Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Senin

Tips Berpuasa Sehat Untuk Si Buah Hati

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif.

Siapapun orang tua pasti bangga jika buah hatinya menjalankan puasa bersama keluarga. Bangga boleh, tapi harus diperlukan perhatian khusus untuk menu makanan saat sahur dan buka puasa. Agar kesehatan buah hati saat berpuasa tetap terjaga.

Berikut ada tips berpuasa sehat untuk buah hati anda, yang saya kutip dari dr. Attila Dewanti, Sp.A, (artikel nakita) :

Saat Sahur
  • * Jangan berikan makanan yang merangsang seperti es dan makanan pedas pada saat sahur.
  • * Saat sahur, utamakan makanan sumber protein dan lemak selain karbohidrat, seperti daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan. Lemak dan protein ini akan menjadi cadangan energi yang lebih tahan lama ketimbang karbohidrat tak berserat. Aturlah porsinya agar anak tak sampai kekenyangan dan mengeluh tak enak. Kurangi minum teh saat sahur karena menghamabat penyerapan zat besi dan kalsium, juga dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil, sehingga zat-zat mineral yang sebenarnya diperlukan tubuh justru dikeluarkan bersama air seni.
  • * Cukupi kebutuhan cairan anak. Jangan sampai anak mengalami dehidrasi saat berpuasa. Sup dan jus buah saat sahur dapat menambah asupan cairan dan mineral anak yang berpuasa. Saat berbuka dan malam hari ingatkan anak untuk memperbanyak minum.
  • * Makanan sahur juga sebaiknya kaya serat. Makanan tinggi serat (seperti beras merah, roti gandum, sayuran, dan buahbuahan) akan dicerna lebih lama oleh tubuh, sehingga dapat meninggalkan rasa kenyang yang lebih lama pula selain memperlancar proses buang air besar.

Saat Buka Puasa
  • * Sajikan makanan beragam dan mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.
  • * Jangan memberi makanan dan minuman yang merangsang selama berbuka puasa, karena akan mengganggu kerja lambung, misalnya makanan yang asam, bersoda, bersantan, atau pedas.
  • * Saat berbuka, sebaiknya anak mendapat satu gelas susu yang tidak terlalu manis dan tidak terlalu dingin. Minuman hangat lebih dianjurkan bagi anak yang sudah berpuasa penuh mengingat kondisi lambung cukup lama kosong. Namun bukan berarti minuman dingin dilarang. Dilanjutkan dengan sepotong kudapan kecil tapi padat gizi seperti kroket, pastel, makaroni panggang atau arem-arem. Setelah itu, anak boleh minum segelas es buah atau buah-buahan. Biasanya rasa lapar saat berpuasa dipicu oleh turunnya kadar gula dalam darah. Karenanya, kurma dan pisang dapat menjadi pilihan untuk berbuka puasa. Kedua jenis makanan ini banyak mengandung mineral dan vitamin yang sangat diperlukan tubuh.
  • * Kandungan gula dalam makanan (termasuk buah) mudah diserap oleh tubuh menjadi sumber energi, sehingga anak bisa segera fit kembali setelah mengonsumsinya. Namun, karena gula mudah diserap, maka energi yang dihasilkan juga memiliki masa pakai yang relatif singkat. Pada malam hari, ada baiknya anak makan lagi sebelum tidur atau pada saat-saat senggang di waktu malam.

Semoga bermanfaat ... wassalam.
pic : al-ikhwan.net

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :