Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Rabu

Musik Untuk Membantu Proses Belajar Anak

Salam cerdas kreatif,

Dalam proses belajar, anak akan memerlukan kondisi fisik, mental dan emosional untuk mendukung masukan informasi ke dalam otak. Sedang kondisi optimal ini adalah saat seseorang berada dalam kondisi Alfa.

Apa itu kondisi Alfa?
kondisi Alfa adalah kondisi dimana getaran gelombang otak manusia berada pada kisaran 8-12 Hz. Untuk kondisi Alfa Optimal ada pada frekwensi 10.5 Hz. Dan untu masuk ke kondisi optimal ini salah satunya dengan bantuan musik.

Hasil riset penggunaan musik untuk membantu proses belajar ini telah banyak dituangkan dalam bentuk buku. Salah satu buku yang sangat terkenal adalah "Efek Mozart" oleh Don Campbell.

Mengapa musik bisa membantu ke dalam kondisi Alfa?
Dengan mendengarkan musik, tubuh kita akan mengikuti ritme musik dan bila tubuh kita mendengarkan musik yang sesuai, maka akan dapat dengan mudah masuk dalam kondisi Alfa.
Dalam kondisi normal, jantung berdetak sektar 1000 kali/menit. Dalam kondisi rileks/istirahat, detak bekisar 60-70 kali/menit, maka jika manusia mendengarkan musik dengan tempo 55-70 bit/menit, maka otak akan menangkapnya dan menyesuaikan kecepatan detak jantung untuk mengi,uti lagu yang di dengar.

Lalu jenis musik apa yang cocok untuk kondisi tersebut?
1. Gunakan musik instrumen dengan tempo 55-70 bit/menit.
2. Gunakan musik instrumen yang murni dari musik instrumen. Jangan menggunakan musik instrumen yang berasal dari lagu, misalnya lagu "Heal The World" yang dijadikan musik instrumen.
3. Sebaiknya gunakan musik kalsik dari jaman Baroque.

Semoga bermanfaat ... salam.
Diah - pemerhati Dunia Anak

0 komentar:

Poskan Komentar

Kata Sahabat :