Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Senin

Tanya Kenapa Anak Tidak Percaya Diri?

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Sikap orang tua mempunyai pengaruh yang besar terhadap tumbuhnya kepercayaan diri anak. Bisa jadi, kesalahan orang tua dalam memperlakukan anak-anaknya akan berakibat fatal pada perkembangan jiwanya di kemudian hari. Anak makin tidak percaya diri, dan akibatnya tumbuh menjadi anak yang minder dan penakut ... wah jangan yaaa!

Berikut beberapa kesalahan yang sering tanpa disadari orangtua dalam memperlakukan anak diantaranya :
  • Menuruti segala kemauan anak alias memanjakan anak
  • Memberikan larangan bukan pilihan kepada anak
  • Mengandalkan hardikan dalam mendidik
  • Tidak memberikan keluwesan anak untuk berpikir dan bertidak
  • Sering menakut-nakuti anak saat malam hari, dll...

Agar anak-anak kita menjadi anak yang percaya diri, banyak cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak :

Tumbuhkan kemauan anak
  • Lakukan dengan dua cara, yaitu dengan membiasakan menjaga rahasia dan menahan diri. Saat anak belajar menjaga rahasia, tidak membocorkannya dan mampu menahan diri, maka kemauannya tumbuh dan menguat, sehingga rasa percaya dirinya menjadi besar.

Tumbuhkan rasa sosial anak
  • Anak yang sering berkomunikasi dan berinteraksi dengan lain (sebaya, orang tua dan lainnya), akan mudah tumbuh rasa kepercayaan dirinya. Anak menjadi tidak minder bergaul dengan anak yang lebih muda, sebaya, atau dengan orangtua sekalipun.

Tumbuhkan kepercayaan ilmiah anak
  • Dengan mengajarkan Al-Qur'an, sunnah, dan sirah (sejarah) Rasulullah Muhammad SAW yang agung, maka anak akan tumbuh dengan membawa ilmu yang luas dan kepercayaan ilmiah pada dirinya karena ia memiliki hakikat-hakikat ilmu yang diajarkan.

Tumbuhkan kepercayaan ekonomi anak
  • Biarkan anak-anak bermain jual-jualan, atau ajak anak ke pasar untuk membeli keperluan mereka sendiri bahkan kalau perlu, berikan kebebasan kepada mereka untuk memilih dan melakukan transaksi.


InsyaAllah anak-anak kita dapat tumbuh menjadi anak yang penuh percaya diri, amin
Wassalam,

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :