Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Sabtu

Tips Memilih Mainan Anak


Salam cerdas kreatif,

Pendapat para pakar perkembangan anak bahwa salah satu faktor penting pola pembentukan karakter anak adalah dengan mainan. Karena itulah, peran orang tua sangat diperlukan dalam memilih berbagai mainan anak untuk mengarahkan perkembangan anak pada hal yang positif.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih mainan anak:

1. Faktor jenis kelamin.
  • Memilihkan mainan sesuai dengan jenis kelaminnya akan dapat meperkenalkan karakter mereka sebagai perempuan atau laki-laki. Seperti, anak perempuan cenderung lebih memilih mainan yang bersifat lembut dan penuh kasih sayang untuk dimainkan, seperti boneka, mainan alat-alat masak-masakan atau hiasan-hiasan kecil yang berwarna warni. Sedangkan anak laki-laki biasanya cenderung lebih memilih mainan yang bersifat tangkas, aktif, menantang, dan tentu saja menarik bagi mereka, seperti: pistol-pistolan, mobil-mobilan dengan remote kontrol, dan lain-lain.

2. Faktor umur.
  • Dengan bertambahnya umur anak, berkembangan pula keinginan anak untuk mencari hal-hal baru.Biasanya anak akan tertarik melihat mainan baru dan meninggalkan mainan lamanya. Mengingat aktifitas anak akan makin bertambah, maka keamanan dan keselamatan anak adalah yang utama.

3. Faktor bakat atau tingkah laku.
  • Dengan melihat tingkah laku anak, orang tua dapat memilih mainan yang sesuai. Ini akan mempengaruhi perkembangan bakat anak, misal:
- Anak bersikap tenang saat mendengarkan musik, dapat memilihkan mainan berupa intrument musik kecil seperti piano mainan atau gitar kecil, karena mungkin saja anak mempunyai bakat sebagai musisi.
- Anak suka menyusun sesuatu, dapat memilihkan mainan balok bersusun, lego dan sejenisnya, karena bisa saja anak nantinya menjadi arsitek yang hebat.
- Anak senang dengan perang-perangan, dapat memilihkan mainan berupa pistol-pistolan, tank atau pesawat dengan remote control. Siapa tahu anak mempunyai bakat menjadi ABRI ataupun tentara.


Semoga bermanfaat ... salam,
intisari : Mainan dapat membentuk karakter anak

2 komentar:

Printer kasir mengatakan...

Tips yang sangat menarik, Karena kita juga harus memastikann Mainan yang kita berikan, aman untuk anak.

Dunia Anak Kita mengatakan...

Wah setuju sekali, apalah manfaat mainan yang bagus, kreatif kalau tidak aman untuk anak kita? Makasih tuk tambahannya & salam.

Posting Komentar

Kata Sahabat :