Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Rabu

Hindari Kebiasaan Yang Dapat Merusak Otak Kita


Salam cerdas kreatif,

Otak merupakan pusat pengendali dari berbagai aktifitas kehidupan manusia. Baik itu pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Lalu bagaimana kalau otak menjadi rusak hanya karena melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak kinerja otak. Tentu kita bisa membayangkan akibatnya!

Untuk itu kita wajib menyayangi otak kita dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti :

Tidak sarapan
  • Banyak orang menyepelekan sarapan, padahal tidak mengkonsumsi makanan di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak.

Terlalu banyak makan
  • Terlalu banyak makan mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun kita pada menurunnya kekuatan mental.

Merokok
  • Merokok ternyata berakibat sangat mengerikan pada otak kita. Bayangkan, otak kita bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya. Tak ayal diwaktu tua kita rawan Alzheimer.

Terlalu banyak mengkonsumsi gula
  • Terlalu banyak asupan gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu.

Polusi udara
  • Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien.

Kurang tidur
  • Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak justru mati kelelahan.

Menutup kepala ketika sedang tidur
  • Tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar. Jangan heran kalau lama kelamaan otak menjadi rusak.

Berpikir terlalu keras ketika sedang sakit
  • Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak.

Kurang menstimulasi otak
  • Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak kita.kurangnya stimulasi otak akan menyebabkan mengkerutnya otak kita.

Jarang berkomunikasi
  • Komunikasi merupakan salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. jarang berkomunimasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.


Semoga bermanfaat ... salam
dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :