Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Jumat

Bahasa Isyarat Bayi – Penelitian dan Manfaatnya


Assalamualaikum wrwb, salam cerdas kreatif.

Bahasa isyarat bayi adalah penggunaan bahasa isyarat sederhana atau bahasa tubuh untuk membantu para orang tua, keluarga dan pekerja pengasuh anak untuk berkomunikasi dengan bayi yang belum bisa berbicara. Anda mungkin menemukan bahwa Anda sudah menggunakan sebagian dari dasar-dasarnya. Bacalah terus bagian ini untuk mengetahui manfaat dari bahasa isyarat bayi dan bagaimana memulainya.

Dari semua studi yang telah dilakukan dalam bidang ini, terdapat manfaat yang besar dari mengenalkan bayi pada bahasa isyarat. Bahasa isyarat bayi:

* Dapat memberdayakan bayi Anda untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya sebelum dia dapat berbicara.
Hal ini berarti bayi Anda dapat menyampaikan apa yang diinginkannya pada saat dia menginginkannya. Ini juga memungkinkan bayi untuk memulai percakapan tentang hal-hal yang menarik baginya. Lebih jauh lagi, hal ini dapat menjembatani celah antara ketiadaan bahasa dan bahasa lisan.

* Dapat mengurangi frustrasi bagi Anda dan bayi Anda.
Bahasa isyarat memungkinkan bayi Anda untuk memberitahu Anda apa yang diinginkannya, apa yang salah atau apa yang sakit. Oleh karena itu, bayi Anda mungkin akan mengalami lebih sedikit rasa frustrasi, marah-marah dan menangis. Bila bayi Anda dapat menyampaikan kebutuhan dasarnya kepada Anda, berarti Anda tidak perlu berusaha menerjemahkan tangisannya. Bahasa isyarat dapat membantu mengurangi saat-saat frustrasi penuh air mata itu.

* Dapat memperkaya hubungan antara orang tua dan anak.
Dengan memperkenalkan bahasa isyarat bayi di dalam rumah tangga Anda, Anda memperkuat ikatan dengan bayi Anda. Sifat dari komunikasi isyarat dengan bayi mendorong Anda dan bayi Anda untuk merespon satu sama lain secara bergiliran dan ini merupakan suatu ketrampilan yang sangat berharga. Menggunakan isyarat melibatkan interaksi harian dengan bayi Anda yang lama-kelamaan akan berubah menjadi percakapan dua arah.

* Dapat memberikan pandangan mengenai pikiran bayi Anda dan siapa dia sebenarnya.
Bahasa isyarat bayi memungkinkan bayi untuk memulai percakapan dengan Anda tentang hal-hal yang menarik hatinya. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengetahui apa yang dipikirkannya, apa yang menarik minatnya dan bagaimana dunia terlihat dari kacamatanya. Dan semua ini dapat diperoleh sebelum dia bisa berbicara!

* Dapat merangsang perkembangan intelektual dan meningkatkan daya ingat.
Anak-anak senang dengan bahasa isyarat dan seringkali memperhatikan dengan lebih baik apa yang sedang diajarkan ketika sedang menggunakannya. Telah terbukti juga bahwa ketika anak-anak mempelajari suatu kata dalam hubungannya dengan suatu isyarat, kemungkinannya lebih besar bahwa mereka akan mengingat kata tersebut.

* Dapat mempercepat proses berbicara.
Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang menggunakan bahasa isyarat bisa menguasai bahasa lisan secara lebih cepat dibandingkan dengan anak-anak yang tidak menggunakan bahasa isyarat.

* Dapat meningkatkan rasa percaya diri, harga diri dan ekspresi diri bayi.
Karena kemampuan bayi untuk menyampaikan kebutuhannya, keinginannya dan minatnya melalui isyarat, bayi bisa menjadi lebih percaya diri.

* Bahasa isyarat bayi dapat merangsang perkembangan otak dan berpotensial meningkatkan IQ bayi Anda.
Mengajarkan bahasa isyarat dapat merangsang perkembangan otak bayi. Penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa bayi-bayi yang menggunakan bahasa isyarat memperoleh nilai tes IQ yang lebih tinggi di masa depan (sampai 12 poin IQ lebih tinggi) daripada anak-anak yang belajar berbicara secara tradisional. Menggunakan isyarat dapat merangsang perkembangan otak karena ketika mempelajari bahasa isyarat, Anda menggunakan kedua bagian otak, kanan dan kiri, dibandingkan dengan mempelajari bahasa lisan, dimana yang digunakan hanya otak bagian kiri. Penggunaan kedua bagian otak ini menyebabkan otak membangun lebih banyak sinapsis.

* Anak-anak yang terus menggunakan bahasa isyarat secara efektif adalah anak-anak dwi bahasa.
Dengan memperkenalkan bahasa isyarat formal kepada bayi Anda, Anda memperkenalkan bayi Anda kepada sebuah bahasa kedua. Penelitian tentang otak menunjukkan bahwa ketrampilan bahasa paling baik diperoleh di tahun-tahun pertama dalam kehidupan bayi. Juga, dengan memperkenalkan bahasa isyarat formal kepada bayi Anda dan terus menggunakannya setelah dia dapat berbicara, Anda memberikan anak Anda hadiah yang memungkinkannya untuk berkomunikasi dengan para tuna rungu dan mereka yang berpendengaran terganggu.

Artikel ini ditulis oleh Jackie Durnin: Jackie Durnin adalah penulis dari “Australian Baby Hands”, menggunakan Auslan, Australian Sign Language untuk berkomunikasi dengan bayi Anda. Untuk lebih rincinya, kunjungi www.australianbabyhands.com dimana Anda dapat mendaftar untuk memperoleh tabel isyarat-isyarat yang sering digunakan secara GRATIS.

Semoga bermanfaat, wassalam
sumber & picture:http://www.huggies.co.id/BH/BeingAParent/Language/BabySignLanguage.aspx

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :