Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Senin

DUNIA ANAK KREATIF

Salam cerdas kreatif.

Dunia anak adalah dunia yang kreatif. Ini bisa kita lihat dari ciri-ciri umum yang dominan pada anak, yaitu :
1. Spontanitas
2. Rasa tahu yang tinggi
3. Suka hal-hal yang baru.

Dari ciri-ciri ini, dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya semua anak adalah kreatif. Semua ciri-ciri anak kreatif ini bisa dikembangkan diciptakan.

Seorang tokoh jenius dan kreatif dunia : Albert Einstein pun berkata bahwa :"Kreativitas itu diciptakan bukan dilahirkan". Einstein berkata seperti itu karena latar belakangnya yang kurang menguntungkan bagi Einstein dan keluarganya.

Jadi bukan semata keturunan seorang anak bisa menjadi kreatif. Namun peran lingkungan dan Anda sebagai orang tua juga sangat berpengaruh bagi perkembangan kreativitas anak.

Untuk mengenali lebih detil tentang ciri anak kreatif, ada beberapa ciri-ciri anak kreatif :

a. Lancar berpikir
Anak bisa memberi banyak jawaban terhadap suatu pertanyaan yang Anda berikan. Inilah salah satu kehebatan anak kreatif. Anak mampu memberikan banyak solusi dari sebuah masalah yang dihadapinya. Kemampuan ini sangat penting untuk dikembangkan. Dunia ini penuh masalah dan tantangan. Semakin kreatif seseorang, maka ia akan dengan mudah menjawab semua masalah dan tantangan hidupnya dengan kreativitasnya.

b. Fleksibel dalam berpikir
Anak mampu memberi jawaban bervariasi, dapat melihat sutu masalahdalam berbagai sudut pandang (fleksibilitas), sehingga anak akan dengan mudah menyesuaikan diri dalam berbagai keadaan.

c. Orisinil (asli) dalam berpikir
Anak dapat memberi jawaban-jawaban yang jarang diberikan anak lain. Jawaban baru biasanya tidak lazim atau kadang tak terpikirkan orang lain.

d. Elaborasi
Anak mampu menggabungkan atau memberi gagasan-gagasan atas jawaban yang dikemukakan, sehingga ia mampu untuk mengembangkan, memperkaya jawabannya dengan memperinci sampai hal-hal kecil

Nah setelah kita mengetahui ciri-ciri tersebut,
- Apakah kita sebagai orang tua mampu untuk mempertahankan kreatifitas anak ?
- Apakah kita menerima segala kelebihan dan kekurangan anak kita dan apakah kita mensugesti mereka bahwa mereka mampu atau sebaliknya ?
- Sudahkan kita memberikan waktu, tempat, kemudahan dan bahan-bahan agar anak kita kreatif ?
- Sudahkah kita memberi penguatan terhadap hasil kreasi anak atau justru melemahkannya ?

Semoga bermanfaat ... salam
Dari : Prili , praktisi Mind Mapping dan pemerhati Dunia Anak

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :