Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Sabtu

Tip Memilih Tipe Gendongan Bayi Yang Nyaman


Assalamualikum wr wb, salam cerdas kreatif.

Membawa bayi beraktifitas di luar rumah seperti berbelanja dan berjalan-jalan membutuhkan alat gendong yang nyaman. Bagaimana tidak, membawa bayi berjalan tanpa gendongan bayi dengan waktu yang tidak sebentar bisa sangat melelahkan untuk orangtua. Bayi sangat senang berada dalam gendongan orangtua sambil berjalan-jalan. Tapi jika orangtua merasa kelelahan, ini tidak nyaman juga untuk bayi.

Memilih gendongan bayi memang gampang-gampang susah. Bukan hanya model yang bagus, tapi juga fungsinya yang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Bayi usia 0 sampai 3 bulan hanya membutuhkan gendongan bayi berbentuk selendang atau sling, karena tubuhnya masih relatif kecil dan tidak banyak bergerak.

Sementara untuk bayi yang sudah lebih besar dan dapat menegakkan kepalanya membutuhkan gendongan bayi yang lebih kuat dan sesuai dengan kebutuhan, seperti pada gendongan bayi berbentuk ransel. Alat gendongan seperti ini memiliki dua metode yaitu menghadap depan dan menghadap belakang. Lalu mana yang lebih nyaman untuk orang tua dan bayi?

Gendongan bayi depan, selain memudahkan orang tua menjaga dan berkomunikasi dengan bayi, juga menyenangkan untuk bayi cemerlang. Bayi cemerlang terlihat dari semangatnya untuk melihat dan mendengar segala hal yang ia temui. Dengan gendongan bayi depan ini bayi dapat dengan leluasa menikmati dunia di sekelilingnya.

Ini memberikan kesempatan orangtua untuk mendidik bayi mengenali objek-objek baru di luar rumah. Sementara dengan gendongan bayi belakang orangtua jadi lebih leluasa menggunakan kedua tangannya untuk melakukan hal lain seperti membawa tas misalnya.

Ukuran gendongan bayi biasanya disesuaikan dengan berat badan bayi. Gendongan bayi depan biasanya untuk bayi dengan berat badan sampai 9 kilogram, dan untuk bayi dengan berat badan lebih dari itu alat gendong belakang sepertinya lebih nyaman untuk orangtua. Karena punggung dan bahu orangtua lebih kuat menanggung beban bayi dari pada tubuh bagian depan.

Faktor lain yang mempengaruhi kenyamanan gendongan bayi adalah ukuran tali gendongan. Jika tali gendongan bayi cukup kuat dan lebar maka ini tidak akan menyakiti bahu orangtua sekaligus nyaman untuk bayi. Selain itu, penjepit tali gendongan yang mudah dipasang atau dibuka dan kuat menyangga beban bayi akan memudahkan orangtua untuk menyesuaikan tubuh bayi untuk mendapatkan posisi yang paling nyaman.

Pada akhirnya agenda memilih gendongan bayi tidak hanya bertumpu pada selera dan model depan atau belakang, tapi juga pada ukuran serta kenyamanan orangtua dan bayi. Perlu diingat juga ada kereta dorong bayi sebagai perlengkapan bayi bila anda memiliki dana lebih.

Semoga bermanfaat, wassalam.
---------------------------
http://nama-bayi.net/tipe-gendongan-bayi-yang-nyaman.html

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :