Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Selasa

Yuk! ... Kenali Jenis-jenis Gambar

Salam cerdas kreatif,

Mungkin kita pernah dengar istilah kartun, karikatur, komik atau animasi. Tapi, tahu nggak apa arti masing-masing istilah itu?

KARTUN
Kartun berasal dari bahasa Italia "Cartone" yang artinya kertas. Kartun adalah gambar sederhana yang biasanya berisi cerita lucu/jenaka, humor bahkan kritikan. Kartun ada yang menggunakan kalimat penjelas gambar, ada juga yang tidak. Jenis-jenis kartun antara lain kartun editorial, kartun murni. Kartun editorial adalah kartun sindiran atau kritik yang biasanya ada di majalah atau koran. Kartun murni adalah kartun yang hanya berisi lelucon atau humor.






KARIKATUR
karikatur adalah gambar yang melebih-lebihkan bagian tertentu dari seseorang hingga tampak lucu. Tapi meskipun berlebihan, karikatur menampilkan satu ciri khas orang yang digambar, sehingga mudah dikenali banyak orang. Karikatur merupakan bagian dari kartun.




KOMIK
Komik biasanya disebut buku cerita bergambar, karena isinya berupa gambar-gambar yang disusun berurutan dan saling berhubungan. Komik ada yang dibuat satu kotak yang disebut komik strip, ada juga yang dibuat bersambung. Ciri khas dari komik, pada umumnya ditandai adanya balon kata-kata (dialog).










ANIMASI
Animasi adalah rangkaian gambar kartun yang dapat bergerak. dulu pembuatan kartun animasi banyak diperlukan ribuan gambar, tetapi sekarang dengan adanya komputer, animasi dapat lebih mudah dikerjakan dan waktunya lebih singkat.






Nah itu tadi beberapa penjelasan singkat mengenai gambar-gambar yang sering kita jumpai.
Semoga bermanfaat untuk sahabat Dunia Anak Kita ... salam.

0 komentar:

Poskan Komentar

Kata Sahabat :