Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Selasa

Kenapa Saat Lapar, Perut Berbunyi .. Krucuk .. Krucuk ..???


Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Krucuk .. krucuk .. begitulah bunyinya kalau kita lapar. Lalu kenapa bisa seperti itu ya?

Yup, perut manusia itu mirip terowongan panjang di dalam perut! Terowongan itu berawal dari mulut dan berakhir di anus. Terowongan itu ada yang berupa kantung besar, saluran halus dan saluran berlipat serta berliku. Kantung besar itu biasa disebut lambung, saluran halus disebut usus. Sedangkan saluran besar, berlipat serta berliku disebutnya usus besar.

Terowongan perut secara otomatis selalu bergerak dan meremas-remas. Dalam keadaan normal, terowongan perut bergerak 3-10 kali/menit. Dan gerakan itu semakin kuat, bila ada makanan yang masuk ke dalam perut. Ya, gerakan ini bisa terjadi karena adanya sinyal listrik di perut, lho khoq bisa? Sinyal ini sangat kecil seperti saat mata kita kedutan atau berkedip.

Sinyal ini disebut MMC (Migrating Myoelectric Complexes. Uniknya, MMC ini mirip radar yang tugasnya memantau ada makanan atau tidak di dalam terowongan perut. MMC akan memerintahkan untuk meremas apa saja yang ada di dalam perut, baik itu berupa makanan atau gas. Bila masih ada sisa makanan .. perut tidak akan sakit saat perut meremas-remas. Nah, jika di perut hanya ada gas, maka saat diremas-rema akan berbunyi .. krucuk .. krucuk ..

Sedangkan bila tidak ada makanan sama sekali maka perut akan meremas-remas dinding perut yang menyebabkan perut kita jadi terasa sakit! Oleh karena itu, kita harus rajin sarapan, makan siang dan malam secara teratur .. agar saat perut kita diremas-rema tidak akan sakit dan berbunyi .. krucuk .. krucuk .. hihihi ..

Semoga bermanfaat, wassalam

1 komentar:

Web Developers Delhi mengatakan...

Blogging is the new poetry. I find it wonderful and amazing in many ways.

Posting Komentar

Kata Sahabat :