Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Jumat

Bila Si Kecil Suka Menggigit

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Seorang anak berusia antara 1 sampai 2 tahun kemungkinan meluapkan emosinya dengan menggigit secara tiba-tiba. Atau sebagai sebuah ungkapan di luar kasih sayang dan perhatian dari si anak.

Meskipun menggigit adalah hal yang lazim bagi anak-anak kecil atau terkadang merupakan sebuah kekhasan dari seorang anak kecil, anda harus dapat membantu dengan mencoba mengatasinya secara baik, sebelum timbul kesulitan pada anak. Karena efek dari kesulitan tersebut adalah munculnya sebuah ketakutan pada anak yang diwujudkan kepada tingkah laku merengek.

Jika seorang anak lelah, lapar, frustasi atau bahkan sangat gembira maka si anak akan menjadi sangat agresif. Namun pada kegiatan-kegiatan seperti tidur siang, atau makan siang biasanya merupakan masa-masa tenang atau selingan yang menyenangkan untuk anak.

Sehingga pada masa ini anda atau bundanya bisa menasehatinya dengan lembut "tidak boleh menggigit kakak atau adik lagi ya sayang...." atau dengan cara-cara yang lainnya, seperti dengan ungkapan " aduh, maaf itu sakit sayang ". Sambil melepaskan gigitan si anak serta mengangkat dan meletakkannya.

Berikut adalah tips untuk mengatasi anak yang suka menggigit :
1. Ajari anak untuk menggunakan kata-kata dalam mengungkapkan keinginan atau perasaannya.
2. Anda perlu mengajarkan kepada si kecil bahwa menggigit itu menyakitkan dan bukan merupakan kebiasaan yang dapat diterima.
3. Sebaliknya, jangan menggigit seorang anak untuk bercanda atau menunjukkan padanya betapa menyakitkan menggigit itu.

Semoga bermanfaat, wassalam
Sumber: Namih AlFaisal, S.Pd

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :