Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Selasa

Analisa Bakat Anak Dengan Multiple Intellegence (MI)

Salam cerdas kreatif,

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, sekarang ini untuk mengetahui berbagai bakat anak semakin mudah. Salah satunya dengan metode MIDS® (MULTIPLE INTELLIGENCE DETECTION SCALE).




MIDS, Sebuah metode skala pengungkapan atau deteksi 8 sumber kecerdasan melalui pendekatan riset, dan memiliki akurasi nyata (99%) selama prosesnya benar dan dalam keadaan sadar.

“Apa delapan kecerdasan yang dapat membantu orang tua agar sukses membimbing anak mereka hingga dewasa ?”, perhaikan penjelasan dibawah ini:

1. Cerdas Linguistik – bahasa dan segala hal yang terkait dengan huruf, kata dan kalimat.

2. Cerdas Logis matematis – berfikir runtut dan logis dan segala hal yang erkait dengan angka, simbol dan kerumitan rangkaian.

3. Cerdas Visual spasial – Gambar dan ruang serta yang terkait dengan penglihatan terhadap lingkungan dan area 3 dimensi atau lebih.

4. Cerdas Interpersonal – Pergaulan dan rela berkorban untuk orang lain.

5. Cerdas Intrapersonal – kekuatan diri dan perenungan yang dalam terhadap respon orang lain terhadap dirinya.

6. Cerdas Bodi-kinestetik – gerak tubuh dan yang terkait terhadap penguasaan gerakan cepat, lambat, halus dan kasar.

7. Cerdas Musik – Nada dan irama serta yang terkait dengan bunyi yang unik.

8. Cerdas Naturalis – Alam dan seluruh yang terkait dengan mahluk hidup dan alam semesta.

Model pendeteksian ini merupakan implementasi dari premis teori multiple intelligence yang dikeluarkan oleh DR. Howard Gardner. Menurut teori ini disebutkan oleh Gardner bahwa sumber kecerdasan seseorang adalah kebiasaan terhadap dua hal, yaitu : kebiasaan terhadap penyelesaian problem (problem solving) dan kebiasaan menciptakan sebuah produk bernilai budaya (baik itu produk pemikiran maupun produk barang) atau creativitas.

Atas dasar pemikiran dari teori inilah dikembangkan sebuah alat riset yang kami beri nama MIDS, yang seluruh pengungkapan terhadap dua kebiasaan ini dilatarbelakangi juga oleh ilmu Neurosains, berbasis Mind Tehnology, yang dapat dengan cepat enginformasikan 8 sumber kecenderungan kecerdasan manusia.

Sesungguhnya manusia telah dilahirkan dalam keadaan paripurna, dan memiliki kadar rejeki yang berbeda – beda begitu juga dengan kecerdasaannya, lihatlah bukti bahwa seorang ayah yang pemusik tidak selalu melahirkan pemusik (Ebitt G.Ade), seorang ayah dan ibu bintang film legendaris anak – anaknya tidak ada yang menjadi pemain film (sofan sofyan –alm- dan Widyawati), seorang ayah pelawak legendari anaknya tidak menjadi pelawak (Bunyamin.S).

Tetapi kalau kita tanya, “Siapakah orang tua Iwan Fals dan Ebit G.Ade?”,

“Siapakah orang tua Sofan sofyan, dan siapakah orang tua Benyamin.S ?” dan

“Siapakah orangtua Tukul Arwana?”, sungguh pertanyaan yang sangat sulit dihubung hubungkan dengan kecerdasan dan profesi akhir anak-anaknya .

Hari ini pertanyaan kepada seluruh orang tua, “Akan menjadi apakah yang membahagiakan anak kita kelak ketika mereka dewasa?”, “Anda butuh jawaban yang pantas bagi anak anda?”

Jawabanya dengan MIDS, anak anda akan diketahui apakah KONDISI AKHIR TERBAIK mereka, yang menjadi tanggung jawab kita dunia akhirat. MIDS mengunggkapkan kondisi kencenderungan anak pada kecerdasan apa yang dominan dan apa yang minimal, kemudian anda mendapat saran kreatif apa yang pas untuk mengembangkan kencenderungan kecerdasaannya terhadap minat dan bakat mereka, agar kelak dewasa bisa hidup lebih berarti bagi kehidupan manusia lainnya, mandiri dan produktif bagi dirinya dan lingkungan.

Bagi yang berminat untuk mendeteksi kecenderungan kecerdasan dan membantu anak anda menemukan kesuksesannya, silahkan hubungi Mind Map Club Indonesia atau Supermap Center www.supermap.asia email: mindmapcenter@ymail.com atau tlp. 021 7443367.

Ditulis oleh Praktisi Multiple Intelligence yang belajar langsung di USA, Bp. Amin Fa Psi.

Semoga bermanfaat ... salam
Praktisi Mind Mapping

0 komentar:

Poskan Komentar

Kata Sahabat :