Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Senin

Siapa Bilang Anak Susah Makan?

Salam cerdas kreatif,

Permasalahan dengan anak yang sering membuat orang tua stress adalah saat anak makan. Anak susah sekali jika disuruh makan. Masalah ini bisa timbul dikarenakan banyak faktor. Sedangkan faktor yang paling banyak mempengaruhi adalah: kebiasan, seperti kebiasaan anak saat masih bayi hingga berlanjut, kebiasaan orang tua yang tidak mempunyai disiplin jam makan, dan lainnya.

Untuk mengubah kebiasaan ini memang tidaklah mudah,tetapi jika tidak ditangani dengan segera maka lama kelamaan, orang tua bisa menjadi tambah pusing, stress dan bagi anak bisa saja memiliki status gizi yang buruk. Tentu hal ini yang sangat tidak diharapkan orang tua.

Nah untuk itu coba ikuti tips berikut:

1. Buat jadwal jam makan yang teratur.
Tidak adanya disiplin jam makan, dan orang tua merasa tugasnya menyediakan makan. Hal ini bisa membuat anak makan apa dan kapan saja tanpa terkontrol. Dengan adanya jadwal makan yang teratur, anakpun akan terbiasa makan dengan teratur dan terarah.

2. Ajak makan bersama.
Sebenarnya kehangatan keluarga terbangun dari meja makan. Dengan berbincang di meja makan (bukan berarti mengunyah sambil bicara), orang tua terutama ibu bisa menjadi tahu makanan apa yang anak suka dan tidak suka. Suasana menyenangkan juga bisa tumbuh pada waktu makan, dan dari sinilah terbangun kebersamaan karena orangtua ikut makan dengan anaknya.

3. Variasi Makanan
Anak akan senang mencoba hal-hal yang baru, termasuk makanan. Dengan dibuat variasi dalam menyiapkan makan, dapat mempengaruhi pola nafsu makan anak.

4. Peralatan makan
Jangan sepelekan peralatan untuk makan. Peralatan makan yang bergaya orang dewasa memang memberi jarak pada anak. Tata rapi meja makan, dan siapkan perlengkapan makan berwarna-warni yang sesuai untuk anak. Tampilkan juga piring lauk semenarik mungkin, karena hal ini bisa memancing selera makan. Tak perlu membeli peralatan yang mahal, asal enak dilihat dan membuat keluarga betah makan di rumah.

5. Komunikasi dengan anak
Dengan komunikasi yang baik, hangat dan sabar, anak akan mendapatka suasana makan yang menyenangkan. Anakpun akan mudah sekali makan.

6. Perhatian orang tua
Orang tua (ibu) yang penuh perhatian saat menyiapkan makanan atau saat memasak akan memberikan nuansa tersendiri bagi anak. Misal, ibu memamerkan masakannya kepada anak. Ini penting untuk memberikan kesan, Anda peduli pada anak. Buktinya, Anda berusaha selalu memenuhi kebutuhannya dengan menyajikan makanan kesukaannya, yaa..kan!

Dari beberapa tips diatas, orang tua terutama ibu dituntut harus kreatif dalam menciptakan pola makan dengan suasana yang menyenangkan saat sedang makan. Dan dengan kreativitas orang tua akhirnya hanya bisa berkata,"Siapa bilang anak susah makan?".

Semoga bermanfaat ... salam

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :