Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Jumat

Tips Sederhana Membangunkan Anak Untuk Sahur

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif.

Puasa Ramadhan telah beberapa hari kita lalui. Walaupun begitu, ternyata masih banyak lho, orang tua yang susah membangunkan si kecil untuk sahur bersama termasuk saya sendiri ... hehehe. Tetapi jangan kuatir, bila kita sabar dan terus mencoba berbagai cara, InsyaAllah semua menjadi mudah dan menyenangkan. Dan alhamdulillah ini sudah saya lakukan dan berhasil.

Berikut beberapa tipsnya:
  • Setelah sholat Tarawih, di waktu istirahat (nonton tv di rumah), coba bisikkan kepada si kecil bahwa besok pagi ada menu yummy untuk sahur (jangan lupa benar² menyiapkan menu yang disukai si kecil kita) dan lain-lain.
  • Sebelum tidur, coba berpesan kepada si Kecil agar nanti tidak susah dibangunkan sahur. Karena bisa terlambat dan tertinggal.
  • Saat sahur agar si kecil tidak ngantuk saat menyantap makanannya, suguhkanlah pada anak tontonan yang syarat manfaat tentang agama atau bisa juga dengan film kartun seperti kisah-kisah nabi, dan lainnya. Ini akan menjadikan suasana tersebut menjadi salah satu penyemangat bangun sahur.
  • Saat membangunkan, lakukan seperti hari-hari biasa. Dengan mencium-cium, mengusap, sampai menggelitiki si kecil. Ini berguna agar mood-nya terbentuk dengan baik. Jangan sampai ia makan sahur dengan bete, misalnya karena dibangunkan dengan cara diteriaki atau dikagetkan ... hihihi ...
  • Jangan lupa beri penghargaan seperti ujian dan hadiah untuk apa yang telah dilakukannya. Untuk hadiah, berikanlah ketika Hari Raya Lebaran tiba sebagai kejutan untuknya.

Oke, sekiranya itu beberapa tips yang saya terapkan semoga bisa bermanfaat. Bila ada tips-tips lainnya, silahkan sharing di sini dan terima kasih.

Selamat sahur bersaman dan menunikan ibadah puasa ya .. :)
Wassalam,

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :