Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Senin

Yuk, Berlibur Kreatif!


Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif.

Suasana malam minggu yang hangat, berkumpul bersama buah hati tercinta sambil membahas prestasi yang baru saja diterimanya setelah satu tahun ajaran diselesaikannya.Lantas, kemanakah liburan akan kita lakukan?

Liburan yang akan dijalani sebenarnya bisa saja membentuk anak-anak kita menjadi anak yang kreatif. Bicara tentang anak kreatif, banyak sekali dari kita yang sedikit-sedikit bilang..."wah, anakku kreatif banget deh..." atau "kok kamu nggak kreatif gitu sih? ". Sebenarnya bagaimanakah proses kreativitas pada anak akan muncul?

Kreativitas akan tumbuh pada lingkungan psikologis yang aman dan nyaman bagi anak. Karena anak-anak akan berani mencoba dan mengemukakan berbagai macam gagasannya apabila ia merasa diterima dan dicintai oleh lingkungannya. Sebaliknya, jika suasana tidak nyaman...hmmm bisa dibayangkan, anak akan lebih banyak ragu-ragu dan merasa tertekan.

Gunakan strategi 4P dalam pengembangan kreativitas anak :
  • Press, dengan cara menciptakan lingkungan yang penuh kasih sayang bersama keluarga, kehangatan serta dukungan untuk setiap hal yang dilakukan anak.
  • Process,ketika suasana sudah sangat nyaman bagi anak, maka berikan kesempatan seluas-luasnya bagi anak untuk bersibuk diri secara kreatif.
Jika hal ini sudah dijalankan, maka akan muncul
  • Person yang memiliki ciri kepribadian kreatif, apa saja sih diantaranya ciri kepribadian kreatif? adanya kelancaran, orisinalitas ide, keluwesan serta elaborasi dari ide yang dimilikinya.
Dan akhirnya, akan muncul
  • Product kreatif atau hasil dari gagasan-gasan baru tersebut.

Hmmm, menyenangkan yah, jika kita bisa menjadikan liburan kali ini dengan menciptakan lingkungan yang kreatif.

Selamat berlibur, wassalam
oleh: Muhammad Chalid

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :