Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Minggu

Kenapa Semut Kalau Bertemu Saling Cium?


Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif.

Coba deh perhatikan semut yang sedang berjalan? Saat semut berpapasan dengan semut yang lainnya, mereka saling cium? Sebenarnya semut-semut itu tidak saling cium, tetapi mereka saling membaui zat yang ada di tubuh mereka dengan antena (sungut) mereka.

Bau yang yang ada di tubuh semut disebut feromon. Dan begitulah cara semut-semut berkomunikasi. Bagi semut, bau itu bisa memberikan informasi, seperti makanan, gula dan lainnya.

Jika barisan semut yang pulang ke sarang sambil membawa makanan, maka semut-semut yang berada di sarang akan menciumi bau semut yang baru pulang. Kemudia, semut-semut itu pun bisa mencari letak makanan tersebut.


Bau feromon juga tesebar di jalur yang dilalui semut. Sebab, semut biasanya menjatuhkan feromon di jalurnya. Nah, hal itu pula yang membantu semut lainnya mencari letak makanan.

Semut juga bisa mengenali teman satu koloninya dari mencium baunya. Selain itu, bau feromon itu juga menjadi alarm tanda bahaya. jika sarang semut dalam bahaya, semut-semut akan memberitahu teman-temannya lewat bau feromon itu. Subhannallah ... Hebat yaa ...!

Semut juga mempunyai kehebatan lain, yaitu selalu kompak dan mampu mengangkat beban yang beratnya lebih dari 200 kali berat tubuh semut itu sendiri

Wassalam,
sumber : National Geographic

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :