Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Selasa

Jangan Takut Kotor!

Salam Cerdas Kreatif ...

Kadangkala orangtua marah dan melarang kalau anaknya bermain kotor-kotoran di luar rumah/alam seperti berkebun, memancing, hingga menanam padi di sawah. Sebagai orang tua, kita seharusnya menganjurkan hal tersebut, karena pola bermain seperti itu akan memberikan anak pengalaman baru dan berbeda. Namun semua itu harus dilakukan dengan bertanggung jawab, artinya nantinya tidak akan membuat anak sakit.

Berikut ini tips bagi orangtua yang ingin memberikan pendidikan melalui alam :
  1. Persiapkan kondisi anak agar memiliki daya tahan yang baik.
  2. Lakukan aktivitas saat cuaca baik, tidak mendung atau hujan.
  3. Berkotor-kotoran pun harus dilakukan dengan tujuan yang jelas. Contoh : menggali tanah untuk berkebun atau berkubang dalam kolam untuk menangkap ikan.
  4. Perhatikan asupan gizi! Karena untuk memiliki daya tahan tubuh yang baik, prinsip 4 Sehat dan 5 Sempurna benar-benar harus dijalankan. kebanyakan orang Indonesia masih mengomsumsi lebih banyak karbohidrat dibandingkan protein.•
  5. Pastikan anak dalan dalam kondisi kesehatan yang prima, tidak sedang terganggu sakit influenza misalnya.
  6. Usai melakukan aktifitas tersebut, pastikan anak kembali dalam keadaan bersih, mandikan dan bersihkan sela-sela badannya hingga ke ujung-ujung kuku.

Semoga bermanfaat .... salam!

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :