Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Sabtu

12 "JANGAN" Saat Menyuapi si Kecil

Salam cerdas kreatif

1. JANGAN pernah memberi kacang-kacangan, kismis, popcorn, sayuran mentah, buah-buahan tidak dikupas atau selai kacang kepada anak-anak di bawah usia 2 tahun.

2. JANGAN memberikan madu kepada bayi, karena madu berpotensi menyebabkan gangguan perut pada bayi.

3. JANGAN memberikan buah bit, bayam atau segala jenis umbi-umbian berwarna hijau sebagai makanan utama kepada anak usia 1-2 tahun. Konsentrasi kandungan nitrogen yang tinggi bisa menurunkan kadar hemogloin si kecil.

4.
JANGAN menambahkan garam, gula atau bumbu berasa tajam/menyengat ke dalam makanan bayi buatan sendiri. Bila dikehendaki anak belajar makan makanan yang sama dengan makanan keluarga, sisihkan dahulu sebagian untuk si Batita, dan barulah Anda memasukkan bumbu ke dalam masakan tadi untuk keluarga.

5.
JANGAN menggunakan kue-kue sebagai "empeng" untuk memnenangkan saat bayi rewel.

6.
JANGAN gunakan sayuran dalam kaleng untuk bayi, karena makanan jenis ini mengandung kandungan sodium dan zat-zat aditif. Baca lebih dulu label pada kemasannya. Sayuran beku umumnya mengandung sedikit/sama sekali tak mengandung sodium.

7.
JANGAN gunakan microwave untuk memanaskan makanan bayi. Bahkan pada makanan yang dimasak sebentarpun tetap tak menutp bahaya saat dipanaskan kembali. Bila terpaksa melakukannya, manfaatkan defrost cycle dan pastikan Anda sering memeriksa dan mengduknya. Jangan lupauntuk selalu mengecek suhunya dengan menyentuh sesendok makanan ke bagian luar bibir atas Anda. Pastikan sendok dan peranti masak yang Anda gum\nakan benar-benar dicuci bersih sebelum digunakakn untuk menyuapi si kecil.

8.
JANGAN pernah menempatkan makanan cair ke dalam botol dengan dot berlubang besar saat memberi makan malam. Selain sangat membahayakan (amat mungkin si kecil tersedak), juga tak membangun kebiasaan makan yang baik serta berdampak buruk bagi kesehatan gigi.

9.
JANGAN memberi buah-buahan yang kelewat asam, seperti : jeruk, nanas kepada anak di bawah usia 2 tahun.

10.
JANGAN memberikan putih telor kepada bayi di bawah 1 tahun karena berpotensi menyulut alergi. Kuning telor yang sudah masak jauh lebih baik bagi kesehatan bayi.

11.
JANGAN pernah memaksa anak untuk makan. Untuk memulai pemberian makanan padat, mulailah dengan 1-2 sendok makan. Si kecil akan menuntun Anda, untuk mengenali seperti apa pola makannya dan makanan apa yang disukainya.

12.
JANGAN membatasi asupan lemak dalam makanan buat si kecil selama 2 tahun pertama. Lemak sangat dibutuhkan dalam proses tumbuh kembangnya. Tak perlu khawatir akan jadi kegemukan.

Semoga bermanfaat ... salam

Sumber : NOVA 1113/XXII

4 komentar:

sda mengatakan...

artikel yg sangat bermanfaat.
makasih sharingnya.

narti mengatakan...

diperlukan kesabaran dalam menyuapi si kecil.
makasih sudah berbagi ilmunya.

Dunia Anak Kita mengatakan...

* Kak SDA : terima kasih dan salam.

* Kak Narti : setuju dan terima kasih, salam.

Think Power mengatakan...

ini jangan yang positif, trims untuk sharingnya

Posting Komentar

Kata Sahabat :