baca selengkapnya- Game Edukatif dan Kreatif Untuk Melatih Gerak Motor Halus Si Kecil

5 Pertanyaan yang Sering Diajukan Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif


Dalam berbagai seminar dan diskusi, banyak orang tua sering mengajukan banyak pertanyaan. Dari berbagai pertanyaan-pertanyaan itu, pada prinsipnya bisa terangkum dalam 5 pertanyaan yang sering diajukan para orang tua:

1. Bagaimana caranya mendidik anak agar menjadi anak sholeh?
2. Bagaimana caranya mendidik anak agar menjadi anak cerdas?
3. Bagaimana caranya mendidik anak agar menjadi anak mandiri?
4. Bagaimana caranya mendidik anak agar menjadi anak kreatif?
5. Bagaimana caranya mendidik anak agar menjadi anak sukses?

Dari rangkuman pertanyaan tersebut memang akan memunculkan kembali pertanyaan lain yang bisa saling berkaitan atau bertolak belakang?

Memang, mendidik anak adalah suatu pekerjaan besar, karena anak adalah amanah yang dititipkan Sang Pencipta, Allah SWT kepada umatnya agar selalu dijaga, dirawat dan di didik untuk kehidupannya. Disinilah yang membedakan satu sama lainnya diantara para orang tua. Dan yang membedakan itu adalah pekerjaan itu, ada yang melakukan pekerjaan besar, dan ada yang melakukan pekerjaan kecil.

Yup, kita sebagai orang tua hanyalah manusia biasa yang ingin melalukan yang terbaik bagi anak-anaknya. Dan itu bisa berjalan dengan baik jika semuanya mempunyai niat, cita-cita dan semangat yang positif yang dilandasi suatu tujuan atau visi, baik itu visi peradaban, visi keluarga, visi pribadi, maupun visi-visi lainnya.

Visi-visi inilah yang akan menjembatani dengan aneka realitas yang akan dihadapi seseorang dalam kehidupannya agar berhasil nantinya, InsyaAllah.

Wasaalam
baca selengkapnya- 5 Pertanyaan yang Sering Diajukan Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Kamis

WWW... Apa tuh?

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Bagi yang sudah tahu internet, sudah biasa menuliskan 3 huruf ini di depan suatu alamat yang dituju sebelum berselancar di dunia maya. Namun bisa jadi belum banyak yang tahu apa itu WWW yang ditulisnya, seperti saya juga sebelum tahu info tentang ini ..:)

Sebutan WWW yang kita kenal sebenarnya tidak asal saja. WWW adalah singkatan dari World Wide Web atau biasa disebut Web. Web pertama kali diciptakan pada tahun 1989 oleh Berners Lee, lalu diperkenalkan pertama kalinya tahun 1991.

World Wide Web atau WWW itu bukan internet lo. Tapi, WWW itu merupakan jaringan yang terbesar dan terpopuler di internet. Sedangkan data WWW disebut website atau webpages. Di dalam WWW, terdapat tulisan, gambar, foto, suara dan video.

Dengan adanya World Wide Web (WWW) ini, kita dapat masuk atau surfing ke berbagai website/webpages. Tentunya, dengan menggunakan Hypertext Transfer Protocol atau HTTP. Apalagi tu ... ? HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. Sebagai contoh, ketika Anda mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet browser Anda, maka sebenarnya web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server.

Sedangkan internet tidak hanya berisi World Wide Web (WWW), ada juga jaringan-jaringan lainnya, misal SMTP?PO untuk email, P2P untuk musik dan video dan FTP untuk download. Dan masing-masing jaringan itu punya bahasa-bahasa khusus sendiri, tapi yang jelas bukan seperti bahasa manusia ... hehehe

Semoga sekarang sudah tahu ya .. seperti saya juga :)
Wassalam
baca selengkapnya- WWW... Apa tuh?

Sahabat, Jangan Lupa Membayar Zakat Fitrah Ya ..

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Menjelang lebaran, wah rasanya semua pada sibuk ya. Walau sedang menunaikan ibadah puasa tidak menghalangi aktifitas untuk menyiapkan segala kebutuhan menghadapi lebaran. Ada yang sudah siap-siap untuk rencana mudik, membuat kue-kue, belanja ke mana-mana ... hehehe.

Dalam berbagai kesibukkan, bisa jadi lo ada yang terlupa? Dan itu mungkin saja lupa bayar zakat fitrah? InsyaAllah tidak. Nah untuk menambah info tentang apa itu zakat fitrah, ini ada beberapa yang mungkin bisa bermanfaat untuk sahabat-sahabatku juga saya sendiri.

Sumber berkenaan dengan Zakat Fitrah

Firman Allah Ta'ala :
“Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri (dengan beriman), dan dia ingat nama Tuhannya, lalu dia sembahyang.” (Al-A’la: 14-15).

Hadits :
  • Diriwayatkan dari Ibnu Umar .ia berkata : Rasulullah telah mewajibkan zakat fithrah dari bulan Ramadhan satu sha’ dari kurma, atau satu sha’ dari sya’iir. atas seorang hamba, seorang merdeka, laki-laki, wanita, anak kecil dan orang dewasa dari kaum muslilmin. (H.R : Al-Bukhary dan Muslim)
  • Diriwayatkan dari Umar bin Nafi’ dari ayahnya dari Ibnu Umar ia berkata ; Rasulullah telah mewajibkan zakat fithrah satu sha’ dari kurma atau satu sha’ dari sya’iir atas seorang hamba, merdeka, laki-laki, wanita, anak kecil dan orang dewasa dari kaum muslimin dan beliau memerintahkan agar di tunaikan / dikeluarkan sebelum manusia keluar untuk shalat ‘ied. (H. R : Al-Bukhary, Abu Daud dan Nasa’i)
  • Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. ia berkata : Rasulullah saw telah memfardhukan zakat fithrah untuk membersihkan orang yang shaum dari perbuatan sia-sia dan dari perkataan keji dan untuk memberi makan orang miskin. Barang siapa yang mengeluarkannya sebelum shalat, maka ia berarti zakat yang di terima dan barang siapa yang mengeluarkannya sesudah shalat ‘ied, maka itu berarti shadaqah seperti shadaqah biasa (bukan zakat fithrah). (H.R : Abu Daud, Ibnu Majah dan Daaruquthni)
  • Diriwayatkan dari Hisyam bin urwah dari ayahnya dari Abu Hurairah ra. dari Nabi saw. bersabda : Tangan di atas (memberi dan menolong) lebih baik daripada tangan di bawah (meminta-minta), mulailah orang yang menjadi tanggunganmu (keluarga dll) dan sebaik-baik shadaqah adalah yang di keluarkan dari kelebihan kekayaan (yang di perlukan oleh keluarga) (H.R : Al-Bukhary dan Ahmad)
  • Diriwayatkan dari Ibnu Umar ra. ia berkata : Rasulullah sw. memerintahkan untuk mengeluarkan zakat fithrah untuk anak kecil, orang dewasa, orang merdeka dan hamba sahaya dari orang yang kamu sediakan makanan mereka (tanggunganmu). (H.R : Daaruquthni, hadits hasan)
Apa itu Zakat Fitrah?
  • Zakat Fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap insan baik lelaki maupun perempuan muslim yang sudah mampu dengan syarat-syarat yang ditetapkan.
  • Kata Fitrah yang ada merujuk pada keadaan manusia saat baru diciptakan sehingga dengan mengeluarkan zakat ini manusia dengan izin Allah akan kembali fitrah.
Siapa yang Wajib Membayar Zakat?
  • Dalam ajaran Islam, pada prinsipnya setiap muslim diwajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah untuk dirinya , keluarganya dan orang lain yang menjadi tanggung jawabnya baik orang dewasa, anak kecil, laki-laki maupun wanita.
Berikut adalah syarat yang wajib membayar zakat fitrah:
  • Insan yang mempunyai kelebihan makanan atau hartanya dari kebutuhannya pada malam dan pagi hari raya.
  • Anak yang lahir sebelum matahari jatuh pada akhir bulan Ramadhan dan hidup selepas terbenam matahari.
  • Memeluk Islam sebelum terbenam matahari pada akhir bulan Ramadhan dan tetap dalam Islamnya.
  • Seseorang yang meninggal selepas terbenam matahari akhir Ramadhan.
Berapa yang Harus Dibayarkan?
  • Besar zakat yang dikeluarkan menurut para ulama adalah sesuai penafsiran terhadap hadits adalah sebesar satu sha’ atau kira-kira setara dengan 3,5 liter atau 2.5 kg makanan pokok (tepung, kurma, gandum, aqith) atau yang biasa dikonsumsi di daerah bersangkutan (Mazhab syafi’i dan Maliki)
Kapan Zakat Fitrah Dibayarkan?
  • Zakat Fitrah dibayarkan atau dikeluarkan pada bulan Ramadhan, paling lambat sebelum orang-orang selesai menunaikan Shalat Ied. Jika waktu penyerahan melewati batas ini maka yang diserahkan tersebut tidak termasuk dalam kategori zakat melainkan sedekah biasa.
Siapa yang Berhak Menerima Zakat Fitrah?
Penerima Zakat secara umum ditetapkan dalam 8 golongan/asnaf:
  • fakir
  • miskin
  • amil
  • muallaf
  • hamba sahaya
  • gharimin
  • fisabilillah
  • ibnu sabil
Namun menurut beberapa ulama khusus untuk zakat fitrah mesti didahulukan kepada dua golongan pertama yakni fakir dan miskin. Pendapat ini disandarkan dengan alasan bahwa jumlah/nilai zakat yang sangat kecil sementara salah satu tujuannya dikeluarkannya zakat fitrah adalah agar para fakir dan miskin dapat ikut merayakan hari raya.

Hikmah disyari’atkannya Zakat Fitrah:
  • Zakat fitrah merupakan zakat diri, di mana Allah memberikan umur panjang baginya sehingga ia bertahan dengan nikmat-NYA.
  • Zakat fitrah juga merupakan bentuk pertolongan kepada umat Islam, baik kaya maupun miskin sehingga mereka dapat berkonsentrasi penuh untuk beribadah kepada Allah Ta’ala dan bersukacita dengan segala anugerah nikmat-Nya.
  • Hikmahnya yang paling agung adalah tanda syukur orang yang berpuasa kepada Allah atas nikmat ibadah puasa. (Lihat Al Irsyaad Ila Ma’rifatil Ahkaam, oleh Syaikh Abd. Rahman bin Nashir As Sa’di, hlm. 37.)
  • Di antara hikmahnya adalah sebagaimana yang terkandung dalam hadits Ibnu Abbas radhiAllahu ‘anhuma di atas, yaitu puasa merupakan pembersih bagi yang melakukannya dari kesia-siaan dan perkataan buruk, demikian pula sebagai salah satu sarana pemberian makan kepada fakir miskin.
Selamat menunaikan ibadah puasa dan jangan sampai lupa membayar zakat fitrah ya
Bila ada kekurangan dan kesalahan, mohon dimaafkan dan silahkan untuk mengkoreksi dan menambahkan, wassalam

Disarikan dari berbagai sumber
baca selengkapnya- Sahabat, Jangan Lupa Membayar Zakat Fitrah Ya ..

Bila Si Kecil Jadi Raja

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Wah, di jaman dahulu yang namanya raja pasti seseorang yang bisa memerintah ataupun mengatur sesuai dengan keinginannya. Di postingan kali ini bukan membahas soal kehidupan raja-raja dulu ... hehehe. Tapi coba kita perhatikan, pola tingkah laku si kecil kita? apakah anak-anak kita tiba-tiba berlaku seperti seorang raja?

"Mama jangan masak terus dong, bacakan cerita ini ya!" sambil menyodorkan sebuah buku cerita bergambar. Atau, segera "menyuruh" kita minum obat saat sakit,"Biar mama cepat sembuh ya" dan "menegur" saat seseorang melakukan kesalahan. Misalnya, "Kakak, sepatunya jangan dilepas sembarangan dong," saat melihat kakak menaruh sepatunya di sembarang tempat. Pokoknya, si kecil mulai mengatur, melarang dan menyuruh kita melakukan segala sesuatu.

Walaupun terasa lucu dan membuat kita tersenyum terhadap terhadap "perintah si Raja kecil", kadang tak jarang, kita bisa terbawa emosi juga sehingga kita bersikap keras, saat ia mulai "memerintah" di saat kita tengah capek atau terburu-buru. Bener ga? hehehe...

Wajar Dalam Usia Belajar
  • Menurut banyak ahli tentang anak, pola sikap mengatur biasanya mulai muncul saat berusia 2 tahun. dan itu hal wajar yang terjadi pada setiap anak. Karena di usia tersebut merupakan masa perubahan dari bayi ke anak sehingga banyak yang terjadi pada diri anak. Seperti seiring bertambahnya perbendaharaan kata dan keterampilan anak. Ya, di usia itulah si kecil kita mulai banyak belajar, sehingga kemudian muncul lah salah satunya sifat membantah dan mengatur.

Sikap Orang Tua
  • Lalu bagaimana sikap orang tua dalam mengahadapi semua itu? Janganlah kita menghentikan bahkan bersikap terlalu keras saat si kecil mulai mengatur. "Saat anak mulai berinisiatif lalu kita hentikan, maka anak saat itu juga akan menarik diri. Akhirnya spontanitas itu lama-lama akan hilang," terangnya. Sayang sekali ya ... kalau itu harus terjadi pada si kecil kita.
  • Prinsipnya, selama perilaku itu tak mengganggu itu positif dan dikomunikasikan dengan anak, perilaku "mengatur" tak ada masalah, bahkan anak belajar menjadi pemimpin, karena ia jadi punya keberanian untuk berinisiatif.

Cermat dan Waspada
  • Yang perlu dicermati terhadap perilaku mengatur itu adalah berlebihan. Misal anak melarang bahkan merebut mainan milik temannya tanpa memberi kesempatan temannya main. Menangis setiap tidak dibelikan sesuatu, dll.

Pola-pola ini banyak disebabkan banyak hal, diantaranya:
  • Kurang perhatian
  • Kurang toleransi
  • Kurang komunikasi
  • Meniru
  • Konsekuen

Yup, dengan pengarahan, kesabaran dan toleransi kita sebagai orang tua dalam menghadapi perilaku si "Raja Kecil", InsyaAllah anak akan tumbuh dan berkembang dengan baik dan hebat. Lagi pula,"perintah raja kecil" kita, enggak berlebihan lo! Jika kita mau mengalah untuk perilaku mengatur yang positif... tentu 'raja kecil" kita akan berlaku manis ... ya kan!

Semoga bermanfaat ... wassalam
baca selengkapnya- Bila Si Kecil Jadi Raja

Rabu

Menyingkap Kecerdasan INTRAPERSONAL Anak Dengan Multiple Intelligences (MI)

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Di posting sebelumnya, kita sudah membahas tentang Kecerdasan INTERPERSONAL, sekarang kita bahas tentang kecerdasan INTRAPERSONAL. Apa lagi ya?

Kecerdasan Intrapersonal adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memahami diri sendiri baik itu secara emosi, maupun keinginannya. Kecerdasan ini juga membentuk tanggungjawab atas kehidupannya sendiri.

Indikator Kecerdasan Intrapersonal:
  • Mengenal diri sendiri.
  • Menerima kritikan
  • Punya cita-cita yang jelas

Ciri Ciri:
  • Suka Menyendiri
  • Tak mudah tersinggung
  • Tegas

Contoh Karir:
  • Aktor/aktris
  • Wirausahawan
  • Penemu
  • Guru
  • Konsultan

Stimulasi yang cocok:
  • Perjelas cita-cita atau keinginannya
  • Seringlah meminta pendapatnya
  • Biarkan ia menunjukkan ekspresi dari perasaannya
  • Berikan dia waktu untuk menyendiri
  • Perbanyak buku-buku tentang motivasi diri


Semoga bermanfaat ... wassalam
dari berbagai sumber
baca selengkapnya- Menyingkap Kecerdasan INTRAPERSONAL Anak Dengan Multiple Intelligences (MI)

Selasa

Bakat Hebat Dalam Indonesia Mencari Bakat 2010 Trans TV

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Inilah beberapa Anak Indonesia yang mempunyai bakat yang HEBAT, dalam program Indonesia Mencari Bakat 2010 oleh TRANS TV

Brandon


Fay Nabila


Putri Ayu


JP Millenix


Rumingkang


Dan masih banyak lagi bakat-bakat hebat anak lainnya termasuk anak-anak kita, amin

Semoga semakin sukses ... wasalam
baca selengkapnya- Bakat Hebat Dalam Indonesia Mencari Bakat 2010 Trans TV

Melukis Dinding Yuk ....

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif


Melukis dinding ? ... wah enggak bisaaa ! Eeit, jangan bilang enggak bisa dulu ! Melukis dinding itu mudah lo kalau kita mau belajar dan berlatih. Yuk, langsung praktek aja yaa..

Siapkan alat-alatnya dulu :
  • Kertas (untuk membuat skestsa awal)
  • Pensil/crayon (untuk membuat sketsa awal kertas dan di dinding)
  • Cat dinding (siapin aja 5 warna dasar: putih, merah, biru, kuning dan hitam)
  • Air (untuk campuran cat)
  • Kuas (aneka ukuran ya ..)
  • Lap (untuk membersihkan cat-cat yang tumpah dan biar tidak kotor)
  • Piring/mangkuk plastik, atau tempat yang sudah tidak dipakai lagi. (untuk tempat mencampur aneka warna cat)
  • Koran bekas (untuk alas, agar lantai tetap bersi dari ceceran cat)

Langkah Melukis Dinding:
  • 1. Buat tema. Bisa dengan mencari gambar-gambar yang ada. Misal gambar: kota, kebun, sekolah, taman dll
  • 2. Buat sketsa awal di atas kertas. Pokonya jangan ragu-ragu dan takut salah. Idenya bisa dari buku, majalah, internet, dll. Bila sketsa salah, ganti aja dengan yang lain.
  • 3. Siapkan bidang dinding yang akan dilukis. Sebelunya, bersihkan dulu dinding dengan kemoceng atau lao. Bila ada cat yang terkelupas, bersihkan dengan amplas. Setelah bersih, dinding dicat dasar putih, yang gunanya untuk memudahkan pewarnaan.
  • 4. Buat sketsa gambar pada dinding dari sketsa awal yang telah dibuat. Untuk menggambar sketsa, gunakan crayon atau pensil. Yang penting dalam menggambar/melukis, jangan pernah ragu atau takut salah.
  • 5. Saatnya mewarnai. Mulai dengan mewarnai obyek yang terkecil dahulu, baru kemudian ruang lebih besar. Gunakan semua warna yang disuka!
  • 6. Tunggu sebentar dengan sabar agar catnya kering dahulu. Setelah kering baru kemudian rapikan gambar dengan outline (garis pinggir) dengan warna yang lebih gelap.

Nah selesai deh, ... mudah kan. Makanya jangan bilang enggak bisa dulu ....ya kan!!.
Sekarang tinggal kita lihat ... Wow .. ternyata kamar jadi indaaaah yaaa!!!

Selamat mencoba ... wassalam
ilustrasi gambar : create-a-mural.com
baca selengkapnya- Melukis Dinding Yuk ....

Menyingkap Kecerdasan INTERPERSONAL Anak Dengan Multiple Intelligences (MI)

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif.

Setiap anak mempunyai kecerdasan Majemuk seperti yang dibahas dalam metode MULTIPLE INTELLIGENCES (MI) oleh Howard Gardner. Dalam metode itu disebutkan, seseorang mempunyai kecerdasan INTERPERSONAL, apa itu?

Kecerdasan Interpersonal adalah kecerdasan seseorang dalam menjalin hubungan atau relasi dengan orang lain.

Indikator Kecerdasan Interpersonal:
  • Peka terhadap perasaan
  • Mudah berinteraksi
  • Mudah menjalin persahabatan
  • Mampu memimpin atau mempengaruhi teman
  • Mudah berempati

Ciri Ciri:
  • Mudah menangis, emosi, keras kemauan
  • Mudah bergaul
  • Punya banyak teman
  • Sering menjadi panutan
  • Sering membantu teman temannya

Contoh Karir:
  • Pemimpin Bisnis
  • Motivator
  • Politikus
  • Wartawan
  • Pemasar hebat

Stimulasi yang cocok:
  • Belajar Kelompok
  • Bekerja bersama sama
  • Berbicara dengan orang lain
  • Berbagi/bermain peran
  • Banyak berinteraksi, dll.

Untuk kecerdasan berikutnya .. di posting berikutnya ya ...
Semoga bermanfaat ... wassalam
dari berbagai sumber
baca selengkapnya- Menyingkap Kecerdasan INTERPERSONAL Anak Dengan Multiple Intelligences (MI)

Senin

Menabung Itu SERU!


Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif.

Dari buku sejarah, celengan berasal dari jaman Majapahit abad 14-15 yang membuktikan adanya kebiasaan menabung. Ini menandakan bahwa uang sangat penting sebagai alat jual beli yang harus disimpan, supaya sewaktu-waktu bisa dipakai pada saat dibutuhkan

Dari Mana Uangnya?
Kalau orang tua, uang bisa berasal dari gaji atau usaha. Lalu bagaimana dengan kita sbagi anak-anak?, kan belum punya gaji atau usaha? Enggak perlu khawatir dan mudah kok. Bukankan, kita juga bisa menabung dengan menyisihkan uang saku sekolah. Uang pemberian dari bibi, paman atau saudara juga bisa kan!

Tujuannya Apa?
Saat kita punya uang, apalagi banyak ... wah tentunya mau beli ini ... beli itu? pokonya kalau bisa semua dibeli ya ... hihiiii. Wah bisa gagal total dong rencana menabungnya. Untuk itu tetapkan dulu, tujuan kita menabung, untuk apa?Kalu kita punya tujuan dan alasan kuat, tentunya kita bisa berhasil menabung.

Misal, di tahun depan ingin punya sepeda baru. Nah dengan menabung, InsyaAllah tahu depan kita bisa membeli sepeda yang kita inginkan atau mendapatkan apa yang kita inginkan. Dengan menabung, kita juga bisa mengurangi dan menahan keinginan-keinginan yang tidak perlu sekali.

Truss Menabungnya Dimana?
1. Celengan
Cring ! cring ! terdengar suara koin yang kita masukkan ke celengan... wow makin semangat dong kita menabung. Yup, menabung di celengan memang seru, tetapi ada kekurangannya lho...seperti :
  • celengan bisa hilang bahkan dicuri,
  • kalau menabung dengan uang kertas ke dalam celengan, lama kelamaan uang kita bisa berjamur dan rusak
  • jumlah uang yang kita tabung terbatas karena tempat celengan terbatas

2. Bank
Kalau celengan kita sudah penuh, enggak usah beli celengan lagi. kita bisa menabung di bank saja. Menabung di bank banyak keuntungannya, seperti :
  • jumlah uang yang kita tabung tak terbatas
  • banyak program yang menari khusus anak-anak
  • kita bisa punya account atas nama kita sendiri
  • bisa memiliki ATM (Automatic Teller Machine)sendiri
  • bisa mengambil dimana saja dan kapan pun
  • uang kita tidak akan berkurang bahka bertambah
  • uang tabungan kita pasti lebih aman karena dijamin dan dilindungi asuransi

Yup, kapan lagi kita menabung. Jangan tunda ya .. karena menabung itu SERU lho !

Selamat menabung ... wassalam
baca selengkapnya- Menabung Itu SERU!

Minggu

Kumpulan Mind Mapping Materi Pelajaran IPA (SD)

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Dari 24 halaman pelajaran IPA (Biologi, Sains), diringkas dalam bentuk Mind Mapping yang hanya 4 lembar akan membantu memudahkan mengingat suatu pelajaran.


Gunakan Mind mapping sekarang juga!, wassalam.
tools : iMindMap software
baca selengkapnya- Kumpulan Mind Mapping Materi Pelajaran IPA (SD)

Bahagianya Bisa Memberi

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Hai teman, apa kabar? semoga baik ya. Temanku yang baik, .. coba deh buka lemarimu! Ada nggak barang-barang yang sudah kamu tidak pakai? Bisa ... pakaian, buku, mainan atau pernak-pernik lainnya. Ada? Wow bahkan banyak ya?

Hmm .. daripada barang-barang itu menuh-menuhin lemarimu, apa nggak sebaiknya kita berikan pada teman-teman/orang lain yang membutuhkan. Ya, tidak semua barang yang tak terpakai itu pantas diberikan lo. Kita harus pilih dulu, mana yang masih pantas utnuk diberikan. Jangan sampai kita memberikan baju yang sudah sobek, wah ... malu dong!

Temanku yang baik, coba perhatikan saat kita memberikan barang-barang itu kepada si penerima. Lihatlah wajahnya yang memancarkan rasa syukur dan bahagia. rasakan apa yang dirasakan. Hati kita tentu akan merasakan kebahagiaan itu juga kan?

Alhamdulillah, kalau kita juga bisa bahagia dengan berbagi kebahagiaan kepada orang lain. Juga jangan lupa selalu bersyukur, karena kita bisa jadi pemberi!

Semoga semua berbahagia yaaa ... wassalam.

Dhanty,
Sahabat Dunia Anak Kita
baca selengkapnya- Bahagianya Bisa Memberi

Dokter Bio, si Penyembuh Alam

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Rusaknya alam kita ini sering disebabkan oleh manusia sendiri. Seperti saat manusia menggunakan zat beracun. lalu apa yang harus dilakukan jika alam sudah tercemar zat beracun itu? ternyata alam yang sudah dirusak pun masih berbaik hati untuk membantu mengobati alam yang tercemar. Ini dia ada dokter Bio yang cantik dan hebat.

Bunga Matahari
Bunga matahari yang berwarna kuning ini ternyata tidak hanya cantik, tetapi ia juga membantu menyerap racun-racun radioaktif yang ada di dalam tanah. karena menyerap racun-racun itu, akar, batang, daun bunga matahari jadi berisi racun. tapi anehnya bunga matahari tidak mengalami sakit, meski kena zat beracun. wah hebat juga ya .. si dokter bio, bunga matahari ini.


Algae (baca : Alga)
Algae ini membantu manusia menyerap tumpahan-tumpahan minyak yang mencemari air sungai dan laut. Ya, Alga ini akan mengubah minyak menjadi oksigen yang bermanfaat bagi manusia. Alga ini juga melakukan prose fotosintesa. Wow hebat juga kan!

Dan masih banyak lagi lho, doter-dokter bio lainnya!

Eh ada yang lupa nih, kenapa mereka disebut bio ya? Bunga matahari dan Akga ini adalah mahluk hidup. Nah, cara mengobati alam dengan mahluk hidup itulah yang disebut Bioremediasi, makanya disebut Bio.

Semoga manusia jangan merusak alam ini lagi ya...
Wassalam.
Dari berbagai sumber.
baca selengkapnya- Dokter Bio, si Penyembuh Alam

Semoga Menjadi Awal

Assalamualikum wr wb,

Sejatinya amal ibadah apapun kita lakukan semata-mata karena Allah SWT, hanya karena Allah. Tidak berharap apapun. Tidak berharap pujian dari sesama manusia. Tidak berharap agar dikaruniakan keberkahan di dalam setiap langkah kehidupan kita. Bahkan, pada tingkatan yang lebih tinggi, tidak berharap pahala bagi kebahagiaan akhirat. Karena manusia diciptakan hanya untuk beribadah kepada-Nya, menyembah-Nya.

Namun, manusia adalah manusia: sering menjadi manja, selalu menuntut lebih, selalu berharap balasan, tidak akan melakukan sesuatu ibadah apabila tidak mendapat iming-iming pahala, kebaikan, dan keberkahan yang luar biasa dari Sang Pencipta.

Sebagai contoh adalah betapa paniknya kita ketika bulan Ramadhan tiba. Kita bebondong-bondong melakukan ibadah karena ada iming-iming pahala besar jika kita rajin beribadah pada bulan penuh kemuliaan itu. Ibadah sunat menjadi wajib, sementara ibadah wajib berlipat-lipat pahalanya. Dan seterusnya.

Sayangnya, usai Ramadhan kita kembali seperti biasa. Semangat Ramadhan telah hilang. Kita kembali bergelimang. Alih-alih, pada saat Ramadhan belum usai pun semangat itu mulai menghilang. Semangat beribadah entah kenapa hanya ada di awal bulan Ramadhan. Sementara pada pertengahan bahkan akhir Ramadhan kita sudah berkelana entah kemana.

Maka kemudian bagi manusia-manusia itu dikabarkanlah berita gembira bahwa ada malam kemuliaan yang bernilai seribu bulan, yakni (malam) Lailatul Qadar. Jika kita beribadah pada malam itu maka pahalanya akan luar biasa besarnya, supaya manusia kembali bersemangat untuk beribadah seperti pada awal bulan Ramadhan.

Tahukan bahwa dirahasiakannya malam Lailatul Qadar sesungguhnya adalah pukulan telak buat manusia. Sebenarnya kita sedang tersindir. Rahasia kapan datang malam Lailatul Qadar itu memberikan pelajaran bahwa ibadah mestinya tidak hanya dilakukan dalam satu malam saja.

Andailah manusia tak goyah dalam melakukan ibadah, rajin, dan istiqomah; Karena ibadah tak terbatas waktu, kapan saja, dan sepanjang masa. Tapi baiklah, Ramadhan dan Lailatul Qadar semoga menjadi awalan yang baik untuk beribadah. (A Khoirul Anam-red)


Wass. Wr. Wb
Sumber
http://blog.its.ac.id/syafii/2009/08/09/berburu-lailatul-qadar/
http://www.nu.or.id/page.php?lang=id&menu=news_view&news_id=10339
baca selengkapnya- Semoga Menjadi Awal

Sabtu

Mudik Nyaman dan Menyenangkan Bersama Si Kecil


Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Setiap menjelang Lebaran, semua pasti sibuk mempersiapkan segalanya termasuk mudik. Mudik memang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia yang mengutamakan kebersamaan.

Lalu bagaimana bila kita mudik bersama si Kecil?. Tidak perlu khawatir ya, mudik bersama si Kecil bisa menyenangkan asal saja kita sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk segala macam suasana.

Berikut beberapa tips yang semoga bisa bermanfaat:

Mobil Pribadi
Keuntungan mudik dengan mobil pribadi adalah kita tidak perlu menunggu di stasiun, terminal atau di airport, tidak ada jadwal-jadwal mengikat, jadi bisa mengatur jadwal datang, pergi dan beristirahat kapan saja, misalnya berangkat saat si Kecil tidur. Selama perjalanan sebaiknya kita sering berhenti, untuk memberi kesempatan si Kecil berjalan atau membersihkan si kecil setelah lama di atas kendaraan dan mungkin mulai bosan. Berapa seringnya berhenti tergantung pada kebiasaan si Kecil yang Anda kenal. Kelebihan dengan mobil sendiri, kita tidak khawatir tangisan si Kecil akan menganggu penumpang yang lain. Jika si Kecil masih bayi, mungkin agak lebih mudah, karena kita bisa menentukan, namun perlu diingat sebaiknya bayi jangan terlalu lama dalam posisi duduk, atau posisi yang sama.

Tips untuk bepergian dengan mobil sendiri, Anda harus punya kursi mobil yang sesuai untuk si Kecil, sesuaikan dengan berat badannya, letakkan di deret kedua atau ketiga mobil Anda dan pasangkan dengan baik mengikuti petunjuk. Barang-barang bawaan yang mungkin diperlukan selama perjalanan, misalnya susu, termos air panas, botol minuman, ekstra pakaian, tissue basah dan lampin diletakkan pada tempat yang mudah dijangkau. Jadi Anda tidak perlu setiap saat berhenti untuk mengambilnya. Bawalah beberapa mainan favoritnya, kalau bisa mainan yang dapat dilekatkan pada kursinya. Jika tidak, mainan tersebut harus ringan, sehingga jika si Kecil mulai melemparkan mainannya tidak akan membahayakan penumpang lainnya.

Bus Umum
Yang paling utama, usahakan memilih jadwal keberangkatan pada saat si Kecil tidur. Hal ini akan meringankan perjalanan Anda. Harus diperhatikan pula, bagaimana si Kecil akan duduk. Jika memungkinkan pesan ekstra kursi untuknya sehingga si Kecil dapat berbaring.

Yang agak merepotkan dengan kendaraan umum adalah Anda tidak dapat menentukan kapan dan di mana Anda ingin berhenti dan ruang bergerak yang sangat kurang. Toilet umumnya sempit dan kotor, terkadang malah tidak ada. Untuk menghadapi hal tersebut sebaiknya Anda membawa perlak, jadi si Kecil dapat ganti lampin di atas tempat duduk atau di atas pangkuan Anda. Barang-barang keperluan si Kecil selama perjalanan sebaiknya diletakkan dibawah kursi, sehingga mudah dijangkau.

Kereta Api
Tidak banyak berbeda dengan bus umum, kelebihannya di dalam kereta api Anda sedikit punya ruang bergerak, sehingga si Kecil bisa diajak sedikit berjalan. Selain itu kita bisa memesan makanan, walaupun mungkin kurang cocok untuk si Kecil. Jadi mau tidak mau Anda tetap harus mempersiapkan juga dari rumah.

Pesawat
Kelebihannya, cepat sampai di tujuan dan umumnya sampai usia 2 tahun, si Kecil gratis ke manapun pergi, tapi selama perjalanan Anda harus memangkunya dengan menggunakan sabuk pengaman tambahan.

Jika perjalanan Anda panjang sebaiknya Anda pesan sebelumnya bassinet atau tempat tidur bayi. Pada saat landing dan take off, anak-anak umumnya mengalami gangguan telinga. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda memberikan minuman baik dari botol atau disusui.

Seperti halnya dengan kendaraan umum lain, perhatikan jadwal penerbangan, apabila memungkinkan, sesuaikan dengan jadwal tidur si Kecil. Biasanya Anda akan didahulukan saat masuk ke dalam pesawat. Anda juga sebaiknya memesan makanan khusus bayi dan pesan tempat duduk sebelumnya. Bawalah ekstra baju hangat, karena umumnya suhu akan menjadi cukup dingin di dalam kabin pesawat. Selain dingin dan udara juga kering, sebaiknya si Kecil sering diberi minum. Bawa barang-barang yang mungkin dibutuhkan si Kecil secukupnya dan letakkan di bawah kursi di depan Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi si Kecil, bahkan bayi bisa juga jetlag lhoooo ....karena itu, berikan waktu istirahat yang cukup saat sampai di tempat tujuan.


Check List Bawaan untuk Bepergian Bersama si Kecil

Peralatan Mandi
- Sabun, shampoo bayi (biar ringkas pakai yang two in one)
- Minyak telon
- Handuk
- Sunblock (anak sampai usia 4 tahun sebaiknya selalu memakai sunblock jika berada di bawah terik matahari untuk waktu yang agak lama, paling sedikit 25 spf, jika ada beli yang khusus untuk bayi atau anak-anak)
- Bedak (pergunakan hanya jika perlu, misalnya biang keringat)
- Baby oil

Peralatan Khusus
- Paspor dan tiket (jika ke luar negeri)
- Copy buku imunisasi yang sudah dilakukan (jika bepergian ke luar negeri, hendaknya di cek, apakah ada imunisasi tertentu yang diperlukan sebelum memasuki negara tersebut)
- Termometer digital (lebih mudah pemakaiannya)
- Obat pertolongan pertama, misalnya obat penurun panas (parasetamol), Obat batuk dan pilek, obat hidung tersumbat, obat diare dan cairan isotonik anak jika diare, obat ruam lampin
- Kalung atau gelang sederhana di mana tertulis nama si Kecil dan alamat serta nomor telepon yang dapat dihubungi

Peralatan Umum
- Kursi mobil anak (jika perlu, sesuaikan dengan berat badan anak)
- Tissue basah
- Kereta dorong (jika dengan kendaraan umum, pastikan ada tempat untuk menyimpannya, jika dengan pesawat, informasikan sebelumnya Anda membawa kereta bayi)
- Selimut
- Dot dan botol secukupnya beserta termos air panas dan pemanas botol
- Baju secukupnya, termasuk baju tidur
- Baju hangat, sarung tangan, syal dan penutup kepala (jika bepergian ke negara bermusim dingin)
- Lampin (jangan terlalu banyak, yang penting untuk kepentingan hari-hari pertama, sebelum sempat beli)
- Mainan kesukaan (yang ringan dan tidak terlalu besar)
- Ban berenang (jika akan ke kolam renang atau pantai, perhatikan juga ukuran ban yang sesuai untuk usia si Kecil)
- Kantong plastik untuk kotoran
- Gendongan anak (bisa juga selendang)
- Sepatu, sandal dan kaos kaki
- Empeng (jika perlu)
- Tas khusus untuk barang si Kecil
- Waslap
- Topi
- Jas hujan dan payung

Makanan dan Minuman
- Makanan dan minuman selama perjalanan (letakkan dalam tas terpisah, yang mudah dijangkau)
- Alat makan : sendok, garpu, piring dan gelas
- Makanan misalnya bubur dan biskuit dan minuman, misalnya susu dan jus buah dalam kotak (untuk beberapa hari pertama, sebelum ada kesempatan membeli)

Siapkan Uang Tunai Secukupnya

Walau Anda memiliki ATM, tapi uang tunai tetap dibutuhkan, tapi sebaiknya bawa uang tunai secukupnya. Untuk menghindari copet, simpan di tempat yang berbeda.

Selamat bermudik ria dengan nyaman dan menyenangkan, semoga selamat sampai tujuan. amin.

Wassalam
sumber : ohbingung.multiply.com
baca selengkapnya- Mudik Nyaman dan Menyenangkan Bersama Si Kecil

Menyikapi Anak Yang Caper alias Cari Perhatian

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

" Bagus kan, adek pinter kan," itulah kata yang keluar dari bibir mungil si kecil saat memamerkan gambarnya kepada siapa saja yang datang ke rumah. Sikap yang mencerminkan emosi khas si kecil saat menguasai kemampuan barunya.

Dengan tahapan perkembangannya, anak akan mampu menguasai berbagai ketrampilan setiap harinya. Dan jika dia sudah menguasai kemampuan itu, tak pelak lagi anak akan senang sekali ber-pamer ria dengan kemampuannya. Jadi jangan heran kalau anak terlihat senang cari perhatian alias caper.

Bagaimana Anda meresponnya?
Jadilah penonton yang baik dan jangan pelit pujian lho. Dukunglah anak untuk mengasah kemampuannya supaya makin sempurna. Jangan lupa untuk memberikan contoh bagaimana melakukan segala sesuatunya dengan benar. Utuk contoh diatas , Anda bisa menujukkan cara yang benar untuk mewarnai batas-batas gambar, memberinya aneka warna dan sebagainya.

Semoga bermafaat ... wassalam
baca selengkapnya- Menyikapi Anak Yang Caper alias Cari Perhatian

Jumat

10 Different Intelligences by Tony Buzan

Here are the 10 types of intelligence with my brief summary of each. You may not agree with the choice of 10 as the right number but the ones chosen are certainly worthy of thought in many ways.

1. Creative.
This is your ability to come up with new ideas. To be flexible, find new ways to use old ideas. The stars here are those who can come up with rapid fire new solutions.

2. Personal.
The star here is a person who knows himself. He is self aware and uses this knowledge for self fulfillment.

3. Social.
The star here is able to interact in a productive and meaningful way with other human beings. This is about personal relationships.

4. Spiritual.
This is about the really big picture. Use you intelligence for more than selfish interests.

5. Physical.
This person is aware of an in harmony with their physical self. This person is physically fit, coordinated, and probably an athlete, artist, surgeon, etc.

6. Sensual.
Use your five senses and intuition to live fully. The human body, properly used, is an incredible complete organism capable of doing many things better than all the inventions of man.

7. Sexual.
At its most basic, the drive to survive, to procreate, to continue the human race.

8. Numerical.
The ability to manipulate the language of numbers. This should be a simple thing because many of us only have to worry about ten symbols, zero through nine. Some of us only worry about zeroes and ones.

9. Spatial.
This is the ability to see the relationships of shapes to each other and to the space where they exist.

10. Verbal.
Verbal intelligence is just a little more complex than numerical. We manipulate 26 characters to define thoughts and communicate them to ourselves and others.



By: John Paige
He is a writer, researcher, and student of how technology can be used to enhance the quality of life
baca selengkapnya- 10 Different Intelligences by Tony Buzan

Kamis

Ajarkan 5 Prinsip Pola Makan Pada Anak

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif


Saat anak-anak kita belajar makan sendiri, sebaiknya anak juga segera diajarkan prinsip-prinsip pola makan.

1. Training/Latihan
Latihlah anak makan pada tempatnya, yaitu di meja makan. Agar anak mau, ajaklah makan bersama. Ini akan memumbuhkan disiplin pola anak yang teratur.

2. Entertaining/Menyenangkan
Jadikan acara makan sebagai aktivitas yang menyenangkan dengan berkumpul bersama keluarga.

3. Variety/Variasi
Dengan membiasakan dan menyajikan berbagai variasi menu, akan menumbuhkan selera makan anak. Ya, anak menjadi tidak bosan.

4. Healthy/Sehat
Kesehatan adalah faktor penting bagi pertumbuhan anak. Berikan makan sehat kepada anak, sebaiknya dimasak sendiri sehingga aman dari bahan pengawet dan pewarna yang bisa membahayakan.

5. Schedule/Jadwal
Buatlah jadwal makan. Dengan adanya jadwal, anak akan biasa makan dengan teratur seperti: makan 3 kali sehari.


Semoga bermanfaat ... wassalam
Intisari dari berbagi sumber
pic: klikdokter.com
baca selengkapnya- Ajarkan 5 Prinsip Pola Makan Pada Anak

Waspadai Segera Lingkungan Kita dari Wabah Demam Berdarah Dengue (DBD)


Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Seiring tingginya curah hujan, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) atau Haemorraghic Fever kini pun mewabah di seluruh Indonesia. Untuk itu kita harus antisipasi, waspada, serta bergerak cepat, mengingat gelaja DBD sekarang ini bukan hanya sekadar demam dan bintik merah di kulit semata.

Apa itu Demam Berdarah?
Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Demam Berdarah (Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus) dan dapat menyebabkan KEMATIAN.

Di mana Nyamuk Demam Berdarah Berkembang Biak?
Di tempat-tempat penampungan air bersih di dalam rumah maupun di sekitar lingkungan kita, seperti : bak mandi/WC, tempayan, drum, tempat minum burung, vas bunga/pot tanaman air, kaleng bekas, ban bekas, botol, tempurung kelapa, plastik yang dibuang di sembarang tempat, talang air yang rusak dan saluran air hujan yang tidak lancar, pagar atau potongan bambu yang berlubang, dsb.

Apa tanda/gejalanya?
* Mendadak panas tinggi selama 2 sampai 7 hari.
* Tampak lemah dan lesu.
* Timbul bintik-bintik merah pada kulit.
* Sering terasa nyeri di ulu hati.
* Kadang-kadang terjadi perdarahan di hidung (mimisan) dan di bawah kulit.
* Kadang terjadi muntah atau berak darah.
* Bila sudah parah, penderita gelisah, tangan dan kaki dingin serta berkeringat. Bila tidak segera ditolong dapat menimbulkan kematian.

Apa yang harus dilakukan?
1. Jika ada gejala tersebut di atas, maka :
* Beri minum sebanyak mungkin.
* Kompres agar panasnya turun.
* Berikan obat penurun panas, misalnya Paracetamol.
* Segera bawa ke Poliklinik, Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat!

2. Berantas jentik dan hindari gigitan nyamuk Demam Berdarah dengan cara 3M Plus yaitu :
* Menguras tempat-tempat penampungan air (bak mandi/WC, tempayan, ember , vas bunga , dsb) seminggu sekali.
* Menutup rapat semua tempat penampungan air seperti ember, gentong dan drum.
* Mengubur barang-barang bekas yang ada di sekitar atau di luar rumah yang dapat menampung air hujan seperti kaleng bekas, botol, plastik dan tempurung kelapa.
* Menaburkan bubuk abate atau altosid 2-3 bulan sekali di tempat air yang sulit dikuras atau tempat sulit air.
* Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk.
* Cegah gigitan nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk, memakai obat repelant, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi dsb.

Segera Periksa ke Dokter
Belum ada vaksin untuk pencegahan penyakit DBD dan belum ada obat-obatan khusus untuk penyembuhannya, dengan demikian pengendalian DBD tergantung pada pemberantasan Nyamuk Aedes Aegypti. Program pemberantasan penyakit DBD umumya belum berhasil, karena masih tergantung pada penyemprotan insektisida (pengendalian kimiawi) untuk membunuh nyamuk dewasa.

Tindakan pencegahan dan pemberantasan akan lebih lestari bila dilakukan dengan pemberantasan sumber larva. Perlindungan diri juga dapat kita lakukan dengan mengenakan pakaian pelindung, obat nyamuk, tirai dan kelambu. Pengendalian biologis dapat dilakukan dengan memelihara ikan pada tempat penampungan air.

Sedangkan pengendalian kimia seperti penaburan bubuk abate pada tempat-tempat penampungan air cukup efektif. Sementara untuk pengasapan (fogging), menurut Depkes RI baru dapat direkomendasikan jika telah memasuki keadaan genting selama terjadinya wabah atau KLB DBD.

Pengobatan yang dapat kita lakukan terhadap penderita DBD adalah membawanya ke dokter atau rumah sakit terdekat. Hal ini diperlukan untuk mencegah terjadinya syok yang dapat terjadi secara cepat dan dapat berakibat fatal, terutama pada anak.

Jika terjadi kejadian yang luar biasa segera laporkan di bawah ini





HOTLINE :

# PHONE : (021) 526-5043 / 521-0411
# FAX : (021) 527-1111 / 521-0395
# EMAIL : info@ppk-depkes.org
# SMS GATEWAY : 0813-8590-4444

Semoga bermanfaat ... wassalam
Intisari sumber: http://www.ppk-depkes.org.
baca selengkapnya- Waspadai Segera Lingkungan Kita dari Wabah Demam Berdarah Dengue (DBD)

Kapan Aku Dan Saya ?

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Lho ada apa ini dengan aku dan saya, kan sama saja? Hihi... jangan bingung dulu ya! Kata aku dan saya memang punya arti sama. Keduanya merupakan kata ganti orang pertama tunggal.

Tapi tahu nggak adik-adik, kapan kita menggunakan kata 'aku' dan kata 'saya'?

Sebenarnya dua kata itu sering kita gunakan pada kesempatan yang berbeda lho. Kita bisa memakai kat 'aku' pada saat bicara atau bercerita pada ayah, ibu, kakak, adik, kakek, nenek atau teman. Lalu kapan kita menggunakan kata 'saya'?

Aha.. kata 'saya' biasanya kita pakai di kesempatan yang lebih resmi, misal : saat kita bicara kepada guru kita, Kepala sekolah, Menteri bahkan Presiden. Benar,kan?

Kata 'saya' maunya suasana yang resmi-resmi, sedangkan kata 'aku' maunya suasana yang santai dan akrab. Nah sekarang coba diingat-ingat, kapan adik-adik menggunakan kedua kata itu? Jangan sampai lupa ya...

Wassalam,
baca selengkapnya- Kapan Aku Dan Saya ?

Rabu

Puisi "Ulang Tahunku"

Ulang tahunku

Bulan Agustus tanggal satu

Di hari ulang tahunku

Tak ada kue tart buatku

Tak ada kado untukku

Tak ada pesta bagiku

Tapi kudapat pelukan ayahku

Dan kuterima ciuman ibuku

Juga doa dari teman-temanku

Inilah yang menjadi harapanku



Sahabat Dunia Anak,
Aziza
Kelas 5 SD-Vila Dago, Tangerang
baca selengkapnya- Puisi "Ulang Tahunku"

Enggak Apa, Kalau Tulisan Si Kecil Kayak Ceker Ayam

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Bagaimana sikap orang tua saat mendapati tulisan si kecil yang sudah kelas 1 terlihat kruwel-kruwel (wah bahasa apa ni .. hehehe) atau amburadul kayak ceker ayam?. Tak ada yang salah kok, hal itu masih wajar kita temukan pada anak usia sekolah dasar, terutama anak kelas 1 sampai 4.

Bisa jadi yang dimaksud tulisan seperti ceker ayam itu, tulisan yang hurufnya bertumpuk, penggunaan huruf besar dan kecil bercampur-baur, besar kecil huruf berbeda-beda dalam satu tulisan, ukuran spasi yang tidak sama, margin yang tidak beraturan, atau tulisan yang turun naik?


Jangan khawatir dulu, karena kita tak bisa menilai tulisan anak berdasarkan bentuknya yang indah dilihat atau tidak. Yang cukup menjadi perhatian adalah nilai saja kerapiannya, keterbacaannya, dan kesesuaiannya dengan kaidah penulisan.

Tulisan yang rapi bisa berarti tulisan tidak acak-acakan, margin kiri rata, spasi sama, dan besar kecil huruf sama. Sedangkan yang dimaksud terbaca adalah orang lain mudah membaca hasil tulisannya.

Nah bila buah hati kita sudah duduk di kelas 4 SD, barulah biasanya anak berkreasi, mengeksplor bentuk tulisan yang indah. Kemampuan ini tak dapat pelajari secara formal karena muncul dari dalam diri sesuai dengan bakat anak. Karenanya, memang tak semua anak memiliki tulisan indah sekalipun ia memiliki jiwa seni dan bakat seni rupa yang tinggi. Mengapa?

Karena kemampuan aak untuk menulis indah tergantung pula pada tingkat kemampuan motorik halus, terutama kelenturan jari-jemari. Hanya saja hati-hati, tulisan modifikasi yang terlihat indah malah sering tak terbaca, bukan? Hasilnya tidak efektif. Misal, menulis huruf i titiknya di bawah, menulis huruf a diberi dua titik di atasnya, huruf e menghadap ke kiri, dan lainnya... ya kan?

Makanya enggak apa kalau tulisannya kayak ceker ayam.

Semoga bermanfaat ... wsssalam.
ilustrasi : daniy.syahdiar.org
baca selengkapnya- Enggak Apa, Kalau Tulisan Si Kecil Kayak Ceker Ayam

AYO Mainkan Dream Pet Link

Hubungkan kepingan yang serupa satu sama lain untuk membersihkan papan.

Cara Bermain:
Klik 2 kepingan yang serupa untuk menghubungkannya. Tiap koneksi tidak bisa memiliki lebih dari 2 putaran.



Ingat lho, siapa cepat itu yang menang!

Selamat bermain ....
baca selengkapnya- AYO Mainkan Dream Pet Link

Kenapa Kalau Malu Muka Jadi Merah?

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif.

"Wah cantik sekali ya, siapa namanya?", sebuah pertanyaan yang kadang bisa membuat merah muka jika kalimat itu ditujukan kepada anak yang pemalu. Lalu kenapa kalau malu muka jadi merah ya?

