Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Minggu

Memahami Konsep Dasar Glenn Domain

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif

Mengenalkan kegiatan belajar, seperti membaca dan berhitung semenjak usia dini (ada baiknya dimulai sejak usia 72 bulan atau 4 tahun) akan mempunyai dampak yang sangat baik bagi tumbuh dan kembangnya buah hati Anda. Dan istimewanya, anak akan belajar lebih banyak dari apa yang Anda ajarkan! Salah satu metode pengajaran yang sudah banyak diterapkan orang tua adalah menggunakan metode Glennn Doman.

Menurut konsep Metode Glenn Doman, pada usia ini, anak sangat tertarik untuk kegiatan belajar seperti mengenal membaca dan berhitung.

Ini didasari dari hasil penelitian yang dilakukan dan mendapatkan fakta bahwa :
  • Anak dibawah usia 5 tahun bisa dengan MUDAH menyerap informasi dalam jumlah yang luar biasa banyaknya.
  • Anak dibawah usia 4 tahun akan LEBIH MUDAH dan LEBIH EFEKTIF.
  • Anak dibawah usia 3 tahun bahkan JAUH LEBIH MUDAH lagi dan JAUH LEBIH EFEKTIF.
  • Anak dibawah usia 2 tahun merupakan usia yang PALING MUDAH menyerap dan PALING EFEKTIF untuk menyerap Informasi.
---------------------------------------------------------
Juga, menurut Glen Doman," Semakin banyak informasi yang diserap seorang Anak dibawah usia 5 tahun, makin banyak pula yang diingatnya."

Ini disebabkan:
  • Anak dibawah usia 5 tahun mempunyai energi yang sangat besar
  • Anak dibawah usia 5 tahun mempunyai keinginan belajar yang tinggi.
  • Anak dibawah usia 5 tahun bisa menangkap informasi dengan kecepatan yang luar biasa.
  • Anak dibawah usia 5 tahun mempunyai keinginan belajar yang sangat besar
  • Anak dibawah usia 5 tahun bisa mempelajari suatu bahasa secara utuh dan dapat belajar bahasa apapun yang diperkenalkan kepadanya.
  • Anak dibawah usia 5 tahun bisa membaca satu atau beberapa bahasa SAMA MUDAHNYA dengan kemampuannya untuk mengerti bahasa lisan.
---------------------------------------------------------
Dan untuk mengajarkan dengan tepat, perlu diketahui beberapa faktor:

Sikap dan Pendekatan Anda
Buat suasana pembelajaran yang menyenangkan dan jangan pernah memulainya jika suasana hati Anda dan suasana hati anak Anda sedang tidak baik.

Minat Belajar Anak
Anak akan mempunyai kesukaan dan ketidaksukaan yang terbentuk sangat kuat. Dan
Anak lebih suka dengan program kegiatan belajar membaca sendiri dengan memilih perbendaharaan kata yang dia sukai dan ingin dipelajari.

Waktu Belajar
Diperlukan kecermatan dalam menentukan kapan harus mengakhiri setiap pelajaran. Anda harus dapat memastikan bahwa waktu yang Anda gunakan untuk melakukan permainan ini sangat singkat.

Cara Mengajar
Apapun yang Anda ajarkan, baik kata tunggal, kalimat atau sebuah buku, kegembiraan dan semangat Anda adalah kuncinya. Bila Anda semangat, tentunya anak akan terbawa semangat juga.

Konsistensi Belajar
Kegiatan ini perlu dilakukan secara konsisten. Kegiatan yang sering dihentikan berhenti-mulai-berhenti-mulai) tidak akan efektif. Kalaupun terpaksa untuk menghentikan, tidak apa-apa asal tidak dilakukan terlalu sering. Bahkan Anda terkadang harus menghentikannya selama beberapa minggu atau bulan karena kondisi yang tidak memungkinkan. Misalnya baru pindah rumah, bepergian, atau ada keluarga yang sakit, sehingga kegiatan rutin sehari-hari terganggu. Bila Anda telah siap kembali untuk melakukan kegiatan secara konsisten, mulailah kembali tepat dimana Anda berhenti.


Semoga bermanfaat, wassalam
dari segala sumber
picture : www.iahp.org

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :