Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Sabtu

Tips Melatih Dan Meningkatkan Ketrampilan Menulis Anak


Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Menulis merupakan ketrampilan dalam mengungkapkan berbagai ide, gagasan dan kreatifitas dengan cara tulisan. Dan ketrampilan menulis merupakan kelanjutan dari ketrampilan membaca. Lalu bagaimana cara melatih atau meningkatkan ketrampilan menulis pada anak?


Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk melatih dan meningkatkan belajar menulis anak:

Tumbuhkan Kebiasaan Membaca pada Anak
  • Pendapat para ahli dan praktisi perkembangan anak,"Membaca adalah pintu masuk untuk membuat anak senang menulis. Dengan menumbuhkan kebiasaan membaca buku dan bacaan pada anak, anak akan mendapatkan banyak tema, informasi, kisah dan gaya penulisan. Ajarkan dengan beragam bacaan, seperti buku cerita/dongeng, komik, koran, majalah, juga buku lainnya, baik fiksi maupun non-fiksi.

Melatih Anak untuk Bercerita secara Lisan
  • Melatih dan membiasakan anak untuk mengungkapkan apapun yang ada dalam pikirannya. Tanyakan tentang apa yang dia rasakan, dia pikirkan, dan apa pendapatnya. Lalu minta anak untuk menceritakan buku, peristiwa, atau film yang baru dilihatnya. Beri perhatian dan respon positif terhadap cerita anak, apapun isinya.

Mengajak Anak untuk Menuliskan Ceritanya
  • Ajaklah anak untuk menuliskan ceritanya. Bantu dengan mengkombinasikan antara tulisan anak dan tulisan Anda. Bila anak Anda masih kecil, perbanyaklah porsi Anda dalam menuliskan ceritanya, misal: biarkan anak bercerita, Anda yang menuliskannya. Selama proses menulis tersebut, gali gagasan dan kreativitas anak, ajari anak untuk membangun alur cerita. Setelah selesai, cetak/print cerita anak Anda untuk menunjukkan penghargaan terhadap prestasinya.

Membimbing Anak untuk Membuat Diari
  • Bimbing anak untuk membuat/menulis diari anak Anda. Jadikan kegiatan menulis diari ini sebagai salah satu program belajarnya. Mulailah dengan sederhana, satu atau dua kalimat. Yang penting dilakukan dengan konsisten. Bantulah anak untuk menemukan tema-tema menarik yang bisa dituliskannya, seperti saat bermain, sekolah, piknik dan lainnya. Dengan berlatih menulis akan membuat anak menjadi mahir menulis. Dan siapa tahu kelak, anak menjadi penulis yang hebat!!!

Lakukan Bersama-sama
  • Libatkan anak-anak dalam kegiatan bersama yang berkaitan dengan dunia buku dan menulis, misalnya bertemu dengan penulis atau kegiatan menulis bersama. Kegiatan ini bermanfaat untuk menstimulus ketrampilan menulis anak.

Ajak Anak ke toko buku atau perpustakaan
  • Memberi kesempatan anak untuk mengeksplorasi buku di toko buku atau perpustakaan. akan menumbuhkan kesenangan anak terhadap buku. Apapun materi isi buku yang dibaca anak, tidaklah terlalu penting bila dibandingkan kecintaan dan kesenangan anak pada buku.

Semoga bermanfaat ya... wassalam

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :