Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Minggu

Stimulasi Efektif untuk Anak Dominan Otak Kanan

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas

Sebelumnya kita sudah membahas tentang anak yang dominan otak kanan. Dengan mengetahui kondisi tersebut, kita tinggal membantu anak-anak kita itu untuk mencari stimulasi efektif agar keunggulan yang mereka miliki dapat lebih terarah dan terukur sehingga bermanfaat.

Berikut, beberapa stimulasi yang dapat membantu belajar anak otak kanan:

1. Temukan minatnya dan ajarkan hal yang dapat menarik minatnya. Misal: jika ia suka mobil bicaralah mulai dari mobil dsbnya.

2. Ijinkan anak, jika ia ingin belajar sambil bergerak-gerak.

3. Jelaskan untuk apa kita harus mempelajari sesuatu agar dia bisa melihat gambaran besar dan tujuan akhirnya.

4. Gunakan alat peraga dan contoh-contoh ilustrasi untuk mengambarkan apa yang sedang anda jelaskan misalnya konsep tambah, kurang dan bagi.

5. Latihlah kecepatan untuk Visualisasi dan kemampuan merekam gambar:
  • a. Latihan tahap dasar visualisasi; misalnya membayangkan sebuah aktivitas yang dilakukan seperti; berangkat ke sekolah, mengerjakan sesuatu dirumah dsb, persis seperti proses hipnoteraphy. Bayangkan kamu sekarang malangkah menuju lemari es, bayangkan sekarang kamu buka, tolong ambilkan mama jeruk dan susu, kemudian tuangkan susunya kedalam gelas, bawa gelas berisi susu dan jeruk itu ke kamar mama. Jika anak anda sudah bisa mengulangi prosesnya secara runtut artinya dia sudah mulai terlatih kemampuan visualisasinya.
  • b. Latihan tahap lanjutan visualisasi mengingat gambar; Minta dia melihat gambar dan anda sebutkan namanya; minta ia memejamkan mata; tanya apakah gambar itu sudah muncul di bayangan pikirannya.
  • c. Latihan Lanjutan Visualisasi mengingat Angka dan urutannya, Latihan ini dimulai dengan mengingat angka 1 s/d 10 satu demi satu, perlihatkan gambar angka 1 s/d 10 satu persatu, kemudian setelah ia berhasil mengingatnya minta anak anda untuk mengurutkan dari depan kebelakang, setelah itu minta ia mengurutkannya dari 10 ke 1, jika berhasil maka dia sudah mulai terlatih untuk menggunakan kemampuan unggulnya.
  • d. Latihan Lanjutan Visualisasi mengingat Huruf dan urutannya, Latihan ini dimulai dengan pengenalan huruf satu demi satu; dengan metode mata terpejam, apabila ini sudah terekam maka mintalah anak anda untuk mengurutkan 10 huruf pertama dari depan dan dari belakang. Terus berlanjut.

Semoga bermanfaat ... wassalam
sumber : parent forum bersama ayah Edi

4 komentar:

eva mengatakan...

Wah..Susuah..susuah mudah juga mencari bakat anak. Saya sangat setuju apa2 yang disampaikan, tapi bagaimana kalau sudah besar apakah anak kita sesuai dengan yang diharapkan. Kalau boleh saya berpendapat sebaiknya anak di didik mengenai keseimbangan otak agar otak tidak berat sebelah dan saya yakin sekali di dunia pendidikan kita mendapatkan kedua-duanya. Mengenai dominan dan tidaknya semuanya berpeluang besar. trims yunhttp://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/8.gif

Dunia Anak Kita mengatakan...

Makasih bunda Eva atas masukannya yang bermanfaat. Idealnya memang semuanya harus seimbang, namun sayangnya pola pendidikan kita sekarang ini masih cenderung di dominasi otak kiri, walaupun saat ini sudah dan makin berkembangnya sekolah/lembaga yang mengembangkan metode keseimbangan otak kiri dan otak. Sehingga bagi anak-anak yang cenderung otak kanan akhirnya sulit untuk mengikuti pola pendidikan yang diterapkan saat ini.

Setuju sekali untuk peluang yang sama besar untuk keduanya. Yuk .. kita optimalkan kemampuan otak kiri dan otak kanan anak-anak kita agar mereka menemukan apa yang mereka inginkan dan tentunya sesuai harapan bagi semua orang tuanya, amin.

Sekali lagi, makasih atas masukan dan kunjungan bunda Eva ke dunia anak kita, salam untuk sahabat-sahabat di sana :)

Unknown mengatakan...

Saya memiliki 2 anak laki2 dengan kecenderungan dominan otak kanan. Si kakak berusia 10th sudah kelas 5sd dan si adik berusia 5th. Saya mau menanyakan sekolah apakah yg tepat untuk anak saya khususnya untuk si kakak. Krn dari mulai sekolah tk sampai dengan sekarang dia sulit untuk mengikuti pelajaran. Nilainya selalu d bawah rata2, klu d beri tugas sekolah oleh guru selalu teringgal dari teman2nya, tidak bisa fokus dalam kegiatan belajar dan sangat hobi menggambar dan menghayal. Dan satu lagi hingga saat ini dia memiliki teman khayalan. Beda dgn adiknya adalah sang adik lebih berminat pada musik. Tolong pencerahannya bagaimana cara belajar yg efektif untuk mereka dan sekolah yg seperti apa yg bagus untuk mereka. Satu lagi... apakah si kakak dpt d kategorikan k dalam autis?

evy eka yulianti mengatakan...

Saya memiliki 2 anak laki2 dengan kecenderungan dominan otak kanan. Si kakak berusia 10th sudah kelas 5sd dan si adik berusia 5th. Saya mau menanyakan sekolah apakah yg tepat untuk anak saya khususnya untuk si kakak. Krn dari mulai sekolah tk sampai dengan sekarang dia sulit untuk mengikuti pelajaran. Nilainya selalu d bawah rata2, klu d beri tugas sekolah oleh guru selalu teringgal dari teman2nya, tidak bisa fokus dalam kegiatan belajar dan sangat hobi menggambar dan menghayal. Dan satu lagi hingga saat ini dia memiliki teman khayalan. Beda dgn adiknya adalah sang adik lebih berminat pada musik. Tolong pencerahannya bagaimana cara belajar yg efektif untuk mereka dan sekolah yg seperti apa yg bagus untuk mereka. Satu lagi... apakah si kakak dpt d kategorikan k dalam autis?

Posting Komentar

Kata Sahabat :