Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Selasa

Yuk Mudik Aman Dan Nyaman Bersama Keluarga


Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif.

Ada rasa sedih dan juga bahagia yang mungkin kita rasakan. Sedih, karena beberapa waktu lagi bulan mulia Ramadhan akan segera meninggalkan kita. Sedang bahagia, bila kita dapat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dengan baik dan benar apalagi nanti kita akan bertemu sanak saudara, sahabat dan saling memaafkan di hari raya Lebaran nan Fitri.

Di Indonesia, bicara lebaran tentunya tidak bisa dipisahkan dengan adanya tradisi mudik. Bahkan banyak yang bilang," Lebaran tanpa mudik bagai sayur tanpa garam .. hehehe."

Bagi yang ingin mudik ke kampung halaman, perlu dipersiapkan kiat-kiat khusus. Karena bisa jadi mudik yang dilakukan merupakan perjalanan panjang baik itu dengan kendaraan pribadimaupun umum. Hal ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman selama perjalanan.

Nah kalau begitu, yuk kita siapkan semua, agar mudik tetap aman dan nyaman:

1. Persiapkan Kendaraan Dengan Baik.
Sebelum Anda melakukan perjalanan persiapkan kendaraan Anda, baik itu perbaikan atau perawatan berkala. Jangan lupa persiapkan juga peralatan mobil seperti kunci-kunci, dongkrak, tali derek, kotak P3K dan lain-lain.

2. Membawa peta jalur mudik.
Walau terlihat sederhana, tapi ini sangat krusial, lengkapi perjalanan Anda dengan peta perjalanan. Sebaiknya, peta tersebut juga mengandung informasi tentang lokasi SPBU, ATM, tempat istirahat, dan jalur-jalur rawan/alternatif. Akan lebih baik lagi jika Anda melengkapi dengan pemandu GPS (Global Positioning System).

3. Jaga kondisi fisik.
Pastikan bahwa sebelum mudik Anda dan keluarga berada dalam kondisi yang fit terutama bagi pengemudi. Jangan sekali-kali bepergian dalam kondisi kurang fit. Lemahnya daya tahan tubuh atau menurunya vitalitas tubuh akan mengurangi daya konsentrasi apalagi bagi yang akan mengendarai mobilnya sendiri.

4. Packing barang/muatan dengan benar.
Urutkan barang/muatan berdasarkan tingkat kebutuhan. Yang memiliki kemungkinan sangat besar dibutuhkan saat dalam perjalanan diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan, agar tidak perlu bongkar muat tiap kali butuh sesuatu.

5. Jangan lupa bawa obat-obatan yang biasa dikonsumsi keluarga.
Yang harus Anda persiapkan antara lain, minyak kayu putih, plester demam, obat luka, plester luka, serta obat-obatan untuk anak-anak (obat flu, demam, batuk, anti mabuk), Anda dapat berkonsultasi mengenai hal ini pada dokter keluarga. Jangan lupa untuk membawa kantung muntah bila ada anggota keluarga yang mabuk perjalanan.

6. Catatlah nomor telepon penting.
Dengan mengetahui nomor-nomor penting seperti: pos polisi, jasa marga, info jalan tol, jaringan bengkel resmi dan lain-lain, akan sangat membantu jika Anda mengalami masalah di perjalanan.

7. Jangan Malu Bertanya
Anda tidak mudik setiap satu minggu sekali, ada kalanya kondisi jalan dan rute jalan utama sebuah kota berubah dari tahun sebelumnya. Karena itu, jika Anda merasa salah jalan atau ingin mencari lokasi tertentu, jangan malu bertanya pada pos-pos jaga mudik di sepanjang jalan utama. Bertanya pada pihak pos jaga lebih aman dan terpercaya. Jika Anda tidak menemukan pos jaga, datangi saja kantor kepolisian terdekat.

8. PENTING!!! Selalu berdo'a

Semoga bermanfaat, wassalam :)

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :