Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Kamis

Trik Mendongeng Lebih Heboh


Salam cerdas kreatif,

Mendengarkan dongeng bagi anak akan memacu perkembangan emosi, imajinasi, kreativitas serta ide-ide yang luar biasa hebat. Anak akan panen nilai positf dari dongeng. tapi bagaimana bila yang mendongeng hanya sekedar mendongeng dan berulang-ulang? Anak akan cepat bosan.

Kalau sudah begitu, harus segera mencari trik-trik jitu dan sederhana, agar mendongeng tidak menjadi kegiatan membosankan.

1. Gunakan gambar.
Dengan gambar, akan sangat membantu anak untuk memahami inti dari cerita adri pada sekedar tulisan. Pilih buku cerita dengan gambar menarik dan penuh warna yang bisa membuat si anak terlena ketika Anda.

2. Buat versi lain.
Cerita si Kancil mencuri ketimun atau putri Cinderela yang seperti itu-itu saja dapat membuat bosan anak. Buat versi lain dari dongeng-dongeng itu. Misal : sikancil mencuri pizza atau Cinderela dengan kereta api meuju ke pesta (bukan kereta kuda lagi).

3. Buat cerita sendiri.
Pengalaman sehari-hari sang anak pun bisa dibuat menjadi dongeng yang heboh dengan menggunakan kosa kata yang penuh imajinasi. Misalnya, daripada menggunakan "Adek pergi ke sekolah bersama Ayah dengan mobil," lebih seru jika Anda memilih, "Adek bertualang bersama Ayah ke gua berlapis es krim dengan mobil batman."

4. Manfaatkan hobi bersama.
Suka melakukan kegiatan bersama anak? Ketika melakukannya, akan lebih menarik jika diselipkan cerita-cerita karangan sendiri yang membuatnya lebih bersemangat menjejaki setiap langkahnya.

5. Bebaskan anak berimajinasi.
Jangan anggap remeh anak Anda, meski kecil tapi daya imajinasinya luar biasa dan tak terduga. Jadi, tak masalah (malah bagus) jika anak ingin ceritanya berkembang berdasarkan yang ia inginkan. Ikuti saja khayalan akan dongengnya, dan anak akan merasa dilibatkan dan bisa mengekspresikan dirinya.

6. Jangan malu menjadi anak kecil.
Tak masalah Anda menggunakan aneka macam suara aneh atau gerakan-gerakan yang ekspresif untuk menggambarkan tokoh-tokoh dalam cerita dongeng. Jika anak suka dengan cerita superhero yang bisa terbang, jangan segan menggendongnya lalu "menerbangkannya".

Dan masih banyak lagi trik yang bisa membuat dongeng lebih heboh.
Silahkan anda menambahkan agar lebih heboh yaa....

Selamat mencoba ... salam.
Intisari dari Paul Arinaga (pemilik The Child Stories Bank).

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :