Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Senin

Menabung Itu SERU!


Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif.

Dari buku sejarah, celengan berasal dari jaman Majapahit abad 14-15 yang membuktikan adanya kebiasaan menabung. Ini menandakan bahwa uang sangat penting sebagai alat jual beli yang harus disimpan, supaya sewaktu-waktu bisa dipakai pada saat dibutuhkan

Dari Mana Uangnya?
Kalau orang tua, uang bisa berasal dari gaji atau usaha. Lalu bagaimana dengan kita sbagi anak-anak?, kan belum punya gaji atau usaha? Enggak perlu khawatir dan mudah kok. Bukankan, kita juga bisa menabung dengan menyisihkan uang saku sekolah. Uang pemberian dari bibi, paman atau saudara juga bisa kan!

Tujuannya Apa?
Saat kita punya uang, apalagi banyak ... wah tentunya mau beli ini ... beli itu? pokonya kalau bisa semua dibeli ya ... hihiiii. Wah bisa gagal total dong rencana menabungnya. Untuk itu tetapkan dulu, tujuan kita menabung, untuk apa?Kalu kita punya tujuan dan alasan kuat, tentunya kita bisa berhasil menabung.

Misal, di tahun depan ingin punya sepeda baru. Nah dengan menabung, InsyaAllah tahu depan kita bisa membeli sepeda yang kita inginkan atau mendapatkan apa yang kita inginkan. Dengan menabung, kita juga bisa mengurangi dan menahan keinginan-keinginan yang tidak perlu sekali.

Truss Menabungnya Dimana?
1. Celengan
Cring ! cring ! terdengar suara koin yang kita masukkan ke celengan... wow makin semangat dong kita menabung. Yup, menabung di celengan memang seru, tetapi ada kekurangannya lho...seperti :
  • celengan bisa hilang bahkan dicuri,
  • kalau menabung dengan uang kertas ke dalam celengan, lama kelamaan uang kita bisa berjamur dan rusak
  • jumlah uang yang kita tabung terbatas karena tempat celengan terbatas

2. Bank
Kalau celengan kita sudah penuh, enggak usah beli celengan lagi. kita bisa menabung di bank saja. Menabung di bank banyak keuntungannya, seperti :
  • jumlah uang yang kita tabung tak terbatas
  • banyak program yang menari khusus anak-anak
  • kita bisa punya account atas nama kita sendiri
  • bisa memiliki ATM (Automatic Teller Machine)sendiri
  • bisa mengambil dimana saja dan kapan pun
  • uang kita tidak akan berkurang bahka bertambah
  • uang tabungan kita pasti lebih aman karena dijamin dan dilindungi asuransi

Yup, kapan lagi kita menabung. Jangan tunda ya .. karena menabung itu SERU lho !

Selamat menabung ... wassalam

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :