Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Sabtu

DAHSYATNYA MANFAAT CUCI TANGAN


Salam Cerdas Kreatif,

Jangan pernah menganggap remeh manfaat cuci tangan !
Seperti kita ketahui, tangan adalah bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda-benda di sekitar kita, yang belum tentu terjamin kebersihannya. Dengan begitu akan mudah pula kuman menempel di tangan kemudian berpindah ke tempat lain.

Jika itu terjadi, maka banyak penyakit yang dapat ditularkan melalui tangan yang belum/tidak cuci tangan, antara lain : influenza, meningitis, hepatitis A, diare, penyakit kulit dan gangguan usus, serta yang lainnya.

Pada banyak kasus, penyakit-penyakit tersebut bisa berujung pada kematian. Seperti contoh jika tangan menyentuh tinja, maka tangan akan terkontaminasi lebih dari 10 juta virus dan 1 juta bakteri yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Kapan harus cuci tangan ?

Lakukan sesering mungkin secara berkala dengan benar ketika :
• Sebelum dan sesudah menyiapkan makanan/memasak. Cucilah tangan dengan sabun, ini dapat megurangi resiko terkena/menyebarkan bakteri yang menyebabkan makanan beracun.
• Sebelum dan sesudah makan.
• Usai buang air kecil/besar, juga sehabis mengganti popok si kecil.
• Sesudah bersin, batuk, membuang ingus.
• Sehabis memegang barang yang kotor.
• Setelah bermain/memegang/memberi makan binatang peliharaan.Sehabis bepergian/main di luar rumah dan kegiatan lainnya.

TIPS CUCI TANGAN yang TEPAT :
  • 1. Cuci tangan dengan air (akan lebih sempurna jika airnya hangat) mengalir dan gunakan sabun. Tak perlu harus sabun khusus antibakteri, namun lebuh disarankan sabun yang berbentuk cairan.
  • 2. Gosok tangan setidaknya selama 15-20 detik.
  • 3. Bersihkan bagian pergelangan tangan, punggung tangan, sela-sela jari dan kuku.
  • 4. Gunakan tisu/handuk sebagai penghalang ketika mematikan keran air, Karena bagian itu sudah menjadi kotor saat Anda membuka/memutarnya ketika akan mencuci tangan.

Jangan pernah bosan untuk melakukannya, termasuk memberi contoh pada anak. Hanya dengan sekian detik mengorbankan waktu utuk cuci tangan, kita tak perlu buang-buang waktu dan uang karena harus terbaring di rumah sakit.

Semoga bermanfaat ... salam.
Sumber : Nova (Agustus 09)

0 komentar:

Poskan Komentar

Kata Sahabat :