Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Senin

Tips Mengajak Anak Agar Mau & Ikut Berpuasa Di Bulan Ramadhan


Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif.

Alhamdulillah, bulan Ramadhan yang suci dan penuh berkah telah tiba dan kita semua umat muslim diwajibkan untuk menjalankannya. Bagi orang dewasa, menjalankan ibadah puasa bukanlah hal berat dan menakutkan, karena memiliki niat dan fisik yang kuat. Lalu bagaimana dengan anak-anak kita?.

Mengajarkan anak berpuasa perlu cara yang tepat, sehingga paling penting adalah bagaimana cara orangtua mengajak anak untuk ikut berpuasa di bulan Ramadan ini. Tapi jangan memaksakan kehendak jika sang anak belum siap berpuasa.

Sebagian orangtua mulai mengenalkan puasa saat anak masih TK atau awal masuk sekolah dasar. Tidak salah, karena ditinjau dari segi kesehatan, anak dapat diajarkan puasa secara efektif sejak berusia 4 tahun.

Mengajarkan anak berpuasa sejak umur 4 tahun tentunya sangat berkaitan dengan faktor tumbuh kembang anak. Usia itu seorang anak memiliki kondisi tumbuh kembang yang harus jadi pertimbangan utama orangtua dalam mengajarkan puasa.

Garis besarnya anak usia balita mengalami pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang memerlukan asupan nutrisi (zat makanan) mencukupi untuk jadi bahan dasar dan bahan bakar proses tersebut. Kerja enzim yang diproduksi dalam saluran cerna anak berbeda fungsi dengan orang dewasa. Selain kerja sistem pencernaan, enzim yang terdapat dalam usus juga berfungsi untuk membantu proses tumbuh kembang yang ada.

Seorang pendidik di Banjarbaru, Isnaeni SE, mengungkapkan, sebaiknya mulai mengajarkan puasa itu secara bertahap. Misalnya puasa dari sahur hingga Zuhur lalu berbuka dan melanjutkan puasa kembali hingga Magrib karena ini merupakan salah satu proses pembelajaran bagi anak.

“Anak akan mau dengan sendirinya untuk melakukan puasa jika orangtua sering memberikan informasi mengenai manfaat dan pengertian puasa,” ujar Kepala Sekolah MTsN Nurul Hikmah ini.

Saat mulai mengajarkan berpuasa pada anak, ajaklah dengan cara yang menyenangkan, pilihlah kata-kata yang positif, tidak menyuruh, tidak membentak dan jangan membuat anak terpaksa melakukannya.

"Boleh memotivasinya dengan cara memberi hadiah. Jika anak puasa setengah hari, dapat buku tulis. Jika melanjutkan puasa hingga sore hari, hadiahnya lebih besar lagi,” seloroh Isnaeni. (dea)

Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa :)

sumber: http://banjarmasin.tribunnews.com/read/artikel/2011/7/21/92352/Mengajarkan-Anak-Berpuasa-Sejak-Dini

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :