Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Senin

Bila Anak Bersahabat Dengan Komputer

Salam cerdas kreatif,

Tak ada yang salah bila anak-anak bersahabat dengan komputer. Sekarang bukan hal yang aneh lagi, seorang anak berumur 3-5 tahun sudah mahir memainkan klak-klik mouse komputer. Yup, seiring pesatnya teknologi, komputer sekarang ini bukan suatu barang yang mewah ataupun aneh lagi bagi siapapun.

Saat anak sudah bersahabat dengan komputer, di satu sisi anak bisa mendapat tambahan pengetahuan segudang, tapi di sisi lain, bahwa ia akan lebih asyik main komputer dibanding bergaul dengan teman-temannya. Sisi inilah yang akhirnya bisa menjadi kekuatiran yang kita sebagai orang tua.

Komputer sendiri sesungguhnya bersifat netral. Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul dari alat ini tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya. Bila anak-anak dibiarkan bersahabat dengan komputer tanpa terkontrol, pengaruhnya bisa jadi negatif. Sebaliknya, komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak.

Lalu apa yang harus dilakukan orang tua bila anaknya sudah bersahabat dengan komputer?

1. Bimbingan
  • Bimbingan orang tua sangat diperlukan saat anak berinteraksi komputer, anak akan mengerti apa yang boleh dan tidak dilakukan.

2. Aturan
  • Buatlah aturan kesepakatan dengan anak mengenai waktu bermain komputer. Misalnya, anak boleh bermain komputer sepulang sekolah setelah selesai mengerjakan PR hanya selama satu jam. Waktu yang lebih longgar dapat diberikan pada hari libur.

3.Selektif
  • Selektiflah dalam memilih software tertentu yang memang ditujukan untuk anak-anak. Sesuaikan selalu dengan usia dan kemampuan anak.

4. Aman
  • Utamakan keamanan anak saat bermain komputer dari bahaya tegangan listrik. Jangan sampai terjadi konsleting atau kemungkinan kesetrum terkena bagian tertentu dari bagian komputer.

5. Waspadai Efek
  • Waspada terhadap efek yang dapat menganggu fungsi indera buah hati Anda. Seperti: cahaya yang terlalu terang dan jarak pandangan terlalu dekat dapat mengganggu indera penglihatan anak.

6. Nyaman
  • Berikan meja atau kursi komputer yang ergonomis dan sesuai dengan bentuk serta ukuran tubuh anak. Buat buah hati Anda sedemikian halnya nyaman. Bentuk property yang tidak ergonomis bisa berpengaruh buruk pada perkembangan anatomi bentuk tubuh si anak.

7. Tetap bersosialisasi
  • Jangan sampai karena terlalu asik bermain komputer, anak jadi lupa bergaul dengan teman-temannya. Tanamkan padanya bahwa komputer bukanlah satu-satunya aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan karena bermain dan sosialisasi dengan teman-teman juga tidak kalah menariknya.

Semoga bermanfaat ... salam.

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :