Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Minggu

Penting! Untuk Ciptakan Kreativitas dan Berpikir Anak, Bukan Sekedar Hafalan


Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Dari penelitian ilmuwan pengembangan dan kecerdasan otak, diantaranya: Howard Gardner, Tony Busan, mengatakan bahwa 'Kunci' keberhasilan hidup seseorang lebih banyak ditentukan oleh kemampuan kreatif dan berpikir. Dari penelitian ilmiah, secara global kemampuan otak manusia yang berkaitan dengan pembelajaran terbagi menjadi 3 hal utama:
  1. Kemampuan Kreatif
  2. Kemampuan Berpikir/nalar
  3. Kemampuan Mengingat.

Hal ini juga telah di buktikan oleh para jenius yang sudah kita kenal: Albert Einstein, Thomas Alfa Edison, Leonardo Da Vinci (masa dulu), Bill Gates, John Kennedy, Keith Blanchard (masa sekarang) dan masih banyak lagi. Mereka adalah yang yang mempunyai kemampuan kreatifitas dan berpikir besar.

Dari uraian diatas, tak dapat dipungkiri lagi bahwa kemampuan kreatifitas sangat diperlukan bagi seseorang apalagi untuk anak-anak kita!. Kalau kita perhatikan,.... sekolah-sekolah yang ada di negara maju lebih dulu menekankan pada aspek pengembangan kreatifitas dan kemampuan berpikir/nalar anak?. Mohon maaf, bukan maksud untuk melebihkan sekolah-sekolah di luar negeri tetapi fakta yang ada, bahwa sistim pendidikan di sekolah anak-anak kita sekarang ini masih mengutamakan aspek 'Baca Tulis Hitung', misal: jika ditanyakan, siapa yang tahu apa yang terjadi antara 1825 s/d 1830, mereka pasti menjawab Perang Diponegoro.

Sahabat-sahabatku, para orang tua yang bijak! Kalau pertanyaan yang sama kita ajukan dan tiba-tiba seorang anak teriak...aku tahuuuu .... itu kan waktu azan Magrib! Bagaimana menurut anda, salahkan jawaban anak ini? tentu saja jika anak ini menjawab untuk soal ujian nasional pasti akan disalahkan.

Yuk, kita bersama-sama kita ciptakan sistem pembelajaran yang mengasah kemampuan Kreatif dan Berpikir anak! dan bukan sekedar hafalan.

Wassalam

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :