Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Minggu

Tips Menyiasati Anak Yang Susah Makan


Assalamualaikum wr wb, slam cerdas kreatif

Anak susah makan harusnya disiasati bukannya dimarahi atau dipaksa, karena
tidak akan membawa hasil, justru memperburuk keadaan.

Berikut tips agar si kecil tidak rewel lagi ketika makan:
1. Semakin dipaksa, akan semakin sulit makan, sebaiknya ortu menciptakan suasana menyenangkan, jadi si kecil juga merasa makan juga menyenangkan.

2. Siapa yg memberi makan juga berpengaruh. Bila yg memberi makan orang yg ditakuti, yg sering memaksa dan memarahinya, maka anak akan merasa bahwa makan adalah hal yg menakutkan.

3. pemikiran anak berbeda dgn org dewasa. Bila anak merasa makan tidak enak, pastinya dia tidak mau memakannya, sekalipun penuh gizi dan nutrisi. Sebisamungkin berilah makanan yg menurut anak enak (makanan yg disukainya). Tak harus mahal, tempe dan tahu bisa sangat bermanfaat bagi perkembangan tubuh dan otak si buah hati.

4. Bentuk dan tampilan makanan ketika disajikan buatlah menarik perhatian si kecil. Sayuran misalnya, kebanyakan anak tidak suka makan sayuran, padahal kandungan gizinya luar biasa. Menyiasatinya tidak sulit. Sayuran bisa disajikan dlm bentuk-bentuk yg menarik perhatian anak. Dalam hal ini, dituntut kreativitas sang ibu, selain bentuk dan penyajian makanan, keragaman menu makanan dapat menghindari kebosanan anak.

5. Sebaiknya kita memberi contoh dgn mengonsumsi makanan yg sama dengan lahap.Bila anak melihat ortu memakannya, maka anak akan cenderung meniru & ikut juga memakannya. Tanpa dipaksa pun anak akan ingin mencoba makanan itu. tak akan ada gunanya memaksa anak makan sayur, sedang ortunya tdk makan sayur.

6. Bila mengajak anak makan di restoran, pilihlah restoran yg memberi menu cukup sehat. jgn terlalu sering ke restoran fast food. Makan di restoran juga baik digunakan utk mengajar anak berperilaku baik saat makan.

7. Ada beberapa hal yg bisa membuta anak sulit makan, misalnya kebiasaan jajan.Bila anak terbiasa makan jajanan, maka anak selalu mencari jajanan. Tananmkan disiplin bahwa makanan jajanan (misal makanan yg dilihat di TV, diberi teman atau kerabat) baru boleh dimakan sehabis menikmati makanan utama. Jadi makanan utama yg memberi nutrisi yg dibutuhkan si anak tetap dikonsumsi. Mengendalikan jajanan anak berarti mengatur & menjaga pola makan anak. Diperlukan ketegasan ortu.

8. Jgn memberi susu terlalu byk agar anak bisa makan. Berikan susu dgn takaran yg sama, namun dgn air yg lebih sedikit agar si kecil lebih mudah menghabiskannya walau kandungan gizinya tetap sama.

9. Dapat menggunakan vitamin tambahan utk melengkapi nutrisi anak, misal dengan produk madu yg selain membantu memperbaiki nafsu makan, juga meningkatkan perkembangan tubuh dan otak anak.

Semoga bermanfaat wassalam

sumber : ayahbunda-online

1 komentar:

Anak mengatakan...

Wah boleh juga nih tips nya dicoba..
Agak mengkhawatirkan juga soalnya kalo sampe anak susah makan

Posting Komentar

Kata Sahabat :