Berdasarkan penelitian para ilmuwan, manusia mulai memahami sesuatu saat berumur 3 tahun. Pada umur 3 tahun itulah, otak manusia mulai berkembang dengan sempurna. Apa yang baik, buruk, takut, dan pujian mulai direkam otak manusia.

Bagian otak yang merekam inilah yang dinamakan sistim Limb. Kemudian saat manusia menerima baik itu perasaan dan perlakuan takut, senang, buruk atau pujian, maka sistem Limb otak akan menyala. Sistem Limb ini lalu mengirim sinyal ke jantung. Akibatnya, jantung menjadi berdebar-debar dan akhirnya mengirim lebih banyak darah ke tubuh.

Aliran darah yang mengalir banyak inilah yang menyebabkan kulit muka jadi memerah dan tangan berkeringat. Ya, kulit muka manusia memang lebih tipis dibandingkan dengan kulit tubuh yang lain.

Nah itulah yang menyebabkan, kenapa muka jadi merah!
Kalau mau membuktikan silahkan dicoba ke teman-teman... hihihi, tapi jangan ah!


Semoga bermanfaat, wassalam
sumber : Human Ensiklopedia
gbr : okezone.com
baca selengkapnya- Kenapa Kalau Malu Muka Jadi Merah?

Sudahkah Anda Shalat Untuk Anak?

Assalamulaikum wr wb,

Shalat untuk Anak
Shalat ini adalah salah satu bagian dari shalat hajat. Dengan shalat ini diharapkan anak kita menjadi anak yang shaleh dan baik, patuh dan berbakti pada orang tua, sukses dan bahagia di dunia dan akhirat. Shalat ini dilakukan oleh orang tua untuk anaknya, empat rakaat dua kali salam:

Rakaat pertama:
membaca Surat Fatihah, dan Surat Al-Baqarah/2: 128 (10 kali) yaitu:

Rabbanâ waj’alnâ muslimayni laka wa min dzurriyyatanâ ummatan muslima-tan laka, wa arinâ manâsikanâ wa tub ‘alayna innaka Antat Tawwâbur Rahîm.

"Ya Tuhan kami, jadikan kami berdua orang yang patuh kepada-Mu; jadikan keturunan kami ummat yang patuh kepada-Mu; tunjuk-kan kepada kami tempat-tempat ibadah haji kami; dan terimalah taubat kami, sesung-guhnya Engkau Yang Maha Menerima taubat dan Maha Penyayang."

Rakaat kedua:
membaca Surat Fatihah, dan Surat Ibrahim 40-41 (10 kali) yaitu:

Rabbij’alnî muqîmash shalâti wa min dzurriyyatî, Rabbanâ wa taqabbal du’â’. Rabbanaghfirlî wa li-wâlidayya wa lil-mu’minîna yawma yaqûmul hisâb.

"Ya Tuhaku, jadikan aku dan keturunanku orang-orang yang tetap mendirikan shalat; ya Tuhan kami terimalah doaku.Ya Tuhan kami, ampuni aku dan kedua orang tuaku serta orang-orang mukmin pada hari terja-dinya hisab (hari kiamat)."

Rakaat pertama dalam shalat yang kedua:
membaca Surat Fatihah, dan Surat Al-Furqan 74 (10 kali) yaitu:

Rabbanâ hab lanâ min azwâjinâ wa dzurriyyatinâ qurrata a’yunin waj-’alnâ lil-muttaqîna imâmâ.

"Ya Tuhan kami, anugerahkan kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyejuk hati kami, dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertakwa." (Al-Furqan: 74)

Rakaat kedua dalam shalat yang kedua:
membaca Surat fatihah, dan Surat Al-Ahqaf/46: 15 (10 kali) yaitu:

Rabbi awzi’nî an asykura ni’mata-kal latî an’amta ‘alayya wa ‘alâ wâlidayya wa an a’mala shâlihan tardhâhu, wa ashlih-lî fî dzurriyyatî, innî tubtu ilayka wa innî minal muslimîn.

"Ya Tuhanku, tunjuki aku untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Kau berikan padaku dan pada kedua orang tuaku, dan supaya aku dapat beramal shaleh yang Engkau ridhai; anugerahi aku kebaikan dengan (memberi kebaikan) kepada keturunanku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada-Mu dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri."

Setelah salam membaca doa berikut 10 kali:

Rabbanâ hab lanâ min azwâjinâ wa dzurriyyatinâ qurrata a’yun waj’alnâ lil-muttaqîna imâmâ.

"Ya Tuhan kami, anugerahkan kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyejuk hati kami, dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertakwa." (Al-Furqan: 74).
Kitab Mafâtihul Jinân, bab 2, halaman 215.


Wassalam,
berguru kepada Syamsuri Rifai
baca selengkapnya- Sudahkah Anda Shalat Untuk Anak?

Selasa

Awali Semuanya Dengan Cinta

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Setiap anak yang baru lahir, sudah harus berhadapan dengan berbagai realita dunia yang tentunya tidak sehangat dan senyaman dalam rahim ibunya. Dalam menempuh harapan, anak akan melalui perjuangan yang tidak mudah dan ringan. Dengan berbagai realita yang dihadapi tentunya memerlukan energi yang luar biasa untuk menghadapinya. Dan energi itu hanya bisa di dapat dalam sebuah kata yang bernama 'CINTA'.

Ya, CINTA adalah sebuah kekuatan yang memiliki energi yang luar biasa, dan energi yang luar biasa inilah yang bisa membuat harapan menjadi kenyataan.

Cinta dari orang tuanya akan menjadi sesuatu yang istimewa dan akan mampu menandingi segala hal yang akan dihadapi anak. Anak akan lebih siap menghadapi tantang bersama cinta orang tuanya.

Saat bayi, seorang anak tak akan mampu membedakan antara susu dan usapan, antara makanan dan cinta. Anak tanpa makanan, akan kelaparan sedangkan anak tanpa cinta, akan 'kelaparan emosional'nya selama hidup.

Para ahli perkembangan anak dalam penelitiannya menunjukkan bahwa dasar emosional seseorang terbentuk dalam delapan belas tahun pertama hidupnya, terutama dalam hal hubungan ibu dan anak. “Makanan” yang diperlukan untuk kesehatan bayi di kemudian hari adalah sentuhan fisik, kata-kata lembut, serta perawatan yang lemah lembut.

Dengan 'makanan' itu, anak akan terlatih untuk membentuk jati diri, dan bagi anak sendiri akan mampu meninggalkan semua orang tempat dulu bergantung. Anak akan mampu menanggapi semua, karena ia telah belajar mencintai secara aktif dan tidak lagi menjadi penerima cinta yang pasif.

Dengan berjalannya waktu, kemampuan anak mengungkapkan cinta bertambah. Dan, apabila ia terus mendapatkan cinta, maka ia akan semaki mampu memberikan cinta pula.

Awali semuanya dengan cinta, karena anak yang dibesarkan dengan cinta dan ketulusan akan menghargai kehidupannya.

Wassalam,
baca selengkapnya- Awali Semuanya Dengan Cinta

Oww .. Ternyata Cincau Dari Daun Cincau

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Mungkin tadinya kamu mengira kalau cincau itu dibuat dari serbuk seperti saat mama membuat agar-agar ya? Ternyata bukan lo, cincau dibuat dari daun cincau. Cara membuatnya juga sederhana kok.

Pertama daun cincau direndam atau direbus dulu dalam air, kemudian setelah itu diremas-remas hingga menghasilkan 'gel' atau air kental seperti agar-agar. Nah gel-gel itulah yang akhirnya menggumpal dan membentuk jadi cincau.

Lalu kenapa gel-gel itu bisa terbentuk, karena daun cincau mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air. Nah itulah asal dari cincau yang seperti yang kita minum sebagai minuman segar, es campur .... hmmmm segar ya, apalagi kalau kita minum saat buka puasa.


Dhanty - Pamulang
Sahabat Dunia Anak Kita
baca selengkapnya- Oww .. Ternyata Cincau Dari Daun Cincau

Doa Ba'da Shalat Fardhu di Bulan Ramadhan

Assalamualikum wr wb,

Doa Allâhumma Adkhil ‘alâ ahlil qubûris surûr
Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang membaca doa ini setiap bakdah shalat fardhu di bulan Ramadhan, Allah akan mengampuni dosa-dosanya sampai hari kiamat.”

Berikut ini doanya:

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya
Ya Allah, masukkan kebahagiaan kepada penghuni kubur
Ya Allah, kayakan setiap yang fakir
Ya Allah, kenyangkan setiap yang lapar
Ya Allah, beri pakaian setiap yang telanjang
Ya Allah, tunaikan utang setiap yang berutang
Ya Allah, bahagiakan setiap yang menderita
Ya Allah, kembalikan setiap yang terasing
Ya Allah, bebaskan setiap yang tertawan.
Ya Allah, perbaiki setiap yang rusak dari urusan kaum muslimin
Ya Allah, sembuhkan setiap yang sakit
Ya Allah, kayakan kami dengan kekayaan-Mu
Ya Allah, rubahlah keburukan keadaan kami dengan kebaikan keadaan-Mu
Ya Allah, tunaikan utang kami dan kayakan kefakiran kami
Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu

(Mafâtihul Jinân: bab 2, pasal 3)

Wassalam,
berguru kepada Syamsuri Rifai
baca selengkapnya- Doa Ba'da Shalat Fardhu di Bulan Ramadhan

Senin

Tanya Kenapa Anak Tidak Percaya Diri?

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Sikap orang tua mempunyai pengaruh yang besar terhadap tumbuhnya kepercayaan diri anak. Bisa jadi, kesalahan orang tua dalam memperlakukan anak-anaknya akan berakibat fatal pada perkembangan jiwanya di kemudian hari. Anak makin tidak percaya diri, dan akibatnya tumbuh menjadi anak yang minder dan penakut ... wah jangan yaaa!

Berikut beberapa kesalahan yang sering tanpa disadari orangtua dalam memperlakukan anak diantaranya :
  • Menuruti segala kemauan anak alias memanjakan anak
  • Memberikan larangan bukan pilihan kepada anak
  • Mengandalkan hardikan dalam mendidik
  • Tidak memberikan keluwesan anak untuk berpikir dan bertidak
  • Sering menakut-nakuti anak saat malam hari, dll...

Agar anak-anak kita menjadi anak yang percaya diri, banyak cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak :

Tumbuhkan kemauan anak
  • Lakukan dengan dua cara, yaitu dengan membiasakan menjaga rahasia dan menahan diri. Saat anak belajar menjaga rahasia, tidak membocorkannya dan mampu menahan diri, maka kemauannya tumbuh dan menguat, sehingga rasa percaya dirinya menjadi besar.

Tumbuhkan rasa sosial anak
  • Anak yang sering berkomunikasi dan berinteraksi dengan lain (sebaya, orang tua dan lainnya), akan mudah tumbuh rasa kepercayaan dirinya. Anak menjadi tidak minder bergaul dengan anak yang lebih muda, sebaya, atau dengan orangtua sekalipun.

Tumbuhkan kepercayaan ilmiah anak
  • Dengan mengajarkan Al-Qur'an, sunnah, dan sirah (sejarah) Rasulullah Muhammad SAW yang agung, maka anak akan tumbuh dengan membawa ilmu yang luas dan kepercayaan ilmiah pada dirinya karena ia memiliki hakikat-hakikat ilmu yang diajarkan.

Tumbuhkan kepercayaan ekonomi anak
  • Biarkan anak-anak bermain jual-jualan, atau ajak anak ke pasar untuk membeli keperluan mereka sendiri bahkan kalau perlu, berikan kebebasan kepada mereka untuk memilih dan melakukan transaksi.


InsyaAllah anak-anak kita dapat tumbuh menjadi anak yang penuh percaya diri, amin
Wassalam,
baca selengkapnya- Tanya Kenapa Anak Tidak Percaya Diri?

Piknik Sebelum Piknik

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif.

Wah .. maksudnya apa ya,'Piknik sebelum Piknik?'. Yup, piknik memang selalu jadi acara favorit bagi keluarga. Tapi bagaimana kalau tempat piknik yang kita tuju jauh jaraknya, bisa berjam-jam? Aha .. ini dia maksud piknik sebelum piknik, yaitu menikmati piknik anggota badan dari ujung kepala sampai ujung kaki selama menempuh perjalanan menuju ke tempat piknik. Wah, khoq masih bingung ya ... langsung aja deh :

Piknik Mata
  • Kita bisa menikmati berbagai pemandangan selama perjalanan. Banyak hal-hal yang bisa kita lihat, misal : gunung, sawah, sungai atau kebun teh yang hijau dan banyak lagi.

Piknik Mulut
  • Kenapa tidak menikmati saja bekal makanan dan minuman yang kita bawa, asal jangan semua dihabiskan dan jangan membuang sampahnya sembanrangan ... hmmm nyam..nyam

Piknik Telinga
  • Setel musik dan bisa sambil goyang-goyang bersama. Musik yang kita degarkan tidak hanya dari tape mobil, bisa dari ipod, hp, atau mp3 ..ya kan! Haha .. musik memang bisa bikin kita ceria.

Piknik Kaki
  • Kalau duduk terlalu lama, wah bisa pegal dong. Ya sudah minta gantian pindah atau minta berhenti sebetar untuk istirahat sambil menghilangkan pegal-pegalnya. Pfiuuh pasti nyaman!

Selamat berpiknik banyak ya ...,wassalam
baca selengkapnya- Piknik Sebelum Piknik

Ada Apa Dengan 17 AGUSTUS 1945

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif,

Tanggal 17 Agustus 1945 adalah tonggak penting bagi sejarah negara Republik Indonesia tercinta ini. Di saat tanggal itulah dibacakan sebuah naskah yang isinya merupakan pernyataan menandakan Kemerdekaan Republik Indonesia. Naskah itu adalah teks "PROKLAMASI"

yang dibacakan oleh seorang tokoh pemuda yang bernama Ir. Soekarno, didampingi oleh pemuda bernama Drs. Mohammad Hatta di depan para pemuda dan didengar oleh seluruh rakyat Indonesia. Dua pemuda inilah yang menjadi founding negara kita, Republik Indonesia.

Nah itu tentang ada apa dengan 17 Agustus 1945 dan kalau mau lebih detail silahkan untuk melanjutkan di bawah ini. (saya copy dari wikipedia.org):

Detik-detik Pembacaan Naskah Proklamasi
---------------------------------------------------
Perundingan antara golongan muda dan golongan tua dalam penyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia berlangsung pukul 02.00 - 04.00 dini hari. Teks proklamasi ditulis di ruang makan di laksamana Tadashi Maeda jln Imam Bonjol No 1. Para penyusun teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Ahmad Soebarjo. Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno sendiri. Di ruang depan, hadir B.M Diah Sayuti Melik, Sukarni dan Soediro.

Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks Proklamasi Indonesia itu diketik oleh Sayuti melik. Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur 56 telah hadir antara lain Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani dan Trimurti. Acara dimulai pada pukul 10:00 dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih, yang telah dijahit oleh bu Fatmawati, dikibarkan, disusul dengan sambutan oleh Soewirjo, wakil walikota Jakarta saat itu dan Moewardi, pimpinan Barisan Pelopor.

Pada awalnya Trimurti diminta untuk menaikkan bendera namun ia menolak dengan alasan pengerekan bendera sebaiknya dilakukan oleh seorang prajurit. Oleh sebab itu ditunjuklah Latief Hendraningrat, seorang prajurit PETA, dibantu oleh Soehoed untuk tugas tersebut. Seorang pemudi muncul dari belakang membawa nampan berisi bendera Merah Putih (Sang Saka Merah Putih), yang dijahit oleh Fatmawati beberapa hari sebelumnya. Setelah bendera berkibar, hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya.[4]. Sampai saat ini, bendera pusaka tersebut masih disimpan di Museum Tugu Monumen Nasional.

Setelah upacara selesai berlangsung, kurang lebih 100 orang anggota Barisan Pelopor yang dipimpin S.Brata datang terburu-buru karena mereka tidak mengetahui perubahan tempat mendadak dari Ikada ke Pegangsaan. Mereka menuntut Soekarno mengulang pembacaan Proklamasi, namun ditolak. Akhirnya Hatta memberikan amanat singkat kepada mereka.


Isi Teks Proklamasi
------------------------
Isi teks proklamasi kemerdekaan yang singkat ini adalah:


Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan


dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.


Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05


Atas nama bangsa Indonesia.


Soekarno/Hatta


Di sini ditulis tahun 05 karena ini sesuai dengan tahun Jepang yang kala itu adalah tahun 2605.

Naskah Otentik
-------------------
Teks diatas merupakan hasil ketikan dari Sayuti Melik (atau Sajoeti Melik), salah seorang tokoh pemuda yang ikut andil dalam persiapan proklamasi.

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.


Hal² jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan


dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.


Djakarta, 17-8-45


Wakil2 bangsa Indonesia




Dirgahayu Republik Indonesia ke-65 ... Merdeka!
Wassalam
baca selengkapnya- Ada Apa Dengan 17 AGUSTUS 1945
Kata Sahabat :