Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Sabtu

Meningkatkan Daya Ingat/Memory Dengan Teknik Cerita/Story

Salam cerdas kreatif,

Teknik ini merupakan Teknik Sederhana tetapi merupakan Pondasi dari Teknik Super Memori yang melibatkan Asosiasi (keterkaitan) dan Imajinasi (Membayangkan) dengan mengaktifkan otak Kiri dan Kanan. Teknik ini akan berhubungan dengan teknik - teknik memori lainnya.

Teknik Cerita ini berdasarkan pada prinsip Asosiasi dan Imajinasi atau disebut dengan cara berpikir secara radian atau memancar.
Apa yang terjadi pada saat anda memakan mangga, mencium bunga, melihat gunung, mendengarkan musik, atau pada saat mengingat hal - hal yang indah?

Yang terjadi adalah Informasi mengenai hal - hal yang sederhana maupun hal - hal yang kompleks diterima atau dikirim ke Otak; baik itu berupa kejadian, perasaan, warna, bau, gambar, kata - kata, kode, nomor dan lain sebagainya. Dan hal itu oleh otak dijadikan pusat perhatian yang akan memancar ke kaitan - kaitan lain yang disebut Radian. Masing - masing kaitan menunjukkan hubungan atau asosiasi. Dan masing - masing asosiasi mempunyai jumlah koneksi yang tidak terbatas. Itulah pemikiran Radian (Memancar).

Buatlah hubungan berupa cerita yang sederhana dan mudah untuk diingat. Jangan membuat cerita yang rumit atau terlalu panjang. Semakin menarik, lucu, aneh atau heboh akan menambah daya memori otak!

Cara kerja otak semacam inilah disebut sebagai Branching Association Machine (BAM) yang luar biasa, seperti halnya sebuah Bio-Super Computer mempunyai pemikiran Radian yang dapat mengakses dalam jumlah yang tidak terbatas.

Fakta ilmiah menunjukkan bahwa Otak manusia adalah organ yang paling kompleks dan rumit susunannya, dibuat dengan arsitektur sangat tinggi. Dalam fungsinya masing - masing neuron dapat melakukan koneksi sebanyak 1028 kali. Lebih jauh diperkirakan oleh para ahli bahwa apabila Otak kita dimasukkan informasi sebanyak “10 hal per detik” dalam waktu “100 tahun” terus - menerus, Otak kita tetap tidak akan “PENUH” bahkan hal itu hanya memakan 10 persen saja dari kemampuan Otak kita! Bayangkan kehebatannya!

Jadi tidak ada istilah “Otak saya Penuh”, saya sudah dewasa/tua sehingga “susah untuk belajar”.... Otak kita mempunyai kemampuan yang sangat hebat, tinggal bagaimana cara kita mengoptimalkannya.... Mari kita buktikan

Kata Tony Buzan, tokoh Mind Mapping Dunia : “Your Brain is like a sleeping Giant!”, “Otak anda bagaikan Raksasa yang sedang Tidur!”.

Latihan :
Hafalkan kata-kata berikut ini :
Kertas Mata Pohon Gunung Kuku Gajah

Contoh Teknik Story :
KERTAS dilihat MATA di bawah POHON di sebuah GUNUNG dicakar KUKU seekor GAJAH

Kata-kata yang miring berfungsi membuat hubungan cerita ke kata berikutnya, sehingga mudah untuk mengingatnya.

Sekian dulu ya ..., semoga bermanfaat & salam!
Dunia Anak Kita

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :