Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Jumat

Jangan Paksa Anak Untuk 3M (Menghitung, Membaca dan Menulis)!


Salam cerdas kreatif,

Himbauan ini ditujukan untuk anak-anak kita yang berusia s/d 6 tahun, kenapa? Karena anak-anak di usia tersebut yang lebih banyak berkembang otak kanannya. Maka pelajaran seperti seni (menggambar, mewarnai, musik, tari, dll), latihan motorik halus dan kasar, olah raga, bermain dan sosialisasi yang seharusnya menjadi porsi yang lebih utama.

Tapi bagaimana dengan tuntutan kebijakan-kebijakan Sekolah Dasar (SD) yang mewajibkan anak sudah harus bisa baca dan tulis?

Sebenarnya belajar 3M bisa-bisa saja, yang penting CARA PEMBELAJARANNYA. Jika cara belajar melibatkan penggunaan otak kanan, maka akan terasa mudah bagi anak.

Untuk anak Playgroup
Bisa dimulai dengan yang paling sederhana yaitu pengenalan, menggunakan cara dan media yang melibatkan otak kanan, misal:- mewarnai huruf tau kata sambil mengenal huruf dan kata
- menyanyikan lagu tentang pengenalan huruf dan angka.

Untuk anak TK A
Bisa dengan media yang lebih susah namun dikemas dengan menarik sesuai dunia anak TK, misal:
- menghitung jumlah binatang atau mainan dalam permainan.

Untuk anak TK B
Bisa ditingkatkatkan lagi menerapkan prinsip bermain dan bukan sekolah dengan tetap bermain, bernyanyi, menari. Dengan prinsip itu maka interaksi pelajaran yang diberikan bisa diterima anak bahkan bisa menjadi semacam terapi sehingga otak kanan dan otak kiri tumbuh seimbang.

Sekali lagi, JANGAN PAKSA anak anak utuk 3M, karena bagi anak usia s/d 6 tahun 3M hanyalah pengenalan. Jika DIPAKSA, maka anak akan BISA tetapi TIDAK SUKA.

Mendidik anak adalah "LONG MARCH", jangka panjang, tidak perlu buru-buru, biarkan anak berkembang dengan tahapan-tahapan yang benar demi kesuksesan jangka panjang. Dalam usia tersebut yang utama adalah kecerdasan Emosi dan Sosial.

Semoga bermanfaat ... salam.

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :