Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Minggu

Pujian Efektif

Salam cerdas kreatif,

Pujian bukan merupakan konsep baru, kita semua telah mengenalnya dengan baik. Tetapi walau bukan konsep baru, pujian akan sangat membantu anak Kita tumbuh secara emosional.

Pujian akan bekerja sangat hebat luar biasa, karena pujian bekerja seperti gizi yang akan mendorong anak untuk mengerjakannya lebih baik, seperti makanan yang membantu anak Kita berkembang secara fisik.

Waktu yang Tepat Menggunakan Pujian :

1. Hal-hal yang telah dilakukan dengan baik oleh anak-anak kita.
2. Perbaikan
3. Usaha Positif anak untuk menguasai ketrampilan baru.


Cara Tepat Menggunakan Pujian Efektif.

Cara paling mudah untuk memuji adalah mengatakan sesuatu seperti, "Fantastis", "Hebat" atau "Pertahankan Prestasimu". Dan ini merupakan pujian umum.
Namun demikian, kita bisa menjadikan Pujian Umum menjadi jauh lebih baik yaitu dengan menambahkan beberapa langkah kita dapat meningkatkan jumlah hal-hal baik yang dilakukan anak. Dan ini yang membedakan Pujian Umum dengan Pujian Efektif.


Berikut langkah-langkah Pujian Efektif :

1. Tunjukkan Persetujuan Anda.
Ada banyak kata yang menunjukkan persetujuan seperti : Luar Biasa!...Hebat!...Wow!...Kau Berhasil ... dan semacamnya. Perstujuan ini akan sangat disukai anak-anak kita dan mereka akan bekerja keras untuk memperoleh lebih banyak pujian dan tentunya akan jauh lebih bermakna.

2. Menjabarkan Hal-hal Positif.
Setelah memberi pujian, jabarkan perilaku tertentu yang Anda sukai dan pastikan anak memahaminya, seperti :, "Kakak, terima kasih sudah membantu Bunda mencuci piring dan menyimpan makanan di lemari." atau "Adek, Bunda senang sekali kamu mencuci tangan sebelum makan."
Perlu diingat, sebaiknya menggunakan kata-kata yang mudah dipahami anak.

3. Memberi Alasan.
Anak akan memperoleh manfaat jika mereka menegtahui mengapa sebuah perilaku akan membantu mereka dan orang lain. Misalnya :,"Karena kakak sudah membantu, Ayah dan Bunda jadi punya waktu untuk mengantar kakak ke rumah teman jika kakak mau."
suatu alasan akan menjadi sangat berharga jika dapat menunjukkan manfaat yang akan didapat anak Anda, secara langsung atau pada masa mendatang.

4. Hadiah Pilihan.
Kadang, kita dapat menambahkan langkah ke-4 ini dalam pujian efektif yaitu sebuah hadiah. Jika kita merasa sangat senang karena sesuatu perilaku atau anak kita menunjukkan kemajuan besar di bidang tertentu, kita dapat memberinya hadih dengan kebebasan khusus.
Hadia bisa besar atau kecil, terserah Anda. Selama ukuran hadiah sesuai dengan perilaku yang ingin Anda munculkan.

Menggunakan Pujian Efektif secara konsisten akan menghasilkan lebih banyak perilaku positif pada anak-anak kita yang tercita, mau kan?

Semoga bermanfaat ... salam

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :