Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Selasa

Tips Agar Anak Tetap Semangat Kembali Ke Sekolah

Salam cerdas kreatif,

Liburan akan segera berakhir dan sebentar lagi buah hati kita akan menghadapi pelajaran dan rutinitas sekolah kembali. Bukan hal yang mudah bagi kita sebagai orang tua untuk tetap memberi semangat kembali ke sekolah kepada buah hati, setelah beberapa waktu mereka menikmati liburan dengan bebas tanpa beban seperti : boleh tidur larut malam, nonton tv, main game, dan lainnya.

Karena itu, sebaiknya orang tua perlu membantu menyiapkan buah hati untuk menyambut saat ke sekolah.

1. Siapkan peralatan baru.
Dengan peralatan baru, anak akan senang dan semangat. Ajak anak untuk memilih sendiri alat-alat baru yang mereka sukai seperti : tas sekolah, tempat minum/makanan, buku-buku tulis, rautan dan semacamnya.

2. Bersama ciptakan kreasi.
Bagi yang masih menggunakan alat-alat sekolah lama, ajak anak bersama-sama untuk ciptakan kreasi sendiri, seperti : membuat tempat pensil, menambah pernak-pernik tas sekolah atau melukis apa yang anak suka di tas sekolah lama, mencuci sepatu bersama, dan lainnya. Dengan kebersamaan ini tentu akan menyenangkan buah hati kita sehingga meeka tetap semangat.

3. Bekal sekolah yang menarik.
Siapkan bekal sekolah yang menarik untuk si buah hati. Ajak dia membantu menyusun ide dan menyiapkan bekal sekolahnya sendiri. hal ini akan menumbuhkan rasa bangga terhadap bekal hasil buatannya sendiri.

4. Disiplin Pola Tidur
Bisa jadi selama liburan, pola tidur mereka jadi tidak teratur. Jika pada saat sekolah mereka terbiasa bangun pagi, di saat liburan mereka lebih bebas bangun siang. Sedangkan malam hari, mereka bisa tidur lebih malam. Agar buah hati kembali ke pola tidur pada saat sekolah, beberapa hari menjelang liburan berakhir, biasakan anak menepati jadwal tidur dan bangun seperti saat sekolah. Sehingga pada saat sekolah sudah dimulai, anak sudah siap dengan pola yang lama.

5. Teman-teman sekolah
Dengan mengingatkan teman-teman sekolah sekolah bisa membuat anak bersemangat kembali ke sekolah. Jika lingkungan dan hubungan sosial buah hati dengan teman-teman sekolahnya cukup baik, akan ada rasa rindu bertemu teman-temannya itu. Terlebih setelah liburan panjang, anak telah menyimpan banyak pengalaman yang bisa diceritakan pada teman-temannya.

Semoga bermanfaat ... salam.

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :