Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Sabtu

Awas! Pasta Gigi Bisa Merusak Otak


Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Liputan6.com, Florida: Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peniliti dari Universitas Florida menemukan efek berbahaya dari pasta gigi dan sabun. Penelitian ini menunjukkan bahwa kandungan triclosan dalam pasta gigi, jika digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan otak pada janin.

Seperti dilansir Zee News, Rabu (1/12), triclosan yang sejak 50 tahun lalu dipercaya dapat membunuh bakteri, ternyata dapat menghambat aliran darah ke rahim. Terganggunya aliran darah yang bermuatan oksigen adalah penyebab utama terjadinya kerusakan jaringan otak pada janin.

Dalam penilitian ini, para peneliti melakukan tes pada seekor domba dan hasil tes menunjukkan terganggunya hormon estrogen pada anak domba. Hormon esterogen membantu arteri utama tetap terbuka untuk membawa darah yang penuh dengan oksigen ke dalam futus. Jika hormon ini terlalu sedikit, maka arteri itu akan menyempit dan suplai oksigen akan terhambat.

"Penelitian kami menemukan efek berbahaya dari triclosan. Saat ini kami masih belum mengetahui seberapa jauh triclosan dapat mempengaruhi kerusakan pada otak janin. Kami merasa perlu untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai kasus ini," kata Pimpinan Penelitian Universitas Florida Profesor Margaret James.

Triclosan selama ini sering digunakan pada campuran pasta gigi, deodoran, sabun cuci tangan hingga cairan pembersih tubuh dan bahkan mainan anak-anak.

Badan AS yang mengurusi masalah makanan dan obat-obatan (Food and Drug Administration), saat ini melakukan penelitian ulang tentang bahaya triclosan. (zeenews/Des/MLA)

Wassalam,
sumber: http://kesehatan.liputan6.com/info/201012/309358/Awas.Pasta.Gigi.Bisa.Merusak.Otak

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :