Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Selasa

Bikin Dongeng Yuk !

Salam cerdas kreatif,

"Sang pangeranpun akhirnya meneukan putri yang diimoikannya dan hidup berbahagia selamanya..." itulah akhir dari sebuah dongeng yang sering kita baca? Mau akhir kisah yang lain?

Ayo kita bikin dongeng sendiri saja!

Langkah-langkah membuat dongeng :

1. Ide.
Ide cerita yang akan kita tulis bisa apa saja, asalkan menarik. Tentang sepatu ajaib, harta karun di pulau sunyi atau ide-ide yang ada di sekitar kita, seperti : Rahasia dalam kamar adik atau yang lainnya.

2. Tokoh.
Dari ide, munculah tokoh bisa manusia, hewan tumbuhan ataupun benda ... sesukamu aja. Yamg penting tokoh-tokoh itu harus berkarakter/sifat. Seperti bunga mawar yang sombong, lemari yang pendiam atau lainnya.

3. Persoalan/masalah.
Dalam membuat dongeng/cerita harus ada persoalan/masalah yang muncul karena dari masalah itu cerita akan berkembang dan menarik untuk dibaca. Pembacapun akhirnya jadi penasaran ... yaa kan? Misal : kupu yang tidak bisa terbang sering diejek teman-temannya. Sehingga kupu merasa sedih. Tapi tiba-tiba, sebuah jaring yang besar menangkap teman-teman kupu yang sedang terbang dan akhirnya .... ?. Akhir dongeng terserah kamu ... oke.

4. Waktu dan tempat.
Setiap dongeng harus mempunyai waktu dan tempat, entah itu di jaman dulu, jaman sekarang, negeri antah berantah atau negeri khayalan.

5. Judul.
Yang terakhir dan gak boleh lupa ... beri Judul yang menarik dan sesuai dengan cerita. Misal : Raja Katak yang bijaksana, Sepatu Hitam yang pendiam atau yang lain.

6. Gambar/ilustrasi.
Agar tampil menarik, sebaiknya ditambah dengan gambar-gambar. (langkah ke-6 ini sekedar tambahan lho)

Yup selesai deh ...... dan dongeng kamu siap dibaca!

Ternyata mudah bukan bikin dongeng sendiri?
Yuk kapan lagi dan jangan ditunda-tunda.... yaaa !!!

Selamat mencoba! & salam.
Untuk Sahabat Dunia Anak Kita

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :