Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Senin

Jangan Abaikan Perasaan Anak


Salam cerdas kreatif,

Sering kali sikap orang dalam mencurahkan kasih sayang , tanpa disadari justru bisa bersikap mengabaikan atau meremehkan perasaan anak. Padahal, saat anak mengungkapkan perasaannya adalah saat penting bagaimana anak bisa mengelola emosinya.

  • Saat anak sedih
  • Orang tua menganggap anak cengeng. Dengan bersikap seperti ini, seakan anak tidak boleh bersedih dan tidak punya alasan untuk sedih.

  • Saat anak marah
  • Orang tua menganggap anak rewel, nakal, suka melawan, keras kepala atau tidak sopan. Begit pula saat orang tua mengabaikan perasaan marah. Seakan seorang anak harus selalu gembira dan tidak punya alasan untuk marah. Bahkan ada pula orang tua yang menghukum jika anak menunjukkan kemarahan.

Sudah seharusnya orang tua mengajarkan anak untuk mengenal perasaan negatif yang dirasakannya, serta tahu bagaimana mengungkapkan dan mengatasinya dengan baik. Sikap orang tua yang mengabaikan atau meremehkan anak akan membuat anak meyakini bahwa persaan yang dialaminya itu salah dan tidak sepantasnya diungkapkan. Akibatnya anak mengalami kesulitan dalam memahami dan mengendalikan perasaan mereka sendiri.

Ketrampilan anak dalam mengelola emosi akan menjadikannya terampil berhubungan dengan orang lain. Ketrampilan yang sangat penting dalam pergaulan. Anak yang terampil mengelola emosi umumnya memiliki harga diri (self esteem) yang tinggi dan terampil memecahkan masalah.

Salam ...

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :