Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Rabu

Upaya Mengatasi Sifat Pemalu Pada Anak


Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif.

Mungkin belum banyak yang faham, bahwa sifat pemalu merupakan bawaan lahir, sehingga anak yang dilahirkan dari bapak-ibu yang pemalu, biasanya akan menjadi anak pemalu juga. Namun sifat pemalu dapat dilunakkan dengan modifikasi oleh faktor lingkungan walaupun faktor genetik pun tidak bisa dihilangkan seluruhnya.

Sifat pemalu akan makin bertambah bila anak jarang diajak berkomunikasi dan bersosialisasi oleh orang tuanya. Dan bila ini dibiarkan terus berlanjut, dapat tumbuh berlebihan dan menghambat pergaulan anak.

Untuk itu, orang tua perlu berupaya serius, tekun dan tuntas untuk mengatasinya, seperti:

Identifikasi
Coba perhatikan di mana anak sering malu dan menarik diri; di sekolah? Pesta? di sekitar rumah? atau hampir di setiap kesempatan di luar rumah? Sering kali yang menjadi penyebab adalah karena anak kesulitan komunikasi dengan lingkunganya. Apa yang harus dibicarakan dengan teman-temannya? Umumnya, anak memerlukan bimbingan interaksi sosial, khususnya tentang percakapan umum dengan lingkunganya.

Beri Contoh Sikap percaya Diri
Seperti memulai ucapan salam dan menjabat tangan saat bertemu dengan tetangga atau orang tua dari teman anak. Bila anak belum kenal pada mereka, jangan lupa mengenalkannya. Jangan pernah menghina atau meremehkan orang lain didepan anak atau berlalu dihadapan orang tanpa mengucapkan kata permisi...

Ajarkan Tehnik Bersosialisasi
Undanglah anak salah seorang teman bermain dirumah. Lalu tunjukkan perilaku orang tua sendiri bagaimana caranya memperlakukan teman atau tamu ini dengan baik.

Ajarkan Anak Berani Ambil Resiko
Anak pemalu ummnya adalah sangat pencemas, takut salah, takut ditertawakan, takut menyinggung orang lain dan lain-lain. Ajarkanlah untuk tidak terlalu mencemaskan hal-hal itu tidak merugikan dirinya dan orang lain.

Dorong Perubahan Secara Bertahap
Tentu saja tak mungkin berharap perilaku anak pemalu dapat berubah dalam waktu singkat. Ingatkan saja anak pada prinsip. Kalau kamu ragu-ragu lakukan secara perlahan.

Bantu Anak Mengidentifikasi Bakat atau Hobinya
Biasanya anak pemalu cepat mengambil kesimpulan yang kadang digeneralisir. Misalnya setelah mencoba bulutangkis dan dia tidak suka anak bisa mengambil kesimpulan saya tidak suka olahraga. Maka bersabarlah dalam menggali bakat dan hobinya.

Bantulah Anak Menata Emosi
Beri rasa nyaman bagi perasaan anak, sebab umumnya anak pemalu sangant sensitif dan cepat putus asa.

Ajarkan Toleransi dan Menghargai Orang Lain.
Beri pengertian bahwa setiap orang belum tentu melakukan hal-hal yang benar. Hal ini bisa dimulai orang tua dengan mentolerir kesalahan kecil anak dan tetap memberikan penghargaa terhadap dirinya.

Jangan Beri Label Pemalu
Memberikan cap anak pemalu sama sekali tidak baik, anak justru semakin menyesuaikan perilakunya dengan label yang diberikan.

Cari Bantuan Tenaga Ahli bila diperlukan
Bila berbagai upaya sudah dilakukan, namun belum ada perubahan kearah yang positif, maka cobalah mencari bantuan ahlinya.

Semoga bermanfaat dan bila ada upaya-upaya yang lain silahkan menambahkan.
Terima kasih, wassalam.

intisari:http://www.depsos.go.id/modules.php?name=News&file=print&sid=606

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :