Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Rabu

Enggak Tahu Batik, Apa Kata Dunia?


Salam cerdas kreatif,

Sejak "Batik" ditetapkan sebagai "Warisan Pusaka Dunia" oleh Lembaga Dunia UNESCO (2 Oktober 2009) lalu, sebagai bangsa Inonesia tentunya bangga! Tapi apakah batik benar-benar asli Indonesia?

Kata batik memang berasal dari kata bahasa Jawa, "AMBA" yang berarti menulis dan "TITK". Arti keseluruhan "AMBA TITIK" ini adalah menulis dengan titik-titk. Sehingga dari asal katanya saja, dapat disimpulkan kalau batik memang berasal dari Indonesia.

Kapan Batik Ditemukan?
Batik mulai diciptakan sejak nenek moyang yang sudah bisa membuat kain dengan alat sederhana. Konon saat itu, para perajin kain ini membuat motif gambar untuk hiasan kain dengan menggunakan pewarna kulit kayu. Kain-kain yang dimotif dengan rumit dan indah inilah yang disebut batik. Sehingga batik menjadi barang mewah yang sering dijadikan hadiah untuk para raja dan kepala suku. Dan sejak kedatangan pedagang² dari India, Cina dan Arab, yang membawa beraneka jenis kain dan bahan pewarna, kerajinan batikpun semakin berkembang. Ya, pedangang² dan saudagar itulah yang menjadikan batik sebagai dagangan untuk dijual kepada para saudagar dari luar negeri.

Jenis Batik
Dari cara membuatnya dapat disebutkan berbagai jenis batik antara lain:
  • Batik Tulis
  • Batik Cap
  • Batik Printing

Dari jenis² batik ini, tentunya yang diakui sebagai "Warisan Pusaka Dunia" adalah Batik Tulis. Karena untuk membuatnya dibutuhkan ketrampilan dan cita rasa seni yang tinggi, sehingga menjadikan nilai seni yang tinggi dan sebagai cermin budaya.

Alat Pembuat Batik Tulis
Batik Tulis dibuat dengan cara ditulis dengan alat yang disebut "Canting" yang berisikan "malam" atau cairan lilin.

Yup, kita boleh bangga memiliki batik yang diakui dunia! Namun sebagai pewarisnya, kita harus terus menjaga dan melestarikannya dengan cara mau belajar mengetahui soal batik. Kalau enggak, apa kata dunia?

Semoga bermanfaat ... salam.

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :