Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Minggu

Wah, Adik Masuk Sekolah Baru !

Salam cerdas kreatif,

Mungkin ada orang tua yang kesulitan menghadapi aktifitas sekolah baru buah hati kita, apalagi jika kegiatan ini pertama kali bagi anak kita. Beberapa kesulitan yang biasanya akan ditemui adalah :

• Adaptasi anak dalam menghadapi lingkungan baru.
• Kemandirian anak dari ketergantungan orang tua.
• Kebutuhan tanggung jawab terhadap pribadi anak sendiri.
• Beban tugas yang kian bertambah bagi anak.
• Kegiatan yang baru dan berbeda dari sebelumnya.

Masalah sensivitas terhadap perubahan lingkungan inilah yang nantinya bukan saja berimbas pada masalah pribadi anak. Anak yang tidak siap dengan sejumlah perubahan juga akan mengalami frustasi trsendiri. Ini dapat mempengaruhi prestasi akademik anak nantinya.

Agar tak terjadi hal ini, Dra Puji Lestari P, MPsi (Psikolog Pendidikan) menyarankan beberapa hal :

1. Ajak Anak Diskusi.
Orang tua tidak perlu otoriter untuk memaksakan pilihan sekolah tanpa mengkomunikasikannya dengan anak. Ini bisa menghilangkan motivasi belajar anak. Tanyakan pada anak jauh-jauh hari sebelum masa pendaftaran sekolah dimulai. Di mana ia ingin bersekolah nantinya, apa alasannya, apakah ia sudah tahu sekolah itu atau belum?. Dari dialog sederhana ini, orangtua bias mengungkap alas an anak memilih sekolah tesebut.

2. Perlihatkan Rute
Dalam mempersiapkan anak sekolah juga diperlukan dengan mengajak melihat rute menuju sekolah barunya.
Ini akan berguna untuk :
• Memastikan berapa jauh dan lama perjalanan yang akan ditempuh.
• Memberi gambaran kepada anak, mengapa ia harus bangun lebih pagi dan mempersiapkan keperluan sekolahnya.
• Member gambaran pengalaman menyenangkan soal pergi ke sekolah.

Kegiatan ini dapat dilakukan saat libur dan untuk transportasinya bias dilakukan dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Bagi anak ini akan menambah wawasan.

3. Ajak Ke Sekolah Baru.
Saat akan memilih sekolah, biasanya orangtua akan mencari informasi-informasi sekolah, baik berupa reputasi, fasilitas penunjang, sistem pendidikan, eskul hingga perbandingan harga. Dan informasi ini sekarang lebih udah didapt, baik melalui brosur, internet, pameran pendidikan ataupun yang lainnya.

Namun alangkah lebih baik lagi bila orangtua mengajak anak untuk melihat sendiri fasilitas, fisik sekolah barunya. Tujuannya agar anak tidak kecewa bila sekolah barunya tidak seperti yang ia bayangkan. Bila ini terjadi, tentu akan membuat anak kurang motivasi belajar di sekolah barunya.

4. Minta Bantuan Sekolah.
Orangtua sebaiknya membina komunikasi yang lebih baik dengan sekolah baru. Minta dari pihak sekolah untuk memperkenalkan kurikulum, sistem dan lainnya.
Dengan komunikasi yang baik ini, orangtua bisa mendapatkan gambaran semua soal sekolah itu dank an enguntunkan bagi anak kita kelak.

5. Siapkan Kemandirian Anak.
Orang tua sebaiknya mulai membina sikap mandiri anak dengan membiasakan disipiln dalam menyelsaikan tugasnya, seperti : biasakan anak mengatur buku-buku sekolahnya sendiri, mengerjakan PR sesuai jam yang disepakati, hingga menegrjakan tugas rumah lannya sendiri. Ingat persiapan tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Perlu waktu dan yang utama kesabaran dari orangtua.


Semoga bermanfaat … salam

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :