Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Jumat

Sukses Anak di Sekolah Berawal dari Rumah

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif.

Anak-anak kita lebih banyak memiliki waktu bersama keluarga dibandingkan sekolah. Untuk itu seharusnya rumah bisa jadi jembatan penghubung antar pendidikan anak di sekolah dan di rumah. Karena sesungguhnya pendidikan utama anak ada dalam keluarga rumah kita sendiri.

Berikut ada beberapa tips bagi orangtua agar rumah bisa mendukung kesuksesan anak di sekolah:

  • 1. Ciptakan lingkungan rumah yang mendukung anak di sekolah. Seperti membangun rutinitas harian dalam keluarga, misalnya makan bersama namun diselingi diskusi mengenai Pekerjaan Rumah (PR) yang didapat anak. Atau mengerjakan PR bersama di ruang keluarga sehingga antar anggota keluarga dapat saling membantu satu sama lain.
  • 2. Tunjukkan pada anak bahwa apa yang dipelajari di sekolah akan berguna baginya kelak saat ia dewasa. Misalnya dalam hal matematika ajarkan si kecil bagaimana ia menghitung uang yang ia dapatkan dengan ilmu matematikanya. Biasakan anak melihat anda membaca, menulis, menggunakan komputer di rumah.
  • 3. Pastikan rumah anda dipenuhi berbagai buku yang sesuai dengan anak kebutuhan Anak. Kumpulkan beragam buku pengetahuan maupun bacaan bagi si kecil di rumah, mulai dari dongeng, buku cerita bergambar, majalah, surat kabar, buku pengetahuan, dan sebagainya. Jadikan buku sebagai hadiah bagi putra-putri Anda.
  • 4. Motivasi anak untuk mengunjungi perpustakaan. Beri informasi pada anak jika ada acara-acara berkaitan dengan buku, seperti bedah buku atau tawarkan anak untuk bergabung dengan klub buku.
  • 5. Batasi anak dalam mononton televisi, tak lebih dari 1 jam pada hari sekolah. Awasi tayangan yang disaksikan putra-putri anda dan diskusikan tontonan yang jadi pilihannya. Begitu pula dengan video games.
  • 6. Bantu anak dalam penggunaan dan pemanfaatan internet dengan benar dan efektif. Jangan sampai anak membuka situs-situs yang tak seharusnya mereka buka. Satu hal lagi yang sedang menjamur saat ini, keikutsertaan anak menjadi anggota situs jejaring sosial seperti Facebook. Terapkan aturan pada anak, bahwa hal tersebut tidak boleh mengganggu sekolah dan belajarnya.
  • 7. Motivasi anak Anda untuk lebih bertanggungjawab dan bekerja dengan kemampuan sendiri. Dengan bertanggungjawab dan bekerja dengan kemampuan sendiri akan meningkatkan kualitas diri si anak. Hal ini juga dapat membangun kepercayaan dirinya.
  • 8. Cari tahu apa yang menjadi minat anak di sekolah. Setelah itu tunjukkan dukungan anda dengan menghadiri setiap acara sekolah yang melibatkan anak. Seperti acara musik, pertandingan olah raga dsb.
  • 9. Berikan punjian dan motivasi untuk setiap prestasi maupun kegagalan si kecil. Jangan sekedar memberi hukuman pada anak jika anak gagal, namun berikan penjelasan dan tanya alasannya mengapa anak bisa seperti itu. Komunikasi yang baik antara orangtua dan anak penting bagi keberhasilan anak kelak.
  • 10. Jalin komunikasi yang baik dengan guru di sekolah. Hal ini dilakukan agar antara orangtua dan guru memiliki satu pemahaman dalam memberikan pendidikan pada anak.

Wassalam
sumber: pustaka-lebah

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :