Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Jumat

Membiasakan Anak Lebih Hebat Dari Sekedar Nasihat

Assalamualaikum wr wb, salam cerdas kreatif,

Peran orang tua dalam mendidik anak, ternyata tidak hanya nasihat-nasihat saja. Ternyata dengan pola membiasakan, anak akan lebih mudah mengerti dan memahami. Ya, karena anak akan lebih mudah melihat, mengikuti dan meniru.

Contoh:

* Membiasakan cuci tangan setelah beraktifitas
Dalam bermain, anak akan memegang apapun yang menarik bagi dia. Dan kita tidak tahu apakah yang dipegang itu benr-benar bersih dari kuman atau virus? Ajak anak untuk biasa mencuci tangan setelah selesai aktifitasnya. Jelaskan apa manfaat cuci tangan itu. Misal,"Kalau Adik cuci tangan, kuman akan mati dan Adik jadi sehat dan bisa main lagi!"

* Membiasakan menggosokg gigi
Membiasakan gosok gigi memang tidak mudah. Tapi dengan mejelaskan akibat jika tidak menggosok gigi, anak akan mengerti dan terpacu untuk melakukan kebiasaan menggosok giginya.

* Membiasakan makan dengan duduk
* Membiasakan membaca
* Membiasakan merapikan tempat tidur
* Membiasakan membereskan buku sesudah dibaca
* Membiasakan menabung
* dan masih banyak pola-pola membiasakan lain dalam mendidik anak.

Dan yang penting dalam menerapkan pola pembiasaan itu :
  • Kesabaran
  • Kasih sayang
  • Contoh dari orang tuanya
  • Konsisten
  • Tegas
  • Kompak

Insya Allah semua bisa..karena segala sesuatu kita harus bisa membiasakan apapun yang kita lakukan terbaik buat anak-anak kita. Dan ternyata membiasakan itu lebih hebat dari sekedar nasihat.

Semoga bermanfaat ... salam.

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :