Panduan dan Tips Praktis Edukasi Dunia Anak agar lebih imajinatif, cerdas dan kreatif bersama Mind Mapping, Glenn Doman, Multiple Intellegence, Brain Games, Memory, Dongeng, Cerita, Puisi, Gambar, Kartun Lucu, dan lainnya.

Kumpulan Game Kreatif, Brain Games, Brain Test

Selasa

Tips Mengalihkan Rasa Lapar Saat Puasa

Assalamukailaukum wr wb, salam cerdas kreatif.

Tulisan kali ini saya membahas bagaimana mengalihkan rasa lapar saat buah hati kita berpuasa, karena di postingan sebelumnya, saya telah menulis tentang bagaimana memotivasi buah hati kita agar mau berpuasa?

Mungkin kita sebagai orang tua pernah mengalami saat anak kita berpuasa tiba-tiba merengek meminta agar batal puasa. Bagaimana tanggapan kita jika itu terjadi, apakah kita meluluskan permintaan anak atau menolaknya ?.

Sebagai orang tua tentu timbul rasa iba pada anak kita dan jalan paling mudah adalah meluluskan permintaanya. Tetapi dengan meluluskan permintaan itu, sebenarnya kita secara tak langsung kita mengajarkan anak untuk tidak berpuasa kecuali kalau ada hal tersebut bisa menggangu kesehatan anak kita.

Sebenarnya permintaan itu timbul karena anak mengalami rasa lapar yang belum pernah/biasa dialaminya. Untuk itu masih banyak cara untuk mengalihkan rasa lapar yang menjadi penyebab itu.

1. Ajak Bermain.
Siapkan mainan yang tak menguras energi/tenaga seperti : ular tangga, lego, puzzle.

2. Bacakan Dongeng/Cerita.
Bacakan dongeng atau buku-buku cerita yang disukai anak sambil bersantai.

3. Menonton.
Menonton film anak bersama, paling lama 2 jam sehari bisa mengalihkan rasa lapar anak.

4. Berbaring atau Tiduran.
Mengajak anak berbaring atau tidur-tiduran di ruang keluarga bisa membuat anak lebih santai dan tenang.

5. Peluk dan Gendong.
Memeluk serta menggendong anak akan menenangkan rasa gelisah yang timbul pada anak.

6. Mandi.
Menawarkan mandi pada anak bisa mengurangi rasa panas dan haus yang dialaminya.

Dengan tips-tips diatas, InsyaAllah anak akan merasa lebih nyaman dan tenang sehingga anak akan lupa rasa haus dan laparnya, akhirnya buah hati kita bisa menjalani ibadah puasa dengan baik dan senang.

Semoga bermanfaat ... wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar

Kata Sahabat :