Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Jumat

Test IQ, Apa Sih Yang Diuji?


Salam cerdas kreatif,

Mungkin ada anak-anak kita atau bahkan kita sendiri yang telah menjalani tes IQ dan memperoleh hasilnya. Apa yang didapat dari hasil tersebut? Saat kita memperoleh hasil test anak kita dan mempunyai hasil yang tinggi( diatas rata-rata) bisa jadi kita bangga apalagi kalau bisa masuk dalam kategori sangat cerdas/jenius!, tetapi bagaimana kalau sebaliknya?

Pernahkah terpikir oleh Anda apakah sebenarnya yang diukur dengan tes IQ tersebut? Secara umum yang diuji dalam test IQ hanyalah dua jenis kecerdasan, yaitu:
1. Kecerdasan Linguistik/bahasa
2. Kecerdasan Logika matematika.

dari ahli di bidang kecerdasan, Howard Gardner (Multiple Intelligence-MI), kita tahu bahwa manusia memiliki banyak KECERDASAN :
1. Kecerdasan Linguistik/bahasa
2. Kecerdasan Logika matematika
3. Kecerdasan Interpersonal
4. Kecerdasan Intrapersonal
5. Kecerdasan Naturalis
6. Kecerdasan visual Spasial
7. Kecerdasan Musik
8. Kecerdasan Kinestetik
dan yang ke-9. Kecerdasan Spiritual/Eksistensial.

Dari hal tersebut di atas, kalau hanya dengan tes IQ yang hanya menguji 2 jenis kecerdasan, maka kurang bijaksana jika kita membiarakan hasil tes ini mendikte hidup kita bahkan anak-anak kita. Mengapa?

Karena tes tes IQ sebenarnya hanya menguji sebagian kecil dari aspek kecerdasan manusia.

Semoga bermanfaat ... salam.

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :