Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Jumat

Apakah Ikan Juga Tidur?

Salam cerdas kreatif,

Kala kita perhatikan ikan-ikan yang ada aquarium, kolam selalu gerak sana sini sepertinya ikan enggak pernah tidur ya? Tetapi sebenarnya ikan juga tidur lo. Hanya tidur ikan berbeda dengan manusia.

Ya, ikan tidak punya kelopak mata, kecuali ikan hiu. Jadi saat tidurpun, mata ikan tetap terbuka. Makanya, jadi agak sulit mengetahui apakah seekor ikan sedang tidur atau tidur.Saat tidur, ikan tidak benar-benar terlelap. Ikan masih setengah sadar,karena harus waspada dari pemangsanya. Saking waspadanya, riak air kecilpun bisa membangunkan tidur ikan. Tidak seperti kita ya, walau ada suara/musik keras kita masih bisa terlelap ... hihihi..

Gaya tidur ikanpun, bermacam-macam. Ada yang masuk ke tempat persembunyiannya, ada yang bergerak perlahan-lahan dan ada yang benar-benar diam. Selain gaya tidur, ada juga ikan yang sebelum tidur, bersiap-siap dulu. mIsalnya, ikan kakaktua yang mengeluarkan lendir seperti jeli. Lendir itu akan menutupi tubuhnya dari pemangsa. BEntuk lendir pelindungnya mirip kepompong transparan. Nah jika sudah siap semuanya, langsung deh ikan kakaktua itu .... zzzzz.. alias tidur.


Semoga bermanfaat ... salam.
sumber : ensiklopedia hewan air

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :