Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Jumat

Kapan Waktu Yang Tepat Mengenalkan Pelajaran Sex Pada Anak?

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Bagaimana sikap kita sebagai ortu, saat tiba-tiba buah hati kita mulai menanyakan masalah seputar SEX? Dijawab, dialihkan atau didiamkan?, biasanya ini terjadi pada usia 6 tahun.

Untuk menjawab pertanyaan ini, pertama kali yang harus kita pahami adalah arti sex itu sendiri dalam kapasitas yang tepat. Jangan khawatir atau berpikiran buruk dulu bila anak sudah bertanya tentang sex, karena sex itu sendiri bersifat alami dan netral. Tinggal bagaimana cara kita mengarahkan agar sex dapat dipahami anak dengan baik atau buruk. Jadi syarat pertama sebelum kita bicara pada anak adalah jelaskan bahwa sex itu adalah proses alami mahluk hidup dalam melangsungkan kehidupan spesiesnya.

Sedangkan waktu yang tepat untuk memulainya adalah saat pertamakali anak mulai menanyakannya pada kita. Itulah saat yang tepat dan jangan sampai terlambat! Karena kalau tidak, anak akan mencari tahu dari orang atau pihak lain yang bisa jadi makin tidak jelas. Mohon diingat .... jangan pernah memarahi anak yang bertanya dan ingin tahu tentang sex! Terimalah ini sebagai proses alami, dan seharusnya kita bersyukur anak bertanya pada orang tuanya sendiri.

Lalu bagaimana cara menjelaskannya? Tak perlu ditutup-tutpi, jelaskan apa adanya dan bawalah arah pembicaraan pada hal-hal yang bersifat ilmiah, sains genetika atau ilmu kedokteran. Misal, saat anak menanyakan apakah arti ciuman, senggama?, untuk apa itu dilakukan?

Jelaskanlah masing-masing fungsi alat reproduksi, apa tujuan mulia Allah memberikan alat ini. Carilah gambar-gambar fungsi reproduksi dari buku-buku kedokteran dan jelaskan juga bagaimana orang-orang sering melakukan tindakan yang keliru terhadap fungsi reproduksi ini. Juga hubungkan jawaban kita berdasarkan ajaran-ajaran Tuhan melalui agama kita masing-masing, dengan sedikit-demi sedikit bagaimana seharusnya fungsi-fungsi ini dilakukan.

Terangkan dengan jelas dan pancing pertanyaan lain dari anak anda, mengenai hal apa saja yang telah ia ketahui dari teman-temanya tentang sex?, apa yang dilakukan teman-temannya apakah terjadi penyimpangan?, dan ajak anak anda untuk membicarakannya.

Jadikanlah diri kita sebagai konsultan sex bagi anak-anak kita! Karena kalau bukan kita, siapa lagi?. Jadikan pelajaran tentang sex pada anak dalam konteks yang netral dan mendidik.

Bila setiap orang tua, mau untuk melakukan hal ini bagi anak-anaknya, terutama yang mulai menginjak remaja, Insya Allah anak-anak kita akan mengerti dan memahami dalam menentukan pilihan yang benar tentang sex. Sehingga kasus-kasus penyalahgunaan seksual di usia dini, dapat dicegah!

Wassalam

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :