Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Selasa

Panen Nilai Positif Dari Dongeng

Salam cerdas kreatif,

Sekarang ini jarang sekali atau bahkan sudah tidak ada lagi?, orang tua yang mendongeng untuk anaknya, baik di waktu yang senggang atau menjelang anak tidur. Kalau ini benar terjadi, sangat disayangkan. Ini terlihat dengan banyak muncul event-event yang diadakan mendongeng untuk anak-anak yang sebenarnya dapat dilakukan oleh orang tua anak.

Mendongeng untuk anak memang terlihat sepele, padahal dari dongeng banyak sekali nilai-nilai positif yang di dapat bagi buah hati tercinta.

Dari dongeng , anak akan panen nilai-nilai positif, diantaranya:
  • 1. Munculnya ide-ide yang luar biasa dari anak.
  • 2. Mengenal & membangun nilai etika.
  • 3. Mengenal & membangun nilai kebersamaan
  • 4. Mengenal & membangun nilai perjuangan
  • 5. Mengenal & membangun nilai pengorbanan
  • 6. Mengenal & membangun nilai kepahlawan
  • 7. Terbuka lebar akan warna-warni dunia
  • dan masih banyak lagi lho ....
Dari dongeng, anak-anak dapat meraih potensi mereka yang masih terpendam.

Seperti yang dikatakan Helen Heard (penulis The Educational Benefits of Story Telling) dan Jacob dan salah satu pencerita ulung di dunia : Wilhelm Grimm, mengaku lewat cerita yang mereka tulis, ada pesan moral yang diselipkan. Anak mengenal nilai-nilai kesopanan, perjuangan, hingga kepahlawanan dari dongeng yang diceritakan.

Jangan ragu lagi mulai sekarang luangkan waktu untuk mendongeng bagi buah hati Anda, karena dari mendongeng punya banyak manfaat! dan untuk melakukannya tak harus terpaku dengan yang baku. Atau Anda termasuk salah satu orangtua yang tak pernah melewatkan kesempatan ini bersama anak?.. Alhamdulillah.

Semoga bermanfaat ... salam.

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :