Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Jumat

Membiasakan Anak Tidak Jajan

Salam cerdas kreatif,

Di posting saya terdahulu, "Waspadai Jajanan Yang Berbahaya Di Sekolah" orang tua harus lebih berhati-hati jika anaknya suka jajan di sekolah. Memang lebih baik kalau anak membawa bekal sendiri dari pada jajan, karena kebersihan dan kesehatan anak akan lebih terjamin.

Tetapi untuk membiasakan agar anak tidak jajan dibutuhkan kiat-kiat yang efektif dan kesabaran. Ini ada beberapa kiat yang telah saya lakukan terhadap anak saya dan alhamdulillah, sekarang anak saya tidak suka jajan bahkan hampir tidak pernah!

1. Membiasakan sarapan.
Dengan membiasakan sarapan, perut anak yang berisi olahan makan di rumah akan dapat menahan keinginannya untuk jajan.

2. Membiasakan membawa bekal sendiri
Jika anak kurang suka sarapan, ada baiknya membekali anak dengan bekal dari rmah. Bekal tidak harus diolah sendiri, bisa juga berupa jajanan yang dibeli dari tempat yang bersih dan aman bagi kesehatan.

3. Beri pengertian tentang bahaya jajanan
Dengan memberi pengertian akan bahaya yang dapat ditimbulkan jika jajan sembarang, diharapkan anak akan mampu mengontrol keinginannya untuk jajan.

4. Berikan contoh.
Orang tua yang tidak suka jajan akan lebih mudah meminta anak untuk tidak jajan. Anak akan lebih cepat belajar dari apa yang dilihat, dari pada apa yang diajarkan

5. Membiasakan menabung
Menanamkan kebiasaan menabung kepada anak, dapat menekan keinginan anak untuk jajan. Dengan menabung, anak dapat membeli barang kesukaannya. Ya, hasil tabungan dari uang saku yang didapat akan semakin banyak, karena anak tidak jajan.

Jika terpaksa harus jajan, pilihlah tempat jajan yang bersih. Tempat jajan yang bersih diharapkan akan terbebas dari kuman ataupun pencemar zat-zat adiktif yang berbahaya bagi kesehatan anak.

Semoga bermanfaat ... salam
Diah, pemerhati anak dan pecinta Mind Mapping

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :