Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Selasa

Mitos-Mitos Dunia Anak Kita


Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Masih terjadinya kontroversi pemahaman tentang anak, membuat kita sebagai orang tua yang awam dibuat bingung. Mana yang benar, mitos ataukah yang mendekati fakta? Dari parent forum dapat diketahui beberapa pendapat para ahli pendidikan dan perkembangan anak (seperti Ayah Edi) bicara tentang mitos-mitos tersebut:

---------------------------------------------------------

MITOS:
Setiap anak dilahirkan dengan kecerdasan yang berbeda, sangat cerdas, cerdas dan kurang cerdas.
FAKTA:
Setiap anak dilahirkan cerdas pada bidangnya masing-masing. Terkecuali anak yang kecelakaan yang fatal dan mengalami cacat otak sejak lahir. Walaupun ada beberapa kasus anak yang dinyatakan cacat secara medis dapat disembuhkan.

MITOS:
Kecerdasan anak diukur dengan kemampuan anak dengan membaca,menulis dan berhitung.
FAKTA:
Kecerdasan sangatlah tidak terbatas!, sedangkan membaca, menulis dan berhitung hanyalah dari kecerdasan berbahasa, logika dan metematis.

MITOS:
Kecerdasan dapat di ukur melalui tes kecerdasan yang sering disebut dengan Tes IQ.
FAKTA:
Kecerdasan tidak dapat diukur, melainkan dapat di gali, diamati dan dikembangkan masing-masing anak untuk mencapai tingkat maksimum.

MITOS:
Kegagalan proses belajar anak banyak disebabkan dari faktor internal anak, seperti malas belajar dan lainnya.
FAKTA:
Kegagalan proses anak banyak disebabkan dari faktor eksnternal anak, seperti kemampuan pendidik/pengajar dan orang tua dalam memahami sifat, bakat dan gaya belajar anak.

MITOS:
Kesuksesan belajar didefinisikan sebagai kemapuan untuk mengingat/menghafal kembali informasi yang pernah disampaikan.
FAKTA:
Kesuksesan belajar didefinisikan sebagai proses kreatif yang meliputi mengetahui, melakukan, menganalisa dan menyimpulkan dengan cara dan hasil berbeda sesuai dengan hasil temuan dan pengalaman masing-masing anak!

---------------------------------------------------------

Itulah beberapa mitos yang masih sering menjadi kontroversi hingga saat ini. Dengan uraian diatas, sangat diharapkan peranan orang tua untuk menggunakan Logika dan Nurani yang paling dalam untuk menilai pandangan manakah yang menurut anda lebih masuk akal dan agar dapat lebih memberi peluang sukses bagi anak-anak kita nantinya!, karena semua itu sepenuhnya berada ditangan anda !

Wassalam

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :