Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Kamis

Akhirnya Kutahu Makna Ketupat Lebaran


Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Sobat, tahu ngga' bagaimana rasa sayur tanpa garam? waah pasti sudah tahu kan. Begitu juga tradisi Lebaran di Indonesia tercinta ini, kalau lebaran tanpa ketupat rasanya sama dengan sayur tanpa garam. Ya, ternyata ketupat atau kupat mempunyai peran dan makna yang sangat luar biasa!.

Menurut sumber dari Malay Annal (1912) oleh HJ de Graaf:
------------------------------------------
  • Disebutkan, bahwa ketupat atau kupat merupakan simbol perayaan hari raya umat Islam. Ini terjadi pada masa pemerintahan Demak yang dipimpin Raden Fatah pada awal abad ke-15.
  • Mengapa janur yang dipilih sebagai pembungkusnya?, De Graaf menduga-duga secara antropologis bahwa hal itu berfungsi sebagai identitas budaya pesisiran karena pohon kelapa kebanyakan tumbuh di dataran rendah. Selain itu, warna kuning memberi arti khas untuk membedakan dari warna hijau dari Timur Tengah dan merah dari Asia Timur. (wah ... bener juga pendapat De Graaf ini).

Dari bentuknya:
------------------------------------------
  • Ketupat dibuat dari anyaman janur kuning. Ini menggambarkan jalinan erat silaturrahmi yang bersatu dan saling menguatkan. Bisa jadi ini simbol pentingnya persatuan dan kesatuan! (benar ngga?).

Dari budaya :
------------------------------------------
Budaya Jawa
  • Ketupat, kupat dalam budaya Jawa disebut sebagai “Jarwa dhosok” yang berarti “ngaku lepat”. Makna yang terkandung adalah agar seseorang segera mengakui kesalahannya apabila berbuat salah. Dan saat lebaran dihidangkan ketupat maksudnya bahwa semua kesalahan dapat lepas dan dimaafkan pada hari tersebut, karena saat hari Lebaran Idul Fitri adalah hari dimana arti fitri adalah kembali kepada kesucian hati.

Budaya Sunda
  • Ketupat dalam bahasa Sunda juga disebut kupat. Makna yang terkandung adalah agar seseorang jangan suka ngupat, yaitu membicarakan hal-hal buruk pada orang lain karena akan membangkitkan amarah.

Dari keterangan di atas, bisa jadi ini yang menyebabkan ketupat atau kupat selalu ada di saat lebaran. Dan patut disyukuri bahwa dengan adanya tradisi ketupat lebaran ini, paling tidak ketupat atau kupat bisa menjelaskan Hakikat Idul Fitri yang mengajarkan pentingnya silaturrahmi dan menjadikan manusia pemaaf atas semua kesalahan ... alangkah indahnya!!!

Wassalam,

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